Apa Pentingnya Mengotomasikan Investasi? Tips Berinvestasi Secara Otomatis – Di era yang serba digital seperti sekarang, satu per satu kegiatan harian sudah bisa diotomasikan secara digital. ba

Mulai dari mengirimkan pemberitahuan lewat email atau SMS apabila esok hari hujan, menyimpan foto secara otomatis dari smartphone ke layanan penyimpanan cloud, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Kebutuhan yang berkaitan dengan dunia finansial pun tak lepas darinya. Termasuk investasi, di mana sekarang Anda bisa mengotomasikan investasi Anda.

Khusus di KoinWorks, layanan P2P Lending ini sudah cukup lama menyediakan fitur auto purchase yang memungkinkan setiap investor untuk mengotomasikan investasinya.

Setelah meluncurkan fitur auto purchase versi pertama, ada banyak sekali pengguna yang langsung menggunakannya.

Baca Juga: Sering Kehabisan Loan untuk Didanai? Gunakan Fitur Auto Purchase

Ditambah lagi fitur Multi Auto Purchase (v2) yang beberapa bulan lalu diluncurkan dengan pembaharuan yang pastinya membuatnya semakin canggih, makin banyak pengguna yang antusias dalam menggunakannya.

Mengapa? Karena mengotomasikan investasi dianggap penting! Seperti apa?

Apa Pentingnya Mengotomasikan Investasi?

Pilihan investor untuk mengotomasikan investasi mereka mungkin perlu ditinjau lebih lanjut. Mengapa? Mereka harusnya memilih untuk berinvestasi secara manual karena yang terlibat haruslah analisa yang mendalam sebelum berinvestasi agar tidak merugi.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks?

Kalau pun harus rugi, maka agar kerugiannya tidak terlalu besar dan sesuai dengan risk tolerance yang sudah ditentukan sebelumnya. Dari sekian banyak hal yang bisa jadi alasan, berikut mengapa pentingnya mengotomasikan investasi:

1. Menghemat Waktu

bunga Diatas Deposito - debt stacking - investasi jangka pendek

Banyak orang yang memiliki banyak urusan di luar investasi. Meski sibuk jadi sering kali mereka tidak memiliki cukup waktu untuk menginvestasikan uangnya, dan mereka tetap ingin berinvestasi karena sadar betul bagaimana pentingnya berinvestasi.

Sebagai contoh sederhana, mengotomasikan investasi akan sangat menghemat waktu dan efisien dibandingkan melihat setiap aspek secara manual.

Baca Juga: Investasi Rp 100.000 Setiap Hari, Bagaimana Keuntungannya Setelah 10 Tahun?

Sederhananya, investor mendapatkan keuntungan dengan meminimalisir konsentrasi ke urusan investasi namun tetap bisa melihat pertumbuhan investasi tersebut.

Mereka memutuskan untuk mengotomasikan investasinya karena dianggap bisa menghemat waktu. Dengan begitu, mereka bisa mengerjakan hal-hal lain yang ada dalam kegiatan hariannya tanpa melewatkan kesempatan berinvestasi. Pada akhirnya, kegiatan harian dan investasi bisa berjalan dengan baik.

2. Membantu Menahan Diri

7 Pertanyaan yang Harus Dijawab Sebelum Mengajukan Pinjaman Modal Usaha

Terkadang, misalnya di pasar saham, fluktuasi harga saham membuat orang cenderung ragu memutuskan apakah ingin membeli atau menjual sahamnya.

Di P2P Lending KoinWorks, investor bisa saja ragu untuk menentukan grade yang tepat untuk diinvestasikan berdasarkan risk tolerance-nya.

Dari dua contoh tersebut, sang investor terbawa untuk terus membeli/berinvestasi (atau menjual) dan membuat deretan keputusan yang keliru terhadap investasinya. Bila terus begitu, kerugian pun mau tidak mau harus ditanggung.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Dengan mengotomasikan investasi, investor dapat membantu mengendalikan diri sendiri dengan menentukan preferensi investasi sedari awal dan membiarkan teknologi yang bekerja untuknya.

Dengan begitu, investasinya bisa tetap sesuai keputusannya tanpa harus menghabiskan uang untuk sesuatu yang bukan merupakan intensinya sedari awal.

