Siapa yang tidak mengenal Warren Buffet seorang investor ulung yang sudah membuktikan bahwa uang bisa bekerja untuk Anda. Warren Buffet juga seorang ahli dalam mengatur keuangan yang sudah terkenal. Dengan demikian, jika Anda sudah pernah mengambil dan melakukan pembayaran kredit multiguna atau ingin terhindar dari masalah keuangan, disini, ada 7 nasehat keuangan yang diberikan Buffet kepada Anda sehingga bisa mengelola keuangan dengan baik bahkan bisa mengembangkan uang Anda sebagai aset untuk masa depan.

Jangan Kehilangan Uang

Aturan pertama menurut Warren Buffet adalah jangan kehilangan uang Anda. Jika Anda berinvestasi, maka lakukan hal terbaik dan hindari kerugian. Jika Anda rugi, maka sulit untuk kembali ke awal Anda memulai. Hal lain dari aturan ini adalah mendapatkan barang dengan nilai yang tinggi tapi harga yang murah. Anda dikatakan telah kehilangan uang ketika Anda membeli barang dengan harga yang tidak sebanding dengan nilai yang Anda dapatkan.

Lakukan Kebiasaan Menata Uang Secara Sehat

Menurut Buffet, kesalahan terbesar dari keuangan yang buruk adalah tidak membangun kebiasaan untuk menabung. Jadikan menabung sebagai kebiasaan. Selain itu, bekerjalan untuk sesuatu yang dapat memperkuat serta membantu keuangan. Anda harus hilangkan kebiasaan yang dapat membuat keuangan tidak sehat.

Hindari Utang, Terutama Utang Kartu Kredit

Buffet pernah menyampaikan pidato di Notre Dame pada tahun 1991 dan mengatakan bahwa banyak orang gagal karena kebiasaan meminum minuman keras dan berhutang. Sebaliknya, dia juga mengatakan bahwa sebenarnya Anda tidak perlu untuk berhutang di dunia ini. Lakukan dengan cerdas dengan cara membuat banyak uang tapi tidak dengan berhutang apalagi menggunakan kartu kredit. Menurutnya, bunga yang ada di kartu kredit akan membuatnya bankrut.

Menyediakan Uang Kas

Kunci lain untuk menata keuangan adalah dengan menjaga persediaan uang kas. Cadangan kas harus selalu dipertahankan di batas tertentu. Buffet sendiri selalu menjaga atau mempertahankan uang kas sebanyak $20 milyar. Cadangan uang kas inilah yang akan membuat perusahaan akan tetap bertahan walau di kala krisis hingga perusahaan lain tumbang. Begitu juga dengan keuangan pribadi. Anda harus benar-benar menyiapkan cadangan uang kas ini.

Berinvestasi pada Diri Anda

Menurut Buffet, apapun yang Anda lakukan, sudah seharusnya Anda berinvestasi agar membuat kemampuan Anda lebih meningkat dan berharga lagi. Karena, menurutnya bagaimanapun investasi yang terbaik adalah berinvestasi pada diri Anda sendiri. Lakukan terus peningkatan yang bisa membuat Anda berkembang dan lebih maju lagi. Investasi pada diri sendiri tidak akan pernah merugi jika kemudian dari investasi tersebut Anda lebih bisa melihat peluang dan mengambil kesempatan untuk penghasilan yang lebih.

Beramal

Buffet mengatakan, jika Anda merupakan 1 dari jumlah 1 persen orang yang beruntung dan sangat sukses, maka Anda telah berhutang kepada sejumlah 99% manusia lainnya.  Buffet juga telah menyediakan dana untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Sebelumnya, ia telah menyumbangkan sebanyak $2,8 milyar dari saham Berkshire Hathaway untuk 5 badan amal. Ia juga salah satu pendiri The Giving Pledge bersama pendiri Microsoft, Bill Gates dan 130 miliarder lain yang sepakat untuk menyumbangkan uangnya kepada yang membutuhkan.

Memandang Uang untuk Jangka Panjang

Jika Anda duduk dibawah pohon yang teduh dan rindang, tentu Anda bisa menikmatinya. Anda bisa merasa nyaman dengan duduk dibawah pohon itu karena ada seseorang yang sebelumnya menanam dan merawat pohon tersebut. Begitu juga dengan uang Anda. Jika Anda menanam dan merawat uang Anda dengan baik, maka Anda akan menikmatinya di masa depan bahkan sampai dengan anak cucu Anda.

Dari sini tampak jelas bahwa membangun keuangan yang baik adalah syarat agar bisnis Anda sukses. Bahkan bukan hanya tentang keuangan bisnis Anda melainkan juga keuangan pribadi Anda yang akan menjadi lebih baik jika keuangan dikelola dengan cara yang benar.  Meskipun memang kredit multiguna memiliki beberapa keunggulan, bisa saja Anda tidak akan membutuhkannya karena Anda bisa mengelola keuangan Anda sehingga berjalan dengan baik. Sebagaimana saran Buffet, Anda bisa sukses walau tanpa hutang. Anda harus cerdas untuk membuat banyak uang.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 250.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.