Home » Blog » Daily, Gaya Hidup » Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

·
4 menit
Dana Pensiun - 4 Tujuan Keuangan yang Wajib Anak Jaman Sekarang Punya! - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-mempersiapkan dana pensiun-Makan Siang di Kantor, Lebih Hemat Masak Sendiri atau Beli?-5 Tips Hemat Memanfaatkan Layanan Transportasi Online-5 Cara untuk Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran yang Terbatas-Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! – Akhir-akhir ini, #AgeChallenge sedang viral. Banyak warganet meng-upload fotonya dengan editan, yang membuat wajahnya menjadi lebih tua.

Tak main-main, lebih dari 100 ribu orang menggunakan hashtag #AgeChallenge di Instagram.

Jika dilihat, orang-orang yang mengikuti #AgeChallenge cenderung berfoto dengan senyuman yang sumringah, menunjukan bahwa mereka tetap cantik atau gagah di masa tua nanti. Tetapi jika dilihat lebih dalam, sudahkah Anda benar-benar mempersiapkan masa tua dengan baik?

Baca Juga: 5 Kesalahan Milenial yang Membuat Sengsara Masa Tua

Tentunya, Anda ingin mewujudkan masa tua yang indah dan nyaman, seperti ketika Anda melakukan #AgeChallenge, bukan?

Maka dari itu, yuk mulai persiapkan dana masa tua Anda mulai dari sekarang, agar nantinya bisa merasakan manfaat yang maksimal. Berikut tipsnya!


Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Mulai Alokasikan Gaji untuk Ditabung

4 Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Untuk Berhemat Banyak Uang - 4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Tips keuangan yang pertama, Anda harus wajib menyisihkan dana dari gaji bulanan untuk dialokasikan ke dalam tabungan. Hal ini harus dilakukan secara konsisten, setiap bulannya.

Setidaknya, Anda bisa menyisihkan 20% dari penghasilan untuk tabungan masa tua. Selain itu, perlu juga diingat untuk mulai lakukan hal ini sedini mungkin.

Baca Juga: Berapa Banyak Uang yang Harus Ditabung Setiap Bulannya Agar Milenial Bisa Pensiun dengan Nyaman?

Sebagian besar orang, mulai berpikir dan mulai menabung untuk masa tua di usia 40 atau 50 tahun. Padahal hal itu bisa membuat perkembangan dana menjadi tidak maksimal, lho

Jadi, jika Anda bisa melakukanya sekarang, kenapa harus ditunda-tunda?


Buatlah Tujuan Keuangan yang Jelas

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Jika ingin memiliki masa tua yang berkualitas, Anda harus memiliki tujuan keuangan karena hal ini akan sangat membantu ke depannya.

Maka dari itu, tips keuangan selanjutnya adalah tentukan tujuan keuangan dari sekarang dan mulailah fokus untuk bisa mewujudkannya.

Memiliki tujuan keuangan membuat hidup lebih terarah, Anda juga kan terus ingat untuk tidak membuang uang dengan hal yang tidak diperlukan.

Setidaknya, Anda harus punya tujuan keuangan untuk minimal 5 tahun ke depan. Jika Anda memiliki tujuan memiliki rumah sebelum pensiun, cobalah kumpulkan dana pertamanya selama 5 tahun.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Semakin besar uang dana pertama yang dikumpulkan, tentunya sisa cicilan dan bunga akan jauh lebih kecil.

Nah, setelah berhasil menentukan tujuan keuangan janga pendek (5 tahun), Anda bisa mulai membuat untuk jangka panjangnya, 10 – 20 tahun ke depan.


Hidup Lebih Hemat dengan Menekan Biaya Harian

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - 5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Menyimpan uang untuk hari tua memang cukup sulit, apalagi jika Anda masih memiliki banyak kebutuhan yang belum terpenuhi.

Tapi tentu saja, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak mempersiapkan dana masa tua.

Cobalah untuk lebih hemat dan menekan biaya harian. Anda bisa mulai merekap semua pemasukan dan pengeluaran, mungkin saja ada hal-hal yang bisa dikurangi.

Baca Juga: Biar Hemat, Yuk Intip Cara Atur Uang Ala Orang Jepang!

Misalnya, yang biasanya setiap hari Anda makan di restoran, kurangi saja menjadi setiap weekend dan mulai bawa bekal dari rumah.

Nah, tapi kalau masih sulit melakukannya, Anda bisa langsung sisihkan 30%-40% setelah gajian untuk memenuhi kebuthan sehari-hari.

Anda harus konsisten dan membuat bagaimana caranya agar uang tersebut bisa cukup untuk Anda pribadi tanpa menggangu dana simpanan.


Pikirkan untuk Ikut Asuransi

asuransi - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Jika Anda sudah bisa untuk konsisten menyisihkan dana masa tua, maka tips keuangan selanjutnya adalah memiliki asuransi.

Memang, banyak orang yang menanggapi asuransi dengan apatis, tetapi jangan salah, asuransi bisa menjadi penjamin hidup Anda ke depannya.

Baca Juga: 4 Jenis Orang yang Tidak Pernah Pensiun dari Pekerjaan

Sudah gitu, dengan memiliki asuransi, Anda akan “dipaksa” untuk membayar iuran tiap bulannya. Walaupun berat tapi percayalah ini akan berguna di masa tua nanti.

Jika ingin mengikuti asuransi, pilihlah produk yang preminya sesuai dengan keadaan finansial Anda. Jangan sampai, premi setiap bulannya memberatkan hidup Anda.


Segeralah Berinvestasi

koinworks semua pasti bisa - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Tips keuangan yang terakhir adalah mulai lakukan investasi. Jika Anda sudah sukses melakukan beberapa cara di atas, berinvestasi patut dicoba.

Tabungan masa tua yang sudah Anda tabung setiap bulannya, bisa dialokasikan 50% untuk investasi dan 50% lagi sebagai dana darurat.

Mengapa demikian? karena ketika Anda hanya menabung, bunga yang didapatkan tidak akan cukup untuk menghadapi inflasi di masa depan. Nah, melalui investasi Anda bisa menambah nilai mata uang Anda, sehingga di masa tua keuangan Anda tetap bisa bertahan.

Baca Juga: 5 Hal Harus Dimiliki saat Memasuki Masa 5-10 Tahun Sebelum Pensiun

Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari emas, saham, hingga Peer-to-Peer Lending (P2P).

Jika Anda merupakan investor pemula yang belum berani untuk berinvestasi, Peer-to-Peer Lending (P2P) layak dipertimbangkan. P2P sendiri adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending, KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investor  hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Anda juga akan ditawarkan hasil imbal besar hingga 21,32%!

Nah, itulah tips keuangan yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki masa tua yang nyaman dan aman. Selamat mencoba!

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Waah, dapet modal awal 475 ribu pas daftar :), kode promo BUTUHUANG