6 Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Properti

6 Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula – Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk tentunya angka kebutuhan terhadap rumah tinggalpun kian meningkat.

Oleh karena itu, tidak heran jika bisnis properti kian menjamur.

Mulai dari bisnis properti yang digawangi oleh agen properti besar, ataupun agen properti kecil.

Bisnis properti memang merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, makanya banyak sekali orang yang penasaran tentang bagaimana cara memulai bisnis properti.

Memulai bisnis properti ini pun beraneka ragam jenisnya seperti tanah, kosan, rumah, apartemen, ruko, ataupun gedung.

Bisnis properti memang bukanlah sebuah investasi yang murah, tapi dengan cara yang tepat kita bisa memulai bisnis properti ini sebagai salah satu investasi yang menjamin hari tua dan juga sebagai bentuk diversifikasi investasi untuk meminimalisir resiko.

Setelah modal untuk memulai bisnis properti ini sudah ada, diperlukan perencanaan yang matang agar investasi ini dapat berjalan sesuai harapan yang diinginkan.

Berikut beberapa cara memulai bisnis properti ini agar investasi bisa berjalan dengan lancar.


1. Lokasi strategis

Cara memulai bisnis properti yang pertama adalah pemilihan lokasi.

Memilih lokasi sebagai tempat untuk memulai berinvestasi sangatlah penting, apalagi untuk investasi properti.

Jika ingin menentukan lokasi untuk investasi, pertimbangkan kemudahan akses, kelengkapan fasilitas di sekitar lokasi tersebut hingga kenyamanan yang akan didapat oleh pembeli.

Hal ini harus dipikirkan dengan matang karena pemilihan lokasi yang tepat bisa menjadi salah satu faktor penaikan atau pun penurunan dari investasi properti.

2. Pilih pengembang terpercaya

Jika sudah mendapatkan lokasi strategis yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan investasi, maka hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah memilih pengembang (developer) yang terpercaya dan berpengalaman.

Carilah informasi secara lengkap dan detail tentang pengembang ini agar investasi yang dilakukan aman dan dapat berkembang.

Pastikan pengembang ini bisa dipercaya sehingga memberikan produk investasi yang berkualitas.

Memulai bisnis properti dengan pengembang yang salah akan sangat berdampak buruk, oleh karena itu dibutuhkan ketelitian dengan melihat pengalaman yang dimiliki oleh pengembang tersebut.

Baca juga: 11 Kebiasaan Orang yang Sukses Beli Properti

3. Fasilitas lengkap

Selain lokasi yang strategis, fasilitas yang lengkap dan memadai pun menjadi nilai lebih dari investasi properti.

Konsumen tentunya akan mencari properti yang menyediakan fasilitas lengkap sehingga nantinya mereka tidak perlu kesusahan lagi.

Mencari tahu kebutuhan dan keinginan para calon konsumen merupakan cara memulai bisnis yang paling bijak, karena pada akhirnya para konsumen akan memilih properti yang memenuhi kebutuhan mereka.

Beberapa fasilitas yang perlu menjadi pertimbangan terkait dengan privasi dan keamanan, selain itu fasilitas seperti ruang hijau terbuka atau tempat olahraga akan menjadi nilai tambah tersendiri.

4. Merencanakan promosi

Jika kamu sudah mendapatkan properti yang diinginkan untuk berinvestasi, langkah selanjutnya adalah mempromosikan properti tersebut.

kamu bisa memanfaatkan platform digital seperti media sosial dan website.

Promosi secara online ini akan semakin memperluas jaringan.

Kamu perlu memasukkan informasi yang jelas dan disertai foto properti yang ditawarkan.

Hal ini tentunya akan mempermudah konsumen.

5. Pengelolaan keuangan yang baik

Dalam berinvestasi tentunya diperlukan pengelolaan yang baik dan benar.

Hal ini pun juga perlu diperhatikan mengingat investasi properti ini menggunakan modal yang tidak sedikit.

Sebelumnya tentukanlah jangka investasi yang diinginkan, apakah ingin investasi untuk jangka panjang atau jangka pendek.

Jika ingin sudah ditentukan, akan memudahkan kamu dalam mengelola modal dan keuntungan yang ingin dicapai.

6. Menjadikan sebagai aset kekayaan

Memulai bisnis properti bisa dikatakan sebagai investasi yang tepat untuk masa depan.

Meski dibutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi investasi dalam bidang properti merupakan investasi yang cukup menjanjikan.

Pengelolaan keuangan yang tepat disertai pemeliharaan yang baik tentunya akan semakin membuat bisnis properti ini menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai aset kekayaan selain emas, deposito, dan barang berharga lainnya.


Itulah beberapa cara memulai bisnis properti yang bisa kamu terapkan apabila kamu memilih bisnis properti sebagai pilihan investasi masa depan.

Selain bisnis properti, kamu juga bisa mencoba instrumen investasi lainnya seperti peer-to-peer lending melalui produk KoinP2P dari KoinWorks.

Dengan menjadi pendana di KoinP2P kamu juga berkontribusi dalam memajukan UMKM di Indonesia.

KoinWorks merupakan perusahaan peer-to-peer lending yang berizin dan diawasi oleh OJK, sehingga keamanannya sangat terjamin.

Yuk, daftar menjadi pendana sekarang juga!


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.