Punya Anggaran Pernikahan yang Terbatas? Ini 6 Cara Menghematnya – Saat ini biaya pernikahan semakin membengkak, jika Anda memiliki banyak keinginan dalam pesta nantinya.

Bahkan biaya pernikahan di Indonesia saat ini telah mencapai angka lebih dari Rp100 juta dimana anggaran tersebut sudah mencakup semua biaya yang diperlukan.

Baca juga: 9 Langkah Penghematan Saat Anda Ingin Mempersiapkan Liburan Impian

Mahalnya anggaran pernikahan membuat mereka yang memiliki anggaran terbatas perlu menemukan cara kreatif untuk menghemat biaya.

Dengan sedikit perencanaan yang matang, maka Anda bisa membuat pernikahan yang indah tanpa harus menghabiskan anggaran secara berlebihan.

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghemat anggaran pernikahan, coba gunakan kalkulator simulasi biaya pernikahan ini:

Berikut ini 6 cara menghemat anggaran dan tips penting yang bisa diterapkan saat akan bernegosiasi dengan vendor.

Punya Anggaran Pernikahan yang Terbatas? Ini 6 Cara Menghematnya

1Miliki Anggaran yang Masuk Akal

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah 4 - aturan penting soal uang - 4 Diskusi tentang Keuangan yang Wajib Dilakukan Setiap Pasangan - 5 Alasan Penting Pendidikan Keuangan Adalah Investasi Terbaik

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah menghitung berapa banyak uang yang akan digunakan dalam pesta pernikahan.

Baca juga: 7 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Bisa Anda Kerjakan dari Rumah

Lakukan hal ini sebelum Anda menemui vendor dan berdiskusi masalah biaya dengan mereka. Mengetahui berapa banyak uang yang akan digunakan akan membantu Anda mengurangi daftar vendor yang sesuai dengan kemampuan.


2Menentukan Prioritas

pasangan - pernikahan - investasi - nabung - Berbicara tentang Keuangan dengan Orangtua Itu Penting, Ini 5 Langkahnya - menikah di gedung atau rumah

Hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan prioritas apa yang paling penting dan mana yang tidak terlalu penting.

Baca juga: Wow! 10 Hal Berharga ini Ternyata Bisa Anda Dapatkan Secara Gratis

Salah satu anggaran yang perlu diprioritaskan antara lain, biaya katering, mahar pernikahan Anda, tenda atau gedung untuk menampung tamu, dan pakaian pernikahan.

Mengetahui apa yang menjadi prioritas akan membantu Anda untuk mengurangi biaya yang tidak terlalu diperlukan untuk berhemat.


3Pertimbangkan Vendor Independen atau Freelancer

5 Cara Berikut Bisa Menghibur Tamu Pesta dengan Anggaran Terbatas - menikah di gedung atau rumah-menikah tanpa bantuan orang tua

Jika dibandingkan dengan vendor perusahaan, menggunakan vendor independen jauh lebih hemat biaya dan perlu Anda pertimbangkan untuk digunakan.

Hal yang paling menarik lagi adalah Anda dan vendor independen bisa berdiskusi lebih intensif agar mendapatkan ide yang sesuai dengan anggaran saat ini.


4Bersikap Fleksibel

3 Manfaat Investasi Saham Buat Masa Depan Anda Selain Bisa Bikin Kaya!

Jika pihak vendor tidak mau bernegosiasi, mungkin Anda bisa menghemat uang dengan bersikap lebih fleksibel.

Sikap yang fleksibel memungkinkan Anda untuk menghemat biaya pernikahan dengan memilih alternatif vendor atau kebutuhan pernikahan yang lebih hemat anggaran.


5Minta Semua Daftar Biaya

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah

Sebelum menyetujui untuk bekerja sama dengan vendor, maka Anda bisa meminta mereka  memberikan daftar harga secara keseluruhan. Dalam beberapa kesempatan mungkin Anda bisa mengurangi biaya yang tidak diperlukan agar lebih hemat anggaran.


6Berdiskusi dengan Sopan dan Hormat

8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah - Jawan 5 Pertanyaan Ini untuk Menilai Kecocokan dengan Pasangan

Saat bernegosiasi dengan pihak vendor pastikan Anda melakukannya dengan sopan agar mereka segan dan lebih bersikap fleksibel.

Mereka pasti akan bersedia menyesuaikan harga untuk para klien yang bersikap hormat dan sopan.

Baca juga: 4 Tips Menikmati Hidup dengan Anggaran Terbatas

Sudahkan Anda mempersiapkan anggaran pernikahan? Apakah salah satu cara di atas sudah dilakukan?

Menerapkan 6 langkah di atas akan sangat membantu untuk menghemat anggaran pernikahan.

Mulailah dengan menetapkan anggaran keuangan, menentukan apa yang menjadi prioritas dalam pesta pernikahan Anda, pertimbangkan vendor independen, bersikap fleksibel, dan berdiskusi dengan sopan dengan pihak vendor.

Sebelum semua hal di atas dilakukan, penting untuk mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk pesta pernikahan.

Jangan hanya menabung untuk mempersiapkan dana pernikahan, terlebih lagi jika pesta tersebut masih dalam rentang 1 atau 2 tahun ke depan. Manfaatkan uang yang Anda miliki untuk berinvestasi agar dana tersebut bisa berkembang dengan lebih baik.

KoinWorks adalah platform investasi yang sangat kami sarankan untuk rentang waktu investasi jangka pendek. Menariknya lagi adalah KoinWorks bisa dimulai dengan modal yang sangat terbatas yaitu sekitar Rp100.000 saja.

Dengan modal yang terbatas tersebut potensi imbal hasil yang bisa didapatkan mencapai 18% per tahun. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih menguntungkan daripada hanya menempatkan dana di rekening tabungan saja.

Kami berharap pembahasan di atas bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda semua. Ingatlah bahwa pesta pernikahan tidak harus dengan modal yang sangat tinggi untuk dilangsungkan.


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.