Apa Itu Viral Marketing dan Manfaatnya Bagi Bisnis Online Anda? – Fenomena fidget spinner masih hangat terjadi di luar sana. Fidget spinner dengan cepat menggebrak dan mendapatkan popularitas di internet bagaikan kilat.

Padahal, fidget spinner awalnya dirancang untuk membantu anak atau siswa sekolah yang memiliki gangguan atensi seperti ADD. Ahli mengatakan bahwa adanya sesuatu yang menyibukkan tangan dapat membantu meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Namun, perangkat kecil tersebut dengan cepat diserap oleh masyarakat umum, dan tidak heran bila kita ramai menemukannya, bahkan digunakan oleh orang dewasa, dengan berbagai bentuk dan warna.

Popularitas fidget spinner, yang dimulai dari internet, tak lepas dari adanya pergerakan viral marketing di baliknya. Jadi, apa itu sebenarnya viral marketing? Mari temukan jawabannya.

Apa Itu Viral Marketing?

Apa Itu Viral Marketing - memanfaatkan viral marketing untuk bisnis online
Viral Marketing

Viral marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang mendorong individu untuk menyampaikan sebuah pesan pemasaran kepada individu lainnya sehingga menciptakan potensi pertumbuhan eksponensial dalam paparan dan pengaruh pesan pemasaran tersebut.

Layaknya sebuah virus, strategi viral marketing memanfaatkan perkalian cepat untuk melontarkan pesan ke ribuan individu, bahkan jutaan.

Baca Juga: Cara Menggunakan Cross-Selling Dan Upselling Untuk Memaksimalkan Penjualan Online

Bila dalam strategi marketing tradisional kita sering mendengar istilah “mulut ke mulut”, hal serupa juga kita kenal dalam dunia internet dengan istilah viral marketing, atau creating a buzz, leveraging the media, hingga network marketing.

Melihat fenomena fidget spinner, entah pernah mencobanya atau tidak, menawarkan studi kasus yang sangat berharga mengenai bagaimana internet memiliki kekuatan untuk membuat sesuatu menjadi viral dan bagaimana bisnis online Anda dapat mengeksplor viral marketing untuk mencakup lebih banyak orang.

Jadi Bagaimana Sebenarnya Viral Marketing Tercipta?

Begini alur kerjanya:

  1. Seseorang mendapatkan ide/gagasan.
  2. Gagasan tersebut menimbulkan reaksi pada orang tersebut (ini kuncinya).
  3. Seseorang (rela atau enggan) membantu menyebarkan ide tersebut.
  4. Lebih banyak orang mendapatkan ide tersebut.
  5. Setiap orang baru berpotensi untuk bereaksi terhadap ide tersebut dan membantu menyebarkannya ke yang lain.
  6. Prosesnya berulang dengan sendirinya, begitu seterusnya hingga menjadi viral.

Mudah untuk melihat bagaimana pertumbuhan ini dapat terjadi secara eksponensial – dan menyebar layaknya sebuah  virus – namun ide tersebut tidak akan terus menyebar dari orang ke orang bila tidak dapat menarik reaksi dari orang lain.

Baca Juga: Bagi Pemilik Bisnis Online, 5 Tips Ini Bisa Meningkatkan Penjualan

Selama ide tersebut dapat dipercaya dan mampu mendorong orang untuk bereaksi dan bertindak, ide tersebut dapat terus menyebar hingga mengubah cukup banyak orang sekaligus mempengaruhi orang-orang yang awalnya tahan terhadap pengaruh dari ide tersebut.

Sama halnya seperti tren, di mana orang-orang yang menganggapnya biasa saja di awal, akan terpengaruh juga untuk menggunakannya bila orang-orang di sekitarnya sudah mulai mengadopsinya dalam kehidupan sehari-hari.

Via Giphy
Dari kasus fidget spinner, bagaimana viral marketing dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan popularitas dan penjualan bisnis online Anda? Beberapa hal di antaranya adalah:

  1. Tag teman di postingan media sosial yang mengandung brand/produk Anda.
  2. Aktif mempublikasikan postingan mengenai brand/produk dalam bentuk yang unik di media sosial.
  3. Bekerja sama dengan influencer/publisher untuk membantu pemasaran produk/brand Anda.
  4. Membuat meme yang lucu terkait brand/produk Anda.
  5. Polarisasi dan dorong orang-orang untuk membagikan opini yang berbeda-beda terhadap brand/produk Anda.
  6. Gunakan strategi “mulut ke mulut” secara offline mengenai brand/produk Anda.

Viral marketing sangat berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Jadi, bagaimana cara memanfaatkan viral marketing untuk bisnis online?


