7 Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Usaha

ruko toko - tips investasi ruko - ide bisnis

7 Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Usaha – Walaupun keuntungan yang diterima bisa menjadi besar, namun belum tentu bisnis akan berjalan dengan baik dan lancar selalu.

Kadang kala Anda harus siap memperoleh resiko investasi dalam bentuk kerugian yang akhirnya berujung pada kebangkrutan usaha Anda.

Baca Juga: Ingin Sukses Berbisnis Seperti David Beckham? Simak 5 Tips Berikut

Salah satu penyebab Anda mengalami kegagalan ketika menjalankan bisnis adalah karena salah memilih ruko yang dijadikan sebagai tempat usaha. Bahkan kesalahan ini pun sering dilakukan berulang-ulang sebagai berikut:

7 Kesalahan Dalam Memilih Ruko Tempat Usaha

1. Membeli ruko sebelum memulai usaha

Adanya ruko memang penting dan harganya pun tak main-main. Kesalahan yang sering dilakukan adalah banyak pemilik bisnis yang akhirnya membeli ruko itu sebelum memulai usaha.

Baca Juga: Siapa Sangka, Winnie the Pooh Membocorkan 5 Pelajaran Berharga Soal Bisnis untuk Anda

Padalah Anda belum tahu apakah bisnis yang nantinya Anda lakukan ini akan laku besar dan segera menutup biaya pengeluaran khususnya dalam hal membeli ruko.

Setidaknya Anda bisa melakukan sewa per bulan maupun per tahunnya sebagai bentuk uji coba terhadap tempat yang Anda pilih.

Apabila Anda langsung membelinya dan mengetahui jika bisnis tak berjalan lancar, maka Anda akan merugi walaupun ruko dapat dijual kembali.


2. Lokasi yang tidak tepat

Inilah kesalahan yang sebenarnya telah diketahui oleh seluruh pemilik bisnis namun tetap saja ada sebagian dari mereka yang ternyata salah memilih lokasi.

Baca Juga: Lebih Asyik Belajar Soal Bisnis Lewat 5 Channel YouTube Ini

Seringkali mereka hanya berpedoman pada ruko yang berharga murah tanpa tahu lokasi yang mereka inginkan. harga murah pasti ada sebabnya dan biasanya penyebabnya adalah lokasinya yang tidak strategis.

Sebagus apapun ruko yang Anda sewa atau miliki serta seberapa bagus bisnis yang Anda jalankan, apabila lokasinya tidak bagus, maka jangan harap usaha akan bertahan lama. Hal ini tetap berlaku ketika Anda melakukan promosi.


3. Akses yang sulit ditempuh

Ini juga merupakan keteledoran yang seringkali dilakukan oleh para pemilik bisnis dimana mereka memilih ruko yang sulit diakses oleh calon konsumen.

Baca Juga: Mau Jadi Pebisnis yang Sukses? Ketahui 3 Kunci Penting Ini

Meskipun terletak di jalan raya atau lokasi yang benar-benar strategis, namun jika tak dapat diakses oleh konsumen atau sulit mencapainya, maka konsumen pun tak akan ambil pusing untuk pergi menuju kesana.

Mereka akan lebih memutuskan untuk mencari lokasi usaha serupa atau sama dengan bisnis Anda dimana lokasinya mudah diakses menggunakan jalan apapun dan tidak menyulitkan mereka. seluruh kendaraan bisa masuk, jalanan tidak rusak dan tidak terlalu jauh akan menjadi prioritas dari konsumen untuk mencari bisnis yang mereka butuhkan.


4. Perijinan yang tidak tepat

Masalah perijinan merupakan hal yang paling sering terjadi dan menimpa para pemilik bisnis. Mereka seringkali tak mengecek atau memeriksa keseluruhan mengenai ijin mendirikan bangunan maupun ijin lokasi yang diberikan sehingga ketika bisnis tengah berjalan, mereka pun akhirnya terjegal kasus hukum bahkan dilarang menggunakan ruko terkait lagi.

Baca Juga: 7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba

Tentunya hal ini sangat merugikan karena Anda telah mengeluarkan uang untuk membeli atau menyewa ruko. Sebagai contoh ruko Anda ternyata dibangun di atas tanah sengketa, tentu saja hal ini menjadi masalah bagi Anda ke depannya.


5. Fasilitas yang tidak lengkap

Mungkin Anda merasa bingung sebab yang namanya ruko pasti masih dalam keadaan kosong. Namun masih ada yang bisa diperoleh dalam keadaan kosong itu seperti aliran listrik yang lancar, aliran air yang juga lancar termasuk kamar mandi.

Baca Juga: Hemat! Ikut 7 Cara Menghemat Pengeluaran Bulanan Ini

Fasilitas lain bisa berupa dinding yang bagus artinya cat tidak luntur, mengelupas, lantai tidak pecah dan sebagainya sehingga tak banyak renovasi yang dilakukan. Namun seringkali pemilik bisnis tak mengetahui atau memeriksa hal ini.


6. Kondisi luar ruko

Seringkali kesalahan para pemilik bisnis adalah melihat kondisi dalam ruko saja dan melupakan kondisi luarnya padahal ini sangat penting.

Baca Juga: Stephen Hawking Meninggal Dunia, Ini 5 Kutipan Berharga Soal Bisnis Darinya

Misalkan ruko Anda terlalu dekat dengan jalan raya yang berdebu dan Anda membuka kedai makanan. Tentunya masyarakat akan meninggalkan bisnis milik Anda ini sebab lokasinya tidak nyaman.


7. Struktur gedung yang salah

Kesalahan terakhir yang sering dilakukan adalah pemilik bisnis tak mengecek kondisi maupun juga struktur dari bangunan dan akhirnya mengeluh pada pemilik ketika bisnis telah dijalankan sebagai contoh jika hujan, ternyata ada atap yang bocor, berlumut, atau banyak rayap.

Baca Juga: Ayo, Berhemat di Bulan Puasa dengan Memangkas 4 Pengeluaran Sehari-hari Ini

Anda tidak boleh menyalahkan pemilik begitu saja sebab Anda sendiri tak memperhatikannya. Jika ingin terhindar dari resiko investasi bisnis ini, maka sebaiknya jauhilah kesalahan terutama dalam hal memilih lokasi ketika memilih ruko untuk tempat usaha Anda.

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.