3. Salah Satu Metode Terbaik untuk Mengelola Investasi

investasi perkembangan perekonomian indonesia

Dalam dunia investasi, menciptakan portofolio investasi yang low risk – high return menjadi dambaan setiap investor karena high risk – high return dan sebaliknya merupakan prinsip dasarnya.

Baca Juga: Investasi Fintech Lending: Praktik Terbaik dalam Berinvestasi di Peer to Peer Lending

Mengotomasikan investasi berarti menghindarkan Anda dari beragam keputusan yang keliru ketika berinvestasi.

Karena, dengan menentukan preferensi dan membiarkan teknologi yang bekerja untuk Anda, itu artinya keterlibatan sisi emosional yang dapat mempengaruhi keputusan investasi Anda dapat semakin diminimalisir.

Jadi, bagaimana tips berinvestasi secara otomatis?

1. Tentukan Risk Tolerance

kapasitas risiko investasi - investasi yang low-risk

Apakah keuntungan yang Anda kejar dalam investasi yang Anda pilih sudah sesuai dengan risiko yang harus Anda tanggung? Seberapa besar kerugian yang bisa Anda tanggung untuk mendapatkan keuntungan tersebut?

Untuk selengkapnya silakan baca artikel berikut:

Cara Berinvestasi Sesuai Dengan Risk Tolerance

2. Diversifikasikan Investasi Anda

strategi diversifikasi usaha

Diversifikasi merupakan salah satu hal yang harus diterapkan oleh setiap investor. Kenapa? Dengan mendiversifikasikan investasi itu artinya seorang investor meminimalisir potensi kerugian yang harus ditanggungnya.

Dan pernah mendengar nasihat bahwa, “jangan taruh seluruh telur ke dalam satu keranjang”? Itulah prinsip dasar diversifikasi, dan jangan pernah mengalokasikan seluruh dana investasi Anda pada satu instrumen investasi atau saham atau pinjaman dan sebagainya.

Agar Anda bisa lebih memahami teknik diversifikasi, silakan baca artikel berikut:

Permudah Diversifikasi Portofolio Investasi Anda dengan 5 Langkah Penting Berikut

3. Usahakan untuk Menciptakan Portofolio yang Low Risk – High Return

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Investasi yang high risk – high return dan sebaliknya sudah sangat biasa dan sangat wajar adanya dalam setiap instrumen investasi.

Namun, demi mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, bagaimana caranya agar menciptakan portofolio investasi yang low risk namun mampu menghasilkan high return?

Baca artikel berikut untuk lebih jelasnya:

Bagaimana Caranya Menciptakan Portofolio Investasi yang Low-Risk, High Return?

4. Gunakan Fitur Multi Auto Purchase

Multi Auto Purchase

Sekarang saatnya mengotomasikan investasi Anda! Di KoinWorks, Anda bisa mulai menggunakan fitur multi auto purchase yang tersedia di halaman Telusuri.

Dengan menentukan preferensi investasi dan nominal yang hendak diinvestasikan secara otomatis, Anda kemudian bisa mengerjakan hal lain dan melihat perkembangan investasi Anda setelahnya.

Baca: Cara Menggunakan Fitur Multi Auto Purchase KoinWorks

Tentu saja Anda masih bisa masuk ke dalam akun Anda dan berinvestasi secara manual, atau sekedar melihat perkembangan portofolio investasi Anda di dalam lender dashboard.

Dan jangan lupa bahwa apabila Anda berinvestasi sedini mungkin, Anda juga akan menikmati manfaat luar biasa dari efek compounding (baca selengkapnya tentang efek compounding).

Baca Juga: Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Investasi

Sebagai gambaran, silakan gunakan kalkulator berikut untuk menghitung sendiri bagaiamana efek compounding memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap keuntungan investasi Anda dalam jangka panjang di masa mendatang:


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Future Value:
Bunga Keuntungan:

Nah sekarang, apakah Anda masih ragu bagaimana investasi yang diotomasikan dapat memberikan Anda keuntungan tersendiri?

Itulah pentingnya mengotomasikan investasi dan beberapa tips berinvestasi secara otomatis yang bisa Anda terapkan dari sekarang. Selamat berinvestasi!




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?