Strategi Memanfaatkan Viral Marketing untuk Bisnis Online

1. Menyadari Tren Seperti Fidget Spinner Jauh Dari Awal

fidget spinner - apa itu viral marketing

Untuk memperbutkan tren viral yang sudah ada, timing adalah segalanya. Ketika seseorang pertama kali bertemu dengan sebuah ide dan ingin mempelajarinya lebih lanjut, biasanya hal pertama yang dilakukannya adalah mencari informasinya lewat Google.

Baca Juga: Butuh Modal Usaha Untuk Bisnis Online? Coba Ajukan Melalui Platform P2P Lending

Semakin menarik sebuah topik, semakin tinggi tingkat pencariannya di mesin pencari seperti Google. Dan itu sangat normal karena itulah yang sebenarnya terjadi.

Ada dapatkan mencari tahu tren pencarian terkini menggunakan Google Trends. Anda bahkan bisa mencari tingkat popularitas pencarian untuk kata kunci tertentu.

2. Mulai Menjual Produk yang Terbilang Viral

membeli pada saat diskon

Tidak ada salahnya untuk mengadopsi produk viral dalam bisnis online Anda. Produk viral biasanya bersifat musiman, jadi jangan berharap untuk bisa menjualnya dalam jangka panjang. Masih ingat dengan tren cincin batu akik?

Cincin dengan batu alam yang awalnya akrab untuk golongan orang tua kemudian digunakan juga oleh anak-anak muda, bahkan anak kecil sekalipun.

Seiring berjalannya waktu, tren tersebut pun mulai ditinggalkan terlebih karena adanya tren baru yang bermunculan. Internet membuat semuanya menjadi sangat cepat populer, dan sangat cepat pula ditinggalkan. Jadi, jangan terlalu fokus pada jenis produk yang viral.

Baca Juga: Persiapan dan Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Menjelang Ramadhan dan Lebaran

Peka terhadap perkembangan tren dan selalulah siaga dengan adanya produk viral baru. Kemudian adopsi lagi produk tersebut untuk meningkatkan penjualan bisnis online Anda.

3. Manfaatkan Penjualan Secara Offline Melalui Tren Online

ekspansi bisnis

Bila Anda memiliki sebuah lapak offline untuk berjualan, manfaatkan tren online yang sedang hangat saat berjualan.

Ada kalanya seseorang yang hendak berjalan ke rumah dan kebetulan melewati toko Anda yang sedang menjual produk viral yang sedang tren, mereka biasanya tidak berpikir dua kali untuk membelinya dari Anda. Apalagi karena mereka bisa melihatnya langsung.

4. Berkreasilah dengan Konten yang Berhubungan dengan Tren

strategi ojk memperluas akses keuangan - investasi online p2p lending

Content is the king. Konten yang baik akan selalu mampu menarik perhatian hingga mampu mengubah pengunjung menjadi pelanggan.

Melalui konten mungkin menjadi salah satu yang paling mudah. Konten juga bisa sangat mudah diakses oleh siapa saja. Oleh karena itu, buatlah konten yang sekreatif mungkin yang berhubungan dengan tren terkini.

Baca Juga: 5 Langkah Membuat Bisnis Online Menjadi Lebih Digital di Era Teknologi

Semakin kreatif konten yang Anda buat untuk bisnis online Anda, semakin banyak orang yang bisa Anda tarik untuk mengunjungi website Anda, dan semakin berpotensi bisnis online Anda untuk menarik lebih banyak pelanggan baru.


Jangan Lupa Bahwa Mengadopsi dan Memanfaatkan Tren Baru Mungkin Membuat Anda Butuh Modal Bisnis Tambahan

Modal bisnis tambahan selalu berguna untuk meningkatkan kegiatan operasional penjualan, menerapkan strategi marketing, terutama untuk melakukan ekspansi bisnis, sehingga ada kalanya Anda harus menjaga arus kas yang ada saat ini dengan modal tambahan.

Bila Anda sudah siap memanfaatkan viral marketing untuk bisnis online Anda, mungkin modal bisnis tambahannya belum siap. Jangan ragu untuk mengajukan pinjaman online lewat KoinWorks dengan akses yang mudah dan cepat, tanpa jaminan, dengan bunga rendah mulai dari 0,75% – 1,67% per bulan.

Ajukan Pinjaman


Referensi:

– “The Six Simple Principles of Viral Marketing.” Insights for Online Merchants. Diakses tanggal 04 Juli, 2017. http://www.practicalecommerce.com/viral-principles.
– “What the Fidget Spinner Craze Can Teach You About Viral Marketing.” Shopify. Diakses tanggal 04 Juli, 2017. https://www.shopify.com/blog/fidget-spinners-and-viral-marketing.
– Willingham, AJ. “All your questions about fidget spinners, answered.” CNN. May 05, 2017. Diakses tanggal 04 July, 2017. http://edition.cnn.com/2017/05/05/health/fidget-spinners-what-is-trnd/.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.