Home Daily Atur Budget Mudik Lebaran 2020, Yuk Siapkan Sekarang Juga!

Atur Budget Mudik Lebaran 2020, Yuk Siapkan Sekarang Juga!

Atur Budget Mudik Lebaran 2020, Yuk Siapkan Sekarang Juga! – Salah satu pos pengeluaran menjelang Lebaran yang patut diantisipasi adalah membeli tiket transportasi atau menyewa kendaraan untuk mudik.

Ya, mudik memang sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan di Indonesia. Karenanya, di kala Lebaran, jangan heran apabila jalanan ibukota jadi kosong melompong.

Nah, bagi kamu yang sudah memiliki rencana untuk mudik Lebaran di tahun 2020 kali ini, berhati-hatilah. Akan ada pengeluaran ekstra apabila kamu tidak mengatur perencanaan keuangan terlebih dahulu.

Walaupun pada situasi pandemi COVID-19 ini, sempat ada kekhawatiran bahwa masyarakat tidak diizinkan melakukan migrasi ke kampung halaman (alias mudik) saat Lebaran di bulan Mei 2020.

Tapi, tidak ada salahnya untuk menyiapkannya mulai dari sekarang bukan? Bahkan, jika transportasi mudik yang digunakan adalah kereta api, kamu harus mempersiapkan 90 hari sebelumnya.

Selain harus mengeluarkan uang tambahan untuk transportasi, kamu juga harus menyadari bahwa ada 5 hal lainnya yang bikin pengeluaran bertambah. Karenanya, Anda harus menyiapkan uang lebih demi menghindari keborosan.


Atur Budget Mudik Lebaran 2020, Yuk Siapkan Sekarang Juga!

1
Pos Transportasi

7 Peluang Bisnis Menjanjikan di Bulan Ramadhan yang Bisa Anda Coba - mobil

Bagi kamu yang berencana untuk menyewa atau membawa kendaraan sendiri, kamu harus mengetahui bahwa ada biaya-biaya lain yang akan dikeluarkan. Biaya paling utama adalah bensin.

Siapkanlah uang lebih untuk dialokasikan ke bahan bakar, terutama bagi kamu yang akan menjalani perjalanan jauh. Selain bahan bakar, siapkan juga biaya untuk membayar tol, parkir, dan servis kendaraan.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran? Siapkan 3 Jurus Keuangan Berikut ini!

Selama perjalanan, kamu juga harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan di jalan. Belum lagi, biaya akan makin bertambah untuk membeli makanan apabila kamu sudah berkeluarga dan memiliki anak.

Namun, jika kamu berencana untuk naik transportasi umum seperti kereta, bus, atau pesawat. Ini menjadi lebih mudah karena kamu tidak perlu memikirkan biaya bensin, parkir, dan juga servis kendaraan.


2
Pos Dana Darurat

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Walaupun hanya mudik, sudah seharusnya kamu menyisihkan uang untuk dana darurat. Pos keuangan yang satu ini bisa kamu manfaatkan untuk membeli kebutuhan mendadak, termasuk obat-obatan dan biaya rawat inap jika (mungkin) diharuskan ke rumah sakit.

Tapi, jika kamu memiliki riwayat kesehatan yang tidak terlalu baik, kamu bisa membuat pos kesehatan di luar dari pos dana darurat supaya dana yang disiapkan bisa lebih banyak.

Baca juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Dengan adanya dana darurat, kamu tidak perlu mengkhawatirkan bila sewaktu-waktu kamu kehabisan budget di pos keuangan lainnya.

Namun, apabila tidak ada pengeluaran mendadak yang harus dipenuhi, kamu bisa menyimpannya hingga akhir perjalanan mudik.


3
Pos Akomodasi

5 Tips Hemat Banyak Uang Saat Membeli Perabot Rumah

Penting sekali untuk menyiapkan biaya untuk akomodasi atau penginapan saat pulang ke kampung halaman. Baik hotel atau rumah penginapan yang bisa dihuni sekeluarga, semuanya butuh dana khusus.

