Aneka Kemudahan Pembiayaan Layanan Kesehatan – Semua peminjam telah melewati proses evaluasi dan validasi data serta analisis kredit.

Kesehatan merupakan hal yang nilainya mahal. Kalimat ini pasti sering terdengar digunakan untuk menggambarkan betap apentingnya menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit. Sekali orang jatuh sakit, tentunya membutuhkan biaya untuk berobat. Apalagi, jika sakitnya membutuhkan terapi dengan jangka waktu panjang maka dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Saat ini, pemerintah membantu masyarakat dengan meringankan biaya berobat bagi beberapa orang dengan jaminan kesehatan lewat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Tapi, untuk perlindungan perawatan dan terapi kesehatan tetap diperlukan jaminan kesehatan lain untuk mendapatkan akses keuangan murah terhadap layanan kesehatan berkualitas.

Saat ini, ada platform daring penyedia layanan investasi dan meminjam uang dengan sistem peer to peer (P2P) lending, KoinWorks. Daring ini menghubungkan peminjam dengan pendananya.

KoinWorks menawarkan nilai lebih bagi para investor dan peminjam dengan menyediakan sistem penilaian pinjaman, sistem pembayaran, dan teknologi yang mengurangi biaya dan inefisiensi perbankan tradisional. “Semua dilakukan secara online, jelas, dan transparan. Pinjaman di KoinWorks diberikan kepada peminjam perorangan bersama perusahaan rekanan yang telah tervalidasi,” ujar Co Founder dan CEO KoinWorks Benedicto Haryono di Jakarta, pekan lalu.

Dia menjelaskan, semua peminjam di KoinWorks telah melewati proses evaluasi, validasi data, serta analisa kredit. Analisanya meliputi laporan keuangan, permohonan pinjaman, dan algoritma analisis keuangan untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran.

Untuk proses pinjaman di KoinWorks, caranya mudah. Anda tinggal mengakses website koinWorks.com dan memiliki layanan kesehatan yang dibutuhkan. Pasien juga bebas memilih tempat layanan kesehatan yang diinginkan dan menyesuaikan jadwal. “Syaratnya dengan kartu identitas, telah berusia minimal 21 tahun, dan pendanaan bisa dimulai dari Rp 100 ribu dengan return mulai dari 18 persen (EAR),” jelas dia.

Head Officer Experience KoinWorks Novianto meyakini berbagai kemudahan yang diberikan KoinWorks mampu memberikan akses pendanaan yang sangat mudah dan murah terhadap berbagai kebutuhan layanan kesehatan. “Kami hadir sebagai alternatif untuk layanan kesehatan di Indonesia. Diharapkan mampu mengurangi keterbatasan pembiayaan yang selama ini membendung masyarakat untuk mendapatkan perawatan kesehatan yang baik dan terjangkau,” ucapnya.

Saat ini, KoinWorks memiliki sekitar 6.000 pendana dan memiliki berbagai fitur pembiayaan. Pelayanan kesehatan di Indonesia juga membuat fintech ini melakukan ekspansi. Salah satunya, KoinWorks bekerja sama pembiayaan kesehatan dengan RS Premier Bintaro dalam program KoinSehat.

Di program KoinSehat, pengguna bisa mendapatkan minimum pembiayaan 10 persen dari total biaya down payment (DP). Pembiayaan yang bisa ditangani mencapai 90 persen. Sementara, cicilan mulai 0,75 persen per bulan. “Ini sangat murah. Tidak membebani untuk dapat perawatan kesehatan,” jelas Novianto.

KoinSehat sebelumnya berlaku untuk perawatan gigi, mata, serta kecantikan. Total kredit yang sudah disalurkan hingga Rp 9 miliar. Kerja sama ini diharapkannya dapat memperluas layanan hingga persalinan, cek medis, usus buntu, dan layanan lain bertaraf internasional.

“Kerja sama ini semakin membuka alternatif akses bagi masyarakat untuk mendapatkan pembiayaan tindakan medis dengan pelanan berkelas, sehingga dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan kesehatan masyarakat Indonesia,” tambah CEO RS Premier Bintaro Dr Juniwati Gunawan.

Selain KoinSehat, KoinWorks juga memiliki layanan KoinPintar untuk pendidikan dan KoinBisnis untuk pembiayaan UKM. Fungsi KoinWorks memangkas rumitnya pembiayaan melalui bank, sehingga antara pendana dan peminjam mendapatkan hasil yang memuaskan.


Media: Republika Edisi Cetak, Edisi 6 Maret 2017

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.