Seringkali ide suatu bisnis itu ditemukan dengan tidak disengaja. Hal apa saja yang Anda lihat dan pikirkan, kemudian bisa menjadi ide bisnis yang kreatif dan inovatif. Namun, ide hanya akan menjadi ide tanpa adanya strategi investasi untuk mewujudkannya. Maksudnya, Anda harus menjual ide tersebut kepada seorang investor agar ide yang Anda miliki bernilai. Kadang, suatu ide bisa bernilai puluhan bahkan ratusan juta hingga milyaran. Tergantung dari ide itu sendiri.

Yang terpenting bukan hanya ide itu sendiri melainkan bagaimana ide itu dijual kepada investor. Percuma saja memiliki ide briliant tapi tidak bisa menjualnya. Jika begitu, maka ide hanya akan menjadi angan-angan. Tentu ini merugikan. Jadi, cobalah jual ide Anda kepada investor. Caranya? Perhatikan beberapa poin berikut ini;

Tuangkan ide Anda

Ya, ide harus dituangkan di atas kertas kosong sehingga ide Anda akan mudah dipahami. Ide yang tergambar akan mudah untuk dilihat dan dianalisa ketimbang ide yang masih ada di dalam pikiran. Setelah tergambar, maka sampaikan kepada diri sendiri tentang ide tersebut dengan jelas dan gamblang sebelum Anda menyampaikan kepada investor. Buatlah diri Anda yakin bahwa ide tersebut bisa berjalan. Buatlah alasan kenapa harus ide Anda, siapa saja yang akan merasakan ide Anda dan lain sebagainya.

Buatlah daftar kelebihan ide Anda

Ide harus tertulis dan tergambar. Kemudian, Anda juga akan membuat daftar kelebihan dari ide Anda. Apa yang membuat ide Anda menarik dari pada ide orang lain. Dengan begitu, investor nantinya akan mudah memahami manfaat dari ide Anda. Selain itu, dengan membuat daftar kelebihan, Anda akan menyertakan daftar lain berupa masalah yang dapat diatasi dengan ide Anda. Masalah ini bermacam-macam tergantung ide apa yang Anda miliki.

Tulis masalah apa saja yang terpecahkan dengan ide Anda

Selain daftar kelebihan, Anda juga akan membuat daftar masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan ide Anda. Artinya, apa yang bisa Anda atau orang lain selesaikan dengan ide Anda. Disini, Anda akan fokus pada hal yang terukur. Artinya, memang ide Anda akan menyelesaikan beberapa masalah yang banyak orang butuhkan. Namun, ide tersebut harus terukur sehingga investor akan mudah menjangkaunya. Jika terkesan terlalu tinggi, maka ide Anda akan mengarah pada angan-angan.

Buatlah skema bagaimana ide Anda akan bekerja

Setelah Anda membeberkan masalah apa saja yang bisa diselesaikan dengan ide Anda, maka saatnya investor bertanya, bagaimana caranya ide Anda akan menyelesaikan masalah tersebut. Tentunya, hal ini berkaitan dengan mekanisme bagaimana menjalankan ide Anda secara runtut dan terukur. Anda harus menyampaikan dari A sampai Z tentang bagaimana ide Anda akan bekerja menyelesaikan masalah. Tentunya, investor harus yakin bahwa ide itu akan benar-benar bekerja.

Jelaskan bagaimana ide akan menghasilkan keuntungan

Tentunya, alasan kenapa investor akan memberikan dana kepada Anda adalah dengan adanya keuntungan yang mereka dapatkan. Keuntungan ini bisa berupa apa saja tapi utamanya dalam bentuk uang. Jika Anda sudah menjelaskan bagaimana ide Anda bekerja menyelesaikan berbagai masalah masyarakat, kini saatnya kemudian menjelaskan bagaimana ide tersebut bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan. Disinilah investor akan semakin yakin bahwa ide Anda akan memberikan dampak positif.

Jelaskan bagaimana ide akan bertahan terhadap kompetitor

Ide yang Anda sampaikan sudah seharusnya memiliki beberapa tindakan defensive. Artinya, ketika ide Anda benar-benar dijalankan, Anda akan mengetahui bagaimana ide tersebut akan bisa bersaing dengan kompetitor yang memiliki ide yang hampir sama. Dengan begitu, investor bisa yakin bahwa ide Anda akan bisa bersaing bahkan bisa mengalahkan kompetitor.

Jelaskan bahwa ide dan bisnis akan berkembang

Benar, walaupun pada poin sebelumnya ide Anda sudah bisa memberikan keuntungan, namun patut dipertanyakan, keuntungan tersebut untuk jangka pendek atau panjang. Anda harus membuat daftar bagaimana ide Anda kemudian bisa dikembangkan lagi agar bisnis atau perusahaan juga bisa berkembang lebih luas.

Dari ulasan diatas, tentunya saat ini Anda memiliki cara bagaimana kemudian strategi investasi dengan menjual ide ini akan Anda sampaikan kepada investor. Semakin Anda menguasai seluk beluk ide tersebut kemudian menjelaskan dengan detail, maka semakin yakin pula investor kepada Anda. Jangan lupa, gunakan bahasa komunikasi yang baik.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.