4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Saat Musim Liburan – Saat musim liburan, banyak pemilik bisnis online berebut untuk membuat rencana pemasaran bersama pada saat terakhir dalam upaya untuk memanfaatkan sepenuhnya kesempatan ini. Peningkatan lalu lintas situs web selama periode waktu ini memberi Anda kesempatan untuk menghasilkan angka penjualan yang besar untuk menutup tahun ini.

Persaingan sangat ketat secara online, memaksa para pemilik bisnis untuk menjadi kreatif dan agresif jika mereka ingin menonjol dan mendapatkan persentase penjualan liburan yang diinginkan.

Terkadang strategi yang paling efektif adalah sesuatu yang sederhana dan hemat biaya, namun banyak dilupakan karena Anda mungkin berpikir terlalu keras. Berikut adalah empat tips sederhana yang bisa diterapkan guna menghasilkan lonjakan penjualan online yang sehat:

4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Saat Musim Liburan

1. Bagikan kode kupon.

Ada beberapa direktori kupon populer yang dapat Anda hubungi agar kode diskon Anda dipublikasikan secara gratis. Saya melakukan ini setiap musim liburan dengan beberapa situs yang berbeda, misalnya Shopback, Lakupon, Fave, dan Dealoka. Jika Anda bekerja sama dengan mereka, maka kode kupon Anda akan disebarkan dengan cepat.

Dengan mendistribusikan beberapa kode diskon, meskipun untuk sesuatu yang sederhana seperti pengiriman gratis, akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak penjualan. Jika tidak ada kode diskon yang tersedia, banyak konsumen akan mencari opsi lain yang memiliki kode kupon yang tersedia.

Pelanggan suka merasa mendapatkan sebuah penawaran, dan selain meningkatnya peluang mereka melakukan pembelian, Anda juga dapat membantu mengenalkan pembeli ke situs web Anda yang secara aktif mencari penawaran di situs kupon ini.

 

2. Blow the dust dari daftar email anda.

Setiap bisnis online harus memiliki daftar email yang besar dan tersegmentasi setidaknya menjadi dua kelompok. Mereka yang telah menjadi pelanggan dan mereka yang belum pernah membeli sebelumnya. Bahkan, Anda juga dapat menambahkan segmen yang dipecah lebih detil berdasarkan pembelian tertentu, ukuran pesanan rata-rata, dan jenis kelamin.

Penjualan secara alami lebih tinggi, jadi fokus biasanya dilakukan pada akuisisi pelanggan baru, bila ada daftar aktif orang-orang yang sudah terbiasa dengan situs web dan memiliki kemungkinan menjadi pembeli berulang yang tinggi. Juga, orang-orang yang ada di daftar Anda yang belum pernah membeli namun setidaknya mengenal merek Anda.

Kirim email kepada pelanggan masa lalu Anda dengan menghargai loyalitas mereka melalui penawaran diskon yang menarik, dan coba untuk menggoda segmen non-pembeli dengan tawaran yang tak tertahankan untuk melakukan pembelian pertama. Sedikit usaha bisa sangat berpengaruh, dan jangan takut untuk mengirimkan ulang email beberapa kali dalam seminggu selama musim liburan, karena tidak setiap pelanggan akan melihat setiap email yang Anda kirim.

 

3. Jadilah lebih manusiawi bagi pelanggan Anda.

Pelanggan terus menghargai sentuhan manusia, entah melalui media sosial atau dukungan yang mereka dapatkan saat berbelanja. Meskipun menghabiskan banyak waktu, berinvestasi dalam hal melibatkan pelanggan Anda akan mengarah pada basis pelanggan yang lebih setia dan terus berkembang.

Konsumen aktif di media sosial sepanjang hari, memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan mereka dan mengubahnya menjadi pelanggan. Luangkan waktu untuk berkreasi di media sosial. Membalas komentar pengikut Anda, publish topik acara saat ini, mengajukan pertanyaan dan memulai percakapan. Inilah bagaimana caranya merek Anda dapat muncul sebagai manusia bagi audiens, dan tentunya akan bertindak sebagai sebuah magnet untuk pelanggan akan bisnis Anda.

Bila pelanggan Anda tiba di situs web Anda, pastikan Anda menyediakan layanan konsultasi apabila mereka mengajukan pertanyaan terkait produk dan jasa yang ditawarkan. Berikan balasan yang responsif dan maksimal untuk membuat calon pelanggan Anda merasa nyaman.

 

4. Split-test beberapa penawaran pop-up

Sebagian besar lalu lintas yang mengunjungi situs Anda selama musim liburan mungkin tidak akan pernah kembali, namun pada dasarnya Anda dapat mengubahnya. Sementara banyak pebisnis takut saat mendengar kata “pop-up” karena takut mengganggu, Akan tetapi pop up bisa menjadi penghasil pendapatan paling efektif.

Jika popup mengganggu pengunjung Anda tentunya tidak ada salahnya, karena kemungkinan besar mereka tidak berencana untuk kembali. Mereka hanya disajikan jika seseorang pergi, memberi Anda satu dan satu-satunya kesempatan untuk mengubahnya menjadi penjualan kepada orang-orang yang pergi.

Split-test beberapa penawaran keluar, termasuk kupon diskon pengiriman gratis, yang memerlukan alamat email untuk akses. Paling tidak Anda akan menambah basis pelanggan Anda, yang bisa Anda pasarkan di kemudian hari.

 

Nah, sudah paham kan bagaimana 4 cara untuk meningkatkan penjualan online saat musim liburan? Pastikan Anda memanfaatkan setiap waktu yang ada dengan baik, karena di saat ini Anda dapat menghasilkan omset penjualan yang tinggi dibandingkan hari-hari lainnya.

Di masa liburan Anda mungkin akan mengeluarkan modal lebih banyak untuk sekedar melakukan iklan, atau membeli supply barang untuk bisnis Anda. Pastikan Anda telah bersiap untuk hal ini, dan jangan sampai di saat Anda telah berhasil menarik calon pelanggan, supply barang yang dimiliki kemudian tidak tersedia. Selalu pastikan hal tersebut untuk hasil yang maksimal. Apabila Anda membutuhkan modal dalam musim ini, jangan takut juga untuk mengajukan pinjaman.

KoinWorks saat ini hadir sebagai platform P2P Lending yang dapat memberikan Anda pinjaman modal usaha dengan mudah kapan saja dan dimana saja hingga Rp 500 juta, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Sangat membantu kan? Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (APR - %)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?