3 Alasan Mengapa Perempuan Bisa Berinvestasi Lebih Baik dari Pria – Bicara soal keuangan dan investasi, mungkin memang selama ini banyak orang yang menganggap bahwa para investor kebanyakan adalah pria.

Memang, saat ini jumlah investor perempuan masih lebih sedikit dibanding investor pria. Tapi walaupun begitu, jumlah investor wanita saat ini sudah mengalami pertumbuhan pesat.

Baca juga: 3 Alasan Mengapa Pendidikan Keuangan Adalah Investasi yang Baik

Perkembangan investasi di kalangan perempuan telah mencapai 965% lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan investor pria. Saat ini, total investor perempuan yang ada di pasar modal mencapai sekitar 476.772 orang.

Sebuah penelitian dari Fidelity Investments di tahun 2010 menyatakan bahwa para perempuan mendapatkan return investasi lebih tinggi dibandingkan para pria yang memiliki sekitar 0,4% kebih rendah.

Hal ini membuktikan bahwa perempuan memiliki faktor-faktor yang membuat dirinya menjadi investor yang lebih baik dari seorang pria. Ingin tahu apa saja alasannya? Berikut ini adalah 3 alasan mengapa perempuan adalah investor yang lebih baik dari pria.


3 Alasan Mengapa Perempuan Bisa Berinvestasi Lebih Baik dari Pria

1Perempuan Sedikit Mengambil Risiko

perempuan-investasi-berhati-hati-risiko

Secara umum, pria memang lebih senang mengambil risiko, baik itu dalam keputusan atau kegiatan seperti panjat gunung, motorcross, dan sebagainya.

Sementara perempuan biasanya lebih berhati-hati dalam berperilaku. Misalnya dalam menggunakan uang. Sebuah statistik menunjukkan bahwa pria memperdagangkan saham mereka 45% lebih banyak daripada perempuan, padahal ada banyak lalu lintas keuangan yang bisa jadi tidak stabil dalam aktivitas ini.

Baca juga: 3 Hal Tentang Investasi yang Perlu Diketahui oleh Para Wanita

Perempuan juga senang mengambil pendekatan yang sederhana dan minim risiko. Sikap disiplin juga menjadi alasan mengapa perempuan memiliki risk-adjusted return yang lebih kuat daripada investor pria.


2Bersabar untuk Hasil Lebih Besar

investor-perempuan-bersabar-sabar - belajar self-love - tips investasi untuk anak muda

Investor pria biasanya memiliki keparcayaan diri yang tinggi terhadap kemampuan mereka menganalisa investasi.

Semakin percaya diri seorang investor, maka semakin banyak frekuensi trading yang bisa dilakukan. Akibatnya akan berimbas pada biaya dan imbal hasil dari instrumen hasil yang digunakan.

Berbeda dengan perempuan, mereka cenderung lebih sabar dan tidak gegabah.


3Selalu Belajar

mahasiswa-alumni-PTS Bisa Jadi Pilihan Saat Tak Lolos SBMPTN 2019, Ini Dia Tips Memilihnya!

Berdasarkan statistik, investor perempuan lebih mau untuk belajar dan meminta saran dari pihak yang dianggap lebih tahu tentang investasi dibanding investor pria.

Studi mengungkapkan bahwa pria cenderung lebih memenangkan egonya untuk tidak bertanya jika menemui sebuah pertanyaan.

Baca juga: Tas Bermerk vs Investasi yang Menguntungkan

Nah, untuk Anda perempuan yang memang menginginkan investasi di instrumen lainnya, Anda bisa coba untuk mulai mendanai melalui P2P Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Hanya dengan Rp 100.000 saja Anda sudah berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan sebesar 21,32% per tahun. Jumlah ini tentu saja lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan imbal hasil pada deposito dan reksadana.

Bukan hanya itu saja, saat Anda mendanai di KoinWorks, Anda juga ikut berpartisipasi dalam membangun perekonomian Indonesia.

Hal ini dikarenakan dana yang Anda salurkan akan digunakan oleh para pelaku bisnis UMKM untuk mengembangkan bisnis usahanya.

Jadi tunggu apa lagi? Tulisan di atas sudah membuktikan bahwa perempuan adalah investor yang lebih baik daripada pria.

Untuk Anda para perempuan, ayo segera berinvestasi sekarang juga!

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.