Tapi, kalau kamu memiliki rumah tinggal di kampung halaman yang memang disediakan ketika mudik, kamu mungkin tidak perlu memikirkan hal ini.

Bahkan, kamu bisa mengalokasikan biaya pada pos akomodasi ini ke pos lain yang lebih membutuhkan banyak biaya, seperti pos transportasi atau kesehatan.


4
Tunjangan Hari Raya

5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

Berkumpul bersama keluarga sambil bersilaturahim bersama saudara-saudara juga menjadi hal yang paling dirindukan di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Bagi yang sudah menikah, siap-siap menguras dompet. Siapkanlah sejumlah dana untuk memberikan THR alias Tunjangan Hari Raya untuk saudara dan keponakan di kampung halaman.

Kamu juga perlu mengalokasikan uang untuk membeli berbagai kue kering atau santapan Lebaran yang akan disajikan, seperti rendang, ketupat, sambal ati, opor ayam, dan sebagainya.


5
Pos Rekreasi, Makan, dan Jajan

Wahai Para Jomlo, Ini 7 Kegiatan Seru yang Bikin Valentine Tetap Berkesan

Momen Lebaran memang paling seru jika dihabiskan bersama dengan keluarga dan sanak saudara. Jika bosan hanya berkumpul di rumah saja, kamu bisa mengajak mereka untuk mengunjungi tempat wisata.

Nah, untuk hal ini, mau tak mau isi dompet kamu terpaksa harus dikuras. Kamu harus siap-siap bila diminta untuk membayar biaya transportasi, tiket masuk tempat wisata, makanan, bahkan hingga jajan di sana.

Baca juga: Pulihkan Keuangan Kamu Pasca Lebaran, Siapkan Cara dari Sekarang!

Pos ini biasanya mengambil bagian paling besar dalam anggaran atau budget mudik. Jumlahnya juga kian melampaui batas. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menyusun perencanaaan keuangan (budget) mudik sebaik-baiknya.


Persiapkan Sekarang Juga

5 Tips Sukses Berbisnis Parsel Lebaran Jelang Ramadhan 2018

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa bikin pengeluaran membengkak kala mudik Lebaran, saatnya kamu mengetahui bagaimana caranya mempersiapkan dana tambahan.

Pertama, kamu bisa berhemat dengan memangkas pengeluaran sehari-hari. Jangan lupa untuk menabung secara rutin.

Kedua, cari sumber pemasukan lain. Misalnya, dengan menjadi pekerja lepas atau mendapatkan penghasilan tambahan dengan menulis blog.

Ketiga, rutinlah berinvestasi. Dengan berinvestasi, kamu bisa menambah nilai uang dari waktu ke waktu. Selain investasi di reksa dana, emas, atau properti. Kamu bisa mencoba pendanaan di KoinWorks, kamu bisa mulai mendanai hanya dengan nominal Rp100.000.

Bukan hanya memungkinkan kamu bisa membayar bensin, memberikan THR, memenuhi biaya rekreasi, dan sebagainya, kamu juga bisa memenuhi tujuan jangka panjang yang sudah kamu rencanakan.

Misalnya, ingin mencicil rumah, mempersiapkan biaya pernikahan, merintis bisnis sendiri, mempersiapkan dana pensiun, hingga menabung untuk dana darurat.

Perlu diingat, maksimalkan keuntungan investasi kamu dengan memanfaatkan efek compounding, di mana bunga yang diperoleh dari investasi akan diinvestasikan kembali sehingga menghasilkan bunga lagi. Bisa dikatakan, bunga berbunga.

Yuk, jangan sampai kamu tidak memiliki pemasukan lebih saat Lebaran karena hal tersebut hanya akan membuat kondisi keuangan kamu tidak sehat.

Selamat menyambut bulan Ramadhan dan selamat memiliki pemasukan tambahan! Dan, semoga wabah COVID-19 ini cepat usai sehingga kamu sekeluarga bisa mudik ke kampung halaman.



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X