Bagaimana Pinjaman P2P Lending Dapat Membuat UKM di Indonesia Lebih Berkembang?

Peer-to-Peer Lending - P2P

Seperti yang dikutip dari CNN Indonesia, kontribusi sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap produk domestik bruto semakin menggeliat dalam lima tahun terakhir.

UMKM di Indonesia saat ini dinilai berperan penting dalam pertumbuhan pembangunan dan ekonomi.

Di antara UMKM, industri ekonomi kreatif juga tercata berkontribusi positif dengan pertumbuhan 5,6% sejak tahun 2010. Sumbangannya terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 7,1%. Untuk hal ini, pemerintah menargetkan kontribusi PDB mencapai 7 – 7,5% hingga tahun 2019.

Dengan melihat fakta yang ada, tentunya adalah tugas masyarakat untuk terus mendorong kemajuan produktivitas para UMKM di masa depan. Akan tetapi, saat ini sejumlah besar UMKM di Indonesia masih menghadapi masalah besar, berupa terbatasnya modal usaha.

Mengatasi masalah ini, pinjaman P2P Lending adalah solusi terbaik untuk kebutuhan dana UKM. Pinjaman P2P Lending memungkinkan pemilik usaha kecil mendapatkan modal lebih cepat.

Mengapa kita mengatakan bahwa pembiayaan P2P Lending merupakan salah satu jawaban tepat sebagai alternatif permodalan UKM?


Mengapa Pinjaman P2P Lending Alternatif Permodalan UKM?

1. Tanpa Jaminan

Terbatasnya akses terhadap pinjaman modal yang dihadapi UKM di Indonesia disebabkan oleh ketidakcocokan antara produk keuangan yang ditawarkan oleh institusi tradisional dan kebutuhan UKM.

Kebanyakan institusi tradisional mengharuskan peminjam untuk memberikan jaminan sebelum pinjaman dapat dicairkan.

Sedangkan, kebanyakan UKM cenderung kurang memiliki aset atau jaminan untuk dapat memenuhi persyaratan institusi seperti bank.

Produk pinjaman dari institusi tradisional juga memerlukan proses aplikasi pinjaman yang cukup rumit dan biasanya memerlukan waktu panjang dalam proses pencairan uang.

Hal ini tentunya semakin menyulitkan UKM yang membutuhkan pinjaman cepat untuk memenuhi kebutuhan modal usaha.

Pinjaman P2P Lending, di sisi lain, merupakan pilihan pinjaman yang sesuai untuk UKM karena tidak memerlukan jaminan.

Pinjaman P2P Lending lebih didasarkan pada apakah UKM dianggap layak atau cukup kredibel untuk dana yang diminta.

Untuk mendapatkan dana dari pinjaman P2P Lending, UKM perlu mengajukan kebutuhan modal ke platform P2P Lending.

Jika bisnis yang diajukan dianggap layak, perusahaan pinjaman P2P Lending akan mengumpulkan dana yang diminta dari sekelompok investor individual.

Dana yang didapatkan dari investor kemudian secara langsung diberikan sebagai bentuk pinjaman modal bagi UKM yang mengajukan pinjaman.


2. Peminjaman yang Lebih Sederhana

Biasanya pinjaman modal yang diajukan oleh para UKM akan digunakan untuk modal kerja dan arus kas dari suatu usaha.

Tentunya membuat pinjaman modal dibutuhkan dengan cepat untuk menunjang keberlangsungan maupun pengembangan sebuah bisnis.

Contoh: kamu adalah seorang pemilik usaha toko elektronik.

Suatu ketika banyak model elektronik terbaru keluar, dimana model tersebut sangat menjadi best seller di kalangan pengguna.

Untuk menjual produk elektronik terbaru tersebut, tentunya kamu perlu untuk membelinya terlebih dahulu ke produsen sebelum kamu jual.

Dalam hal ini, kamu akan membutuhkan modal yang cukup sebagai salah satu kebutuhan pengembangan bisnis.

Semakin cepat kamu mampu menyediakan produk terbaru, semakin cepat kamu dapat meraih keuntungan dari produk yang menjadi best seller tersebut.

Dalam hal ini, dapat dilihat bahwa sebuah UKM turut berpacu dengan waktu terkait kebutuhan modal yang dibutuhkan guna pengembangan bisnis.

Sayangnya, beberapa jenis pinjaman bank biasanya membutuhkan waktu 2-3 bulan untuk mendapatkan persetujuan.

Tanpa modal yang cukup, UKM berada dalam posisi berbahaya.

Salah satu nilai jual P2P adalah proses aplikasi yang sederhana dan cepat, biasanya berbasis online.

Jika sebuah bisnis memang sudah dinilai layak, maka proses pencairan dana tidak akan berlangsung lama.

