4 Investasi Minim Risiko Buat Investor Pemula yang Mau Kaya! – Semakin ke sini, banyak bermunculan berbagai jenis investasi yang memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan.

Tetapi sayangnya, beragam instrumen investasi yang tersedia tidak berbanding lurus dengan munculnya peminat atau investor baru.

Hal ini terjadi karena masih ada sebagian orang yang enggan melakukan investasi dengan alasan takut merugi dan menganggap hal tersebut memerlukan banyak uang.

Padahal bagi Anda investor pemula, sudah banyak lho tersedia investasi minim risiko yang bisa dipilih.

Bahkan di antaranya, ada yang hanya membutuhkan modal beberapa ratus ribu untuk terjun berinvestasi atau jadi investor.

Baca Juga: 5 Investasi untuk Fresh Graduate yang Wajib Dicoba Sedini Mungkin!

Memang, di saat Anda menginginkan risko minim, tentunya return atau keuntungan yang dihasilkan juga kecil.  Tapi tidak apa, bagi pemula seperti Anda hal ini sudah jauh lebih baik daripada tidak mulai melakukan investasi sama sekali.

Dengan mulai melakukan investasi minim risiko, Anda bisa learning by doing, mempelajari bagaimana cara kerja investasi. Bukan tidak mungkin, ke depannya Anda menjadi jauh lebih berani untuk mengambil investasi high return-high risk.

Lalu, apa saja investasi minim risiko yang bisa buat Investor pemula kaya? Berikut ulasannya!


4 Investasi Minim Risiko Buat Investor Pemula yang Mau Kaya!

1Reksa Dana Pasar Uang

Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan - investasi minim risiko

Bagi Anda investor pemula, tentunya sudah sering mendengar investasi minim risiko ini. Instrumen ini dinilai banyak dilirik orang, karena risikonya yang diklaim tidak terlalu besar.

Tapi sebenarnya, investasi reksa dana terbagi menjadi 4 yaitu, pasar uang, pendapatan tetap, campuran dan saham. Masing-masing jenis reksa dana ini, memiliki keuntungan dan risiko yang berbeda.

Baca Juga: Gaji Pas-Pasan Bukan Alasan untuk Skip Investasi, Ini 4 Investasi Terbaik!

Nah, bagi Anda investor pemula yang menginginkan investasi minim risiko, memilik reksa dana pasar uang bisa jadi pilihan.

Reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah karena mayoritas dananya akan dialihkan ke deposito atau surat berharga lain yang jatuh tempo di bawah satu tahun.

Hasil return yang dihasilkan juga lumayan lho, meskipun tidak sebesar saham namun biasanya masih lebih besar daripada deposito.

2Obligasi Milik Pemerintah

Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya... - investasi minim risiko

Investasi Minim Risiko berikutnya adalah Obligasi. Namun, bukan sembarang obligasi melainkan obligasi yang dikeluarkan pemerintah atau ORI (Obligasi Negara Ritel)

Pemerintah Indonesia secara berkala mengeluaran ORI dan ORI015 menjadi seri terbaru yang baru saja diterbitkan.

ORI sendiri ditawarkan kepada individu atau perorangan WNI melalui mitra distribusi di pasar perdana. Siapa pun bisa memiliki ORI, mulai dari PNS, pegawai swasta, ibu rumah tangga hingga anak generasi milenial.

Baca Juga: Apa Perbedaan Investasi Saham dan Obligasi? Berikut Penjelasannya…

Biasanya imbal hasil yang ditawarkan dari ORI cukup menggiurkan, untuk ORI015 saja Anda bisa mendapatkan kupon 8,25% per tahun dengan jatuh tempo 3 tahun (36 bulan)

Tak perlu khawatir, ORI sendiri hanya bermodalkan minimal Rp1 juta. Cukup terjangkau, bukan?

Selain itu, ORI juga diklaim sebagai investasi minim risiko karena  pembayaran kupon dan pokok dijamin oleh negara, jadi tidak ada risiko gagal bayar. Aman, ya.

3Peer-to-Peer Lending (P2P)

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 8 - investasi minim risiko


Peer-to-Peer Lending (P2P) menjadi investasi minim risiko selanjutnya yang bisa investor pemula pilih.

Tapi, apa itu Peer-to-Peer Lending? Sederhananya, ini merupakan sebuah marketplace penghubung antara pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing.

Baca Juga: INFOGRAFIK: Apa Itu Peer-to-Peer Lending? 

Sebagai seorang investor di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk meminjamkan uang kepada individu atau pelaku.

Nah, untuk berinvestasi di P2P juga tidak memerlukan modal besar, lho. Di KoinWorks, Anda bisa langsung menjadi investor hanya dengan Rp100.000

Tak hanya itu, imbal hasil yang ditawarkan juga besar, bisa sampai 21,32%.

Perihal keamanan, Anda tenang saja karena KoinWorks sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, tentunya jadi lebih terpercaya.

Yuk, mulai berinvestasi sekarang juga! Mudah, kok.

4Investasi Emas

investasi emas - investasi minim risiko


Kalau investasi minim risiko yang satu ini, sudah menjadi primadona sejak zaman dahulu kala. Mulai dari orang tua hingga kaum milenial, semua berbondong-bondong melakukan jenis investasi ini.

Walaupun kesannya klasik, tetapi investasi emas bisa dibilang minim risiko dan relatif aman.

Memiliki emas adalah investasi jangka panjang, tak heran kalau cara ini sangat populer di kalangan orang-orang yang berniat melakukan investasi lebih dari 5 tahun ke depan.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini: Senin, 19 Agustus 2019

Tetapi jika Anda ingin melakukan investasi ini, harus hati-hati. Karena banyak oknum-oknum yang menawarkan emas palsu. Jadi, pastikan Anda tahu cara membedakan emas asli dan palsu, ya.

Nah, banyak kan investasi yang bisa investor pemula lakukan dan patut untuk dicoba. Jadi, risiko dan modal besar bukan lagi menjadi alasan Anda untuk tidak berinvestasi. Semoga bermanfaat!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.