Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! – Akhir-akhir ini, #AgeChallenge sedang viral. Banyak warganet meng-upload fotonya dengan editan, yang membuat wajahnya menjadi lebih tua.

Tak main-main, lebih dari 100 ribu orang menggunakan hashtag #AgeChallenge di Instagram.

Jika dilihat, orang-orang yang mengikuti #AgeChallenge cenderung berfoto dengan senyuman yang sumringah, menunjukan bahwa mereka tetap cantik atau gagah di masa tua nanti. Tetapi jika dilihat lebih dalam, sudahkah Anda benar-benar mempersiapkan masa tua dengan baik?

Baca Juga: [INFOGRAFIK] 5 Kesalahan Milenial yang Membuat Sengsara Masa Tua

Tentunya, Anda ingin mewujudkan masa tua yang indah dan nyaman, seperti ketika Anda melakukan #AgeChallenge, bukan?

Maka dari itu, yuk mulai persiapkan dana masa tua Anda mulai dari sekarang, agar nantinya bisa merasakan manfaat yang maksimal. Berikut tipsnya!


Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

1Mulai Alokasikan Gaji untuk Ditabung

4 Cara Menjalani Gaya Hidup Minimalis Untuk Berhemat Banyak Uang - 4 Cara Efektif Mencapai Resolusi Keuangan yang Telah Ditetapkan - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!

Tips keuangan yang pertama, Anda harus wajib menyisihkan dana dari gaji bulanan untuk dialokasikan ke dalam tabungan. Hal ini harus dilakukan secara konsisten, setiap bulannya.

Setidaknya, Anda bisa menyisihkan 20% dari penghasilan untuk tabungan masa tua. Selain itu, perlu juga diingat untuk mulai lakukan hal ini sedini mungkin.

Baca Juga: Berapa Banyak Uang yang Harus Ditabung Setiap Bulannya Agar Milenial Bisa Pensiun dengan Nyaman?

Sebagian besar orang, mulai berpikir dan mulai menabung untuk masa tua di usia 40 atau 50 tahun. Padahal hal itu bisa membuat perkembangan dana menjadi tidak maksimal, lho

Jadi, jika Anda bisa melakukanya sekarang, kenapa harus ditunda-tunda?


2Buatlah Tujuan Keuangan yang Jelas

5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan

Jika ingin memiliki masa tua yang berkualitas, Anda harus memiliki tujuan keuangan karena hal ini akan sangat membantu ke depannya.

Maka dari itu, tips keuangan selanjutnya adalah tentukan tujuan keuangan dari sekarang dan mulailah fokus untuk bisa mewujudkannya.

Memiliki tujuan keuangan membuat hidup lebih terarah, Anda juga kan terus ingat untuk tidak membuang uang dengan hal yang tidak diperlukan.

Setidaknya, Anda harus punya tujuan keuangan untuk minimal 5 tahun ke depan. Jika Anda memiliki tujuan memiliki rumah sebelum pensiun, cobalah kumpulkan dana pertamanya selama 5 tahun.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Semakin besar uang dana pertama yang dikumpulkan, tentunya sisa cicilan dan bunga akan jauh lebih kecil.

Nah, setelah berhasil menentukan tujuan keuangan janga pendek (5 tahun), Anda bisa mulai membuat untuk jangka panjangnya, 10 – 20 tahun ke depan.


3Hidup Lebih Hemat dengan Menekan Biaya Harian

hemat uang - 7 Nasihat Keuangan Warren Buffet yang Bikin Anda Jago Mengatur Uang! - 5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ’15 Koma’ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini!-2

Menyimpan uang untuk hari tua memang cukup sulit, apalagi jika Anda masih memiliki banyak kebutuhan yang belum terpenuhi.

Tapi tentu saja, hal tersebut bukan menjadi alasan untuk tidak mempersiapkan dana masa tua.

Cobalah untuk lebih hemat dan menekan biaya harian. Anda bisa mulai merekap semua pemasukan dan pengeluaran, mungkin saja ada hal-hal yang bisa dikurangi.

Baca Juga: Biar Hemat, Yuk Intip Cara Atur Uang Ala Orang Jepang!

Misalnya, yang biasanya setiap hari Anda makan di restoran, kurangi saja menjadi setiap weekend dan mulai bawa bekal dari rumah.

Nah, tapi kalau masih sulit melakukannya, Anda bisa langsung sisihkan 30%-40% setelah gajian untuk memenuhi kebuthan sehari-hari.

Anda harus konsisten dan membuat bagaimana caranya agar uang tersebut bisa cukup untuk Anda pribadi tanpa menggangu dana simpanan.


4Pikirkan untuk Ikut Asuransi

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Jika Anda sudah bisa untuk konsisten menyisihkan dana masa tua, maka tips keuangan selanjutnya adalah memiliki asuransi.

Memang, banyak orang yang menanggapi asuransi dengan apatis, tetapi jangan salah, asuransi bisa menjadi penjamin hidup Anda ke depannya.

Baca Juga: 4 Jenis Orang yang Tidak Pernah Pensiun dari Pekerjaan

Sudah gitu, dengan memiliki asuransi, Anda akan “dipaksa” untuk membayar iuran tiap bulannya. Walaupun berat tapi percayalah ini akan berguna di masa tua nanti.

Jika ingin mengikuti asuransi, pilihlah produk yang preminya sesuai dengan keadaan finansial Anda. Jangan sampai, premi setiap bulannya memberatkan hidup Anda.


5Segeralah Berinvestasi

koinworks semua pasti bisa - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - cara mengatur keuangan

Tips keuangan yang terakhir adalah mulai lakukan investasi. Jika Anda sudah sukses melakukan beberapa cara di atas, berinvestasi patut dicoba.

Tabungan masa tua yang sudah Anda tabung setiap bulannya, bisa dialokasikan 50% untuk investasi dan 50% lagi sebagai dana darurat.

Mengapa demikian? karena ketika Anda hanya menabung, bunga yang didapatkan tidak akan cukup untuk menghadapi inflasi di masa depan. Nah, melalui investasi Anda bisa menambah nilai mata uang Anda, sehingga di masa tua keuangan Anda tetap bisa bertahan.

Baca Juga: 5 Hal Harus Dimiliki saat Memasuki Masa 5-10 Tahun Sebelum Pensiun

Banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, mulai dari emas, saham, hingga Peer-to-Peer Lending (P2P).

Jika Anda merupakan investor pemula yang belum berani untuk berinvestasi, Peer-to-Peer Lending (P2P) layak dipertimbangkan. P2P sendiri adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending, KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investorΒ  hanya dengan Rp100.000 atau kelipatan selanjutnya. Anda juga akan ditawarkan hasil imbal besar hingga 21,32%!

Nah, itulah tips keuangan yang harus Anda lakukan jika ingin memiliki masa tua yang nyaman dan aman. Selamat mencoba!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.