Membuka usaha adalah salah satu peluang saat ini untuk bisa maju dan sukses. Hal itu di ibangi juga dengan banyaknya modal pinjaman baik dari perbankan ataupun lembaga uang lainnya. Perlu Anda ketahui bahwa saat ini hidup sebagai seorang pegawai tidak lagi menjadi salah satunya pilihan mengingat rasio jumlah pengangguran saat ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia. Sebagai seorang masyarakat yang cerdas tentu Anda bisa melihat banyak peluang bahwa dari pada menginvestasikan hidup Anda sebagai seorang pegawai lebih baik menginvestasikan waktu dan hidup Anda sebagai seorang pengusaha. Selain Anda bisa menjadi bos untuk diri Anda sendiri, Anda juga membantu dalam menyediakan lapangan kerja untuk mereka yang memang jauh sangat membutuhkan dari pada Anda.

Hanya saja ketika berbicara tentang hendak memulai suatu usaha banyak sekali alasan yang berseliweran di otak Anda seperti:

  • Takut meminjam modal karena modal pinjaman yang ada sekarang tidak cukup atau justru sama sekali tidak memiliki modal untuk memulai usaha.
  • Takut memulai usaha karena takut gagal sehingga justru akan menambah masalah baru dalam kehidupan terutama jika Anda sudah berkeluarga.
  • Takut kehilangan posisi pekerjaan yang sekarang sudah lumayan enak.
  • Takut ditipu.
  • Takut tidak berbakat dalam menjalankan usaha.
  • Takut tidak disetujui oleh pihak keluarga.
  • Takut apa kata orang ketika meninggalkan pekerjaan yang sudah mapan hanya untuk membuka usaha yang belum tentu ada untungnya.

Intinya semua alasan itu adalah ketakutan-ketakutan Anda yang belum tentu terjadi. Hal tersebut hanya berupa kemungkinan-kemungkinan saja yang kalau Anda cukup cerdas dan bijak dalam memulai usaha tentu saja bisa dihindari dan diatasi. Lagi pula kebanyakan ketakutan itu malah tidak berdasar seperti takut akan omongan orang atau takut justru menambah masalah baru dalam keluarga. Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan niat awal Anda dalam memulai usaha. Lalu bagaimana dengan ketakutan Anda dalam mencari modal pinjaman?

Kalau hanya sekedar takut bahwa pengajuan modal pinjaman untuk modal usaha, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali solusi pinjaman yang tidak hanya cepat tapi juga mudah dengan jaminan aman serta bunga yang relatif rendah. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah peer to peer lending atau p2p lending. Jenis modal pinjaman ini di Indonesia memang masih relatif baru namun jangan salah sangka, banyak para pengusaha yang sudah membuktikan keunggulan pengajuan pinjaman lewat sistem peer to peer ini. Berikut adalah beberapa keuntungan yang didapat jika Anda mengajukan modal pinjaman lewat sistem peer to peer:

  • Keuntungan pertama adalah sistem peer to peer menggunakan sistem berbasis online atau e-commerce sehingga seluruh proses dari mulai daftar, verifikasi sampai pengucuran dana dapat dilakukan secara cepat dan akurat.
  • Bunga pinjaman yang ditawarkan relatif rendah jika dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.
  • Banyak pilihan jenis modal pinjaman dan salah satu yang paling menguntungkan untuk para pengusaha pemula adalah tidak adanya agunan yang memberatkan seperti kebanyakan lembaga keuangan lainnya.
  • Walaupun sistemnya orang per orang namun lewat sistem peer to peer memungkinkan Anda sebagai debitur untuk meminjam dalam jumlah besar dan tidak perlu bersumber hanya dari satu orang saja.
  • Seluruh sistem peminjaman diatur oleh perusahaan pengelola sehingga Anda tidak perlu pusing-pusing mencari investor karena semua proses pencarian dana yang diajukan dilakukan langsung oleh pihak perusahaan penyedia jasa peer lending.
  • Karena melalui perusahaan penyedia jasa maka Anda juga tidak perlu bertemu langsung dengan investor yang menyediakan modal pinjaman untuk Anda.
  • Dan tentunya sistem peer to peer memiliki risiko yang relatif rendah jika dibandingkan dengan sistem pinjaman

Saat ini di Indonesia sudah lumayan banyak terdapat perusahaan yang menyediakan jasa peer lending. Hal ini dikarenakan orang Indonesia sudah mulai sadar akan pentingnya investasi dan banyak pula masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk berubah haluan menjadi pengusaha karena selain prospek usaha masih sangat banyak, orang Indonesia sudah mulai menyadari bahwa paradigma lama tentang sekolah, lulus, kerja dan jadi pegawai itu sudah tidak penting lagi. Karena tren berwirausaha saat ini juga semakin meningkat terutama di kalangan anak muda sehingga banyak sekali bermunculan jiwa-jiwa kreatif dan peer to peer lending hadir sebagai solusi aman dan terpercaya bagi mereka.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.