Ada banyak instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk berinvestasi yang menguntungkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Saat ini teknologi bernama Augmented Reality atau AR sedang menjadi booming sekali akibat dari game yang sedang membuat dunia demam saat ini, yakni Pokemon Go yang mengandalkan teknologi AR ini. AR sendiri adalah bentuk penyempurnaan dari teknologi sebelumnya yaknit virtual reality. AR