7 Aturan Keuangan Untuk Usia 30 Tahun, Jangan Sampai Bangkrut

·
4 menit
4 Cara Pintar Mengelola Keuangan untuk Pemula

7 Aturan Keuangan Untuk Usia 30 Tahun, Jangan Sampai Bangkrut – Pada usia 30 tahunan biasanya seseorang sudah memasuki masa-masa untuk menuju kemapanan secara finansial.

Di usia 30 tahunan juga seseorang memiliki lebih banyak tanggungan yang perlu dibiayai, mulai dari istri, anak yang baru lahir, dan mulai memikirkan rencana untuk mempersiapkan dana pendidikan anak.

Baca juga: 12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai

Memiliki rencana keuangan yang matang dan mampu memprioritaskan pengeluaran menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan memberikan bocoran tentang aturan keuangan yang perlu diterapkan pada usia 30 tahun. Simak penjelasannya di bawah ini.

7 Aturan Keuangan Untuk Usia 30 Tahun

Prioritaskan Pengeluaran Setiap Bulan

cara berhemat yang salah - berhemat di bulan puasa - pengeluaran sehari-hari

Ini meruakan aturan keuangan untuk usia 30 tahun yang sangat bermanfaat untuk Anda. Ya, Anda dan pasangan pasti sudah memiliki tujuan dan rencana keuangan di masa depan. Buatlah sebuah daftar prioritas yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya.

Memiliki daftar pengeluaran yang diprioritaskan akan membantu Anda untuk tidak melakukan pemborosan setiap bulannya.

Beberapa prioritas pengeluaran yang perlu Anda miliki adalah mempersiapkan dana pendidikan anak-anak, menambah jumlah investasi untuk masa depan, dan rencana merenovasi rumah.


Tingkatkan Dana Darurat Anda

mempersiapkan dana darurat - emergency fund

Usia 30 tahun membuat Anda memiliki pengeluaran bulanan yang lebih besar dibandingkan saat masih melajang dan belum memiliki tanggungan.

Itu artinya dana darurat yang perlu dipersiapkan menjadi lebih besar untuk menutupi biaya hidup saat Anda kehilangan penghasilan suatu waktu.

Baca juga: 4 Jenis Investasi yang Harus Dicoba Sebelum Memasuki Usia 30 Tahun

Saat sudah berumah tangga dan memiliki anak, sebaiknya menyimpan dana darurat sebesar 12 kali pengeluaran bulanan Anda saat ini.

Dana darurat ini sangat bermanfaat saat Anda kehilangan pekerjaan, mengalami masalah kesehatan yang tidak memungkinkan Anda bekerja, dan masalah lainnya.


Segera Lunasi Utang yang Berbunga Tinggi

12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai (6) - utang - kartu kredit

Jangan biarkan diri Anda dan keluarga terbebani dengan utang yang menumpuk di usia 30 tahunan. Segera prioritaskan pengeluaran untuk melunasi utang-utang tersebut dan jangan dibiarkan terus meningkat karena beban bunga yang ada.


Penting Memiliki Asuransi Kesehatan

medical checkup - checkup medis - periksa kesehatan

Anda tentu tidak pernah tahu masalah kesehatan yang suatu saat menimpa di masa depan. Apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit yang beresiko seperti jantung, kanker, dan diabetes.

Jangan tunda untuk memiliki asuransi kesehatan, segera ajukan diri Anda untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang mampu melindungi diri dari biaya pengobatan yang besar dan mengganggu keuangan keluarga.


Miliki Asuransi Jiwa

asuransi

Jika hanya Anda yang memiliki pendapatan di dalam keluarga, maka kebutuhan akan asuransi jiwa menjadi penting d isini. Asuransi jiwa yang dimiliki bisa melindungi keluarga Anda dari kehilangan sumber pendapatan utama.

Tidak hanya asuransi jiwa saja yang perlu dipersiapkan, Anda juga bisa mulai mempersiapkan rencana investasi untuk masa depan keluarga.

Baca juga: 4 Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

Saat ini ada banyak sekali instrumen investasi yang bisa dimulai hanya dengan bermodalkan uang mulai dari Rp100.000 saja. Salah satunya adalah KoinWorks yang menawarkan tingkat imbal hasil mulai dari 18% bunga efektif setahun.

KoinWorks merupakan konsep investasi peer to peer lending yang artinya Anda selaku pemodal ikut membantu UMKM yang ingin mengembangkan usaha.

Dengan konsep ini bukan hanya Anda yang diuntungkan dengan bunga yang kompetitif, tetapi juga para pelaku usaha kecil yang usahanya berkembang karena adanya tambahan modal usaha dari Anda.


Rencanakan Biaya Pendidikan Anak

biaya pendidikan anak - koinworks

Pendidikan yang berkualitas merupakan salah satu kebutuhan yang perlu Anda sediakan untuk anak-anak. Dengan pendidikan yang baik, anak-anak Anda mampu memiliki kompetensi yang memungkinkan mereka bersaing di dunia kerja.

Hal yang perlu Anda pikirkan adalah dana pendidikan akan terus meningkat setiap tahunnya. Jadi, dana tersebut akan membengkak saat Anda tidak mempersiapkannya sejak dini.

Apalagi jika Anda memiliki keinginan agar anak-anak untuk berkuliah di fakultas yang berbiaya mahal seperti Kedokteran dan Teknik.

Pendidikan yang kami maksudkan di sini tidak hanya perguruan tinggi saja, tetapi juga beberapa kursus yang bisa mengasah keterampilan mereka.

Mulai dari belajar mengaji, belajar bahasa inggris, menekuni aktivitas bela diri, les alat musik, dan apapun yang anak Anda sukai.


Gunakan Kartu Kredit dengan Bijaksana

Gestun (Gesek Tunai), Metode Pencairan Dana Tunai Kartu Kredit - 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak

Banyak masyarakat yang terjebak dengan kemudahan kartu kredit yang diberikan oleh pihak perbankan. Banyak mereka yang kalap dan menggunakan kartu kredit untuk berbagai keperluan yang tidak bermanfaat.  

Hal yang jarang disadari adalah utang tersebut akan menumpuk dan akan mengganggu arus pengeluaran bulanan keluarga. Apalagi jika Anda terlambat dalam melakukan pembayaran bulanan, tentu saja ada tambahan biaya yang harus Anda tanggung.

Kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Namun, jika Anda sudah terlanjur memilikinya, sebaiknya gunakan dengan bijak dan tidak berlebihan.

Tanamkan pola pikir bahwa kartu kredit bermanfaat untuk memudahkan berbelanja, bukan sebuah kartu tunai yang membuat Anda bisa bebas berbelanja tanpa batas.

Menerapkan 7 aturan keuangan untuk usia 30 tahun di atas membutuhkan konsistensi dan kedisiplinan dari dalam diri Anda. Terapkan 7 aturan secara bertahap sampai Anda mampu menerapkan semua aturan tersebut.

Dengan demikian, Anda telah mampu mengelola keuangan di usia 30 tahunan dengan baik dan bijak. Jangan lupa investasi juga, ya.

Sebab investasi penting untuk dilakukan di semua tahapan usia, tidak peduli Anda karyawan yang baru bekerja atau orang tua yang mulai memasuki usia 50 tahun. Semoga bermanfaat!

Wahyu Utama
Freelance Content Writer

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih