Pinjaman syariah kini makin menarik untuk dijadikan metode peminjaman uang. Tak mau kalah dengan lembaga keuangan lainnya, lembaga keuangan syariah juga memiliki produk kredit dengan bentuk kredit tanpa agunan (KTA). Jangan takut dulu atau memiliki pemikiran jika pengajuan atas pinjaman ini akan sulit atau berbelit. Syarat pengajuan kredit di lembaga keuangan syariah ini bisa dibilang relatif sama dengan bank konvensional.

Maka atas dasar itu, mengajukan KTA atau pinjaman syariah kepada lembaga keuangan syariah atau juga sering disebut dengan Kredit Tanpa Agunan Syariah cukup menarik dipertimbangkan jika Anda saat ini membutuhkan dana cepat. Namun ada baiknya Anda melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan KTA yang berasal dari bank konvensional sehingga Anda bisa mengetahui persis seperti apa perbedaannya.

Jika dikatakan beda, sudah tentu beda, karena KTA yang berada di bank konvensional akan menerapkan bunga sebagai bentuk jasa atau imbalan karena telah meminjamkan sejumlah dana yang Anda butuh kan dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Imbalan tersebut akan dihitung lewat persentase yang besarannya akan tergantung dari nilai pinjaman dan jangka waktu pinjaman yang Anda sepakati.

Berbeda halnya dengan KTA yang berasal dari lembaga keuangan syariah atau bank dengan tajuk syariah yang tak mengenal bunga dalam pinjaman syariah. Lalu apa yang dijadikan pengganti bunga di sini? Yang diterapkan pada KTA dengan basis syariah ini adalah dikemas dalam bentuk bagi hasil karena menganut sistem kemitraan. Terlebih lagi ada satu kondisi tambahan yang harus Anda penuhi sebelum dana yang Anda butuhkan dicairkan dari lembaga keuangan syariah atau bank syariah. Yakni uang yang dicarikan akan Anda tuju kan untuk hal-hal yang halal, seperti modal dagang contohnya. Maka dari itu, Anda sebagai calon nasabah wajib hukumnya untuk menyatakan bahwa penggunaan KTA tersebut beserta pemakaiannya harus digunakan untuk hal-hal yang halal.

Keuntungan dari pinjaman syariah ini juga sudah mencakup pembiayaan multiguna di dalamnya. Ini artinya bahwa calon nasabah juga dapat mengajukan KTA untuk berbagai tujuan di luar keperluan bisnis, seperti pergi umrah atau naik haji juga untuk memperoleh barang yang bersifat di luar kendaraan bermotor, seperti bangunan, tanah, dan juga logam mulia. Di samping itu, KTA syariah ini sudah pasti bisa Anda gunakan untuk keperluan usaha.

Berbicara proses, tidak sulit dan bertele-tele dalam mendapatkan pinjaman syariah ini. Dewasa ini sudah cukup banyak lembaga keuangan bertajuk syariah dan juga kemunculan bank syariah yang menawarkan fasilitas pinjaman dana kepada nasabahnya tanpa agunan. Besaran plafon yang ditawarkannya pun cukup bervariasi yang bisa Anda dipilih berdasarkan kebutuhan Anda. Bahkan beberapa bank syariah ada yang siap untuk mengucurkan fasilitas pinjaman KTA dengan nilai di atas Rp 100 juta. Tentunya Anda jangan langsung tertarik untuk mengiyakan tawaran tersebut. Tetap prioritaskan prinsip selektif dan juga kebutuhan Anda, sehingga Anda bisa memaksimalkan keuntungan produk tersebut untuk tujuan dan kebutuhan awal Anda. Merupakan sebuah keharusan bagi Anda untuk membandingkan satu produk pinjaman berbasis syariah ini dari satu bank syariah dengan bank syariah yang lain atau lembaga keuangan yang lain.

Lalu apa keuntungan menggunakan pinjaman syariah ini?

  • Halal: Sudah pasti melakukan pinjaman dana di bank syariah atau lembaga sejenis sudah dijamin kualitas halalnya. Ini adalah tanggapan dari sebagian orang yang merasa sensitif atau enggan meminjam di bank konvensional karena di dalam pinjamannya menerapkan sistem bunga yang diharamkan dalam Islam. Jika Anda salah satunya, maka melakukan peminjaman dana di bank syariah bisa menjadi solusi yang tepat.
  • Fasilitas yang sama dengan bank konvensional: Fasilitas yang ditawarkan oleh bank syariah atau lembaga syariah ini juga tak kalah menarik dan juga lengkap dibandingkan dengan bank konvensional. Bisa dikatakan hampir semua bank syariah di Indonesia memiliki fasilitas yang memudahkan nasabahnya dalam hal bertransaksi. Misalnya Anda akan menemukan kemudahan dalam pembayaran cicilan, fitur internet banking, dan lain sebagainya.

Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks



Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.