Sebagian besar kegiatan P2P disediakan oleh perusahaan fintech yang akan membuat kamu dapat dengan mudah membuka situs web perusahaan P2P Lending, mendaftar dan mendaftar untuk sebuah akun, dan melengkapi aplikasi untuk pinjaman UKM dalam waktu 10 menit.


3. Bunga yang Lebih Rendah

Pinjaman P2P Lending cenderung memberikan bunga yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pinjaman lain yang sejenis.

Contohnya saja, saat ini KoinWorks sebagai salah satu platform P2P lending yang ada dan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, mampu memberikan pinjaman dengan bunga hanya 0,75% – 1,67% melalui produk KoinBisnis.

Kecilnya bunga yang diberikan ini, tentunya akan sangat membantu khususnya bagi para pemilik UKM yang ada di Indonesia.


4. Ajukan Kapanpun dan di Mana Pun

Seiring dengan kemajuan di bidang fintech saat ini semua hal sangat mudah dan mungkin untuk dilakukan. Saat ini, kamu dapat secara mudah mengajukan pinjaman kapan saja, dimana saja.

Hanya dengan mengunjungi website dari platform yang ada, pinjaman yang diajukan akan cair dalam beberapa waktu yang ditentukan.


5. Proses Pencairan Dana yang Lebih Cepat

Mengajukan pinjaman dana kepada institusi tradisional biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan sebelum uang pinjaman dicairkan.

Saat ini, melalui platform P2P Lending, kamu dapat mempersingkat waktu menunggu kamu menjadi lebih cepat.

Tanpa perlu menunggu lama, jika kamu mampu melengkapi persyaratan yang dibutuhkan biasanya pinjaman akan cair dalam jangka waktu beberapa hari.

Hal ini tentunya dapat terjadi karena pinjaman dana yang kamu ajukan berasal dari ribuan investor yang ada di dalam platform P2P Lending.


Pengaruh Pinjaman P2P Lending Secara Global?

Pertumbuhan Pinjaman P2P Lending

Pinjaman P2P Lending menghubungkan individu dengan uang surplus untuk diinvestasikan dengan mereka yang mencari dana.

Dahulu kala, pinjaman jenis ini menjadi alternatif bagi para borrower, namun kini telah menjadi salah satu pilihan yang utama.

Industri pinjaman P2P Lending sedang beralih dari fase startup ke masa remaja dan bergerak cepat menuju pasar dengan pertumbuhan tinggi, matang, dan stabil, yang akan membawa manfaat besar bagi konsumen jasa keuangan.

Sejauh ini, industri ini telah berkembang seiring dengan pasar yang juga terus bertumbuh dari waktu ke waktu.


Peluang Pinjaman Lending Secara Global

Secara global, pasar telah menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa. Sementara industri pinjaman P2P Lending belum sepenuhnya matang, situasinya telah menciptakan peluang investasi yang sangat besar di seluruh dunia karena adanya kesenjangan pendanaan dan meningkatnya minat terhadap layanan pinjaman P2P Lending.

Di berbagai belahan dunia, pinjaman P2P Lending dipandang berbeda.

Di Kanada dan Inggris, misalnya, platform pinjaman P2P Lending diatur sebagai perantara, sementara di Jerman dan Prancis, regulator menganggap pinjaman P2P Lending sama dengan bank.

Di Amerika Serikat, peraturan bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lainnya. India memiliki perkiraan yang signifikan untuk volume pinjaman P2P Lending hanya dalam dua tahun sementara pasar P2P Lending di Cina tumbuh secara eksponensial selama beberapa tahun terakhir.

Hal di atas menunjukkan seberapa jauh pinjaman P2P telah berkembang sejak tahun 2005, ketika platform P2P pertama mulai beroperasi di Inggris.


Tantangan untuk Industri

Sebaiknya pasar pinjaman P2P Lending muncul saat ini, masih ada perjalanan panjang yang harus ditempuh. Pasar pinjaman P2P Lending belum mencapai potensi penuhnya.

Ada banyak di luar sana yang masih belum cukup nyaman dengan model bisnis yang relatif baru untuk menggunakan jasanya.

Selain itu, ada beberapa faktor yang akan menentukan pertumbuhan masa depan pinjaman P2P Lending. Jika suku bunga naik, jumlah default juga bisa meningkat.

Pelaku bisnis pinjaman P2P Lending perlu mengatasinya atau berisiko mengalami bubble pop. Dengan kata lain, jika ekonomi secara keseluruhan berjalan dengan baik, jumlah default akan tetap stabil.


Sudah jelas bukan mengenai manfaat dari P2P Lending yang ada?

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan tentunya mampu membuat jenis pinjaman ini menjadi alternatif yang tepat bagi kamu yang membutuhkan pinjaman.

Semakin cepat dan menguntungkan pinjaman yang kamu dapatkan, maka semakin berkembang juga bisnis yang kamu miliki. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengajukan pinjaman kamu sekarang juga, jika kamu memang sedang membutuhkan pinjaman dana tersebut!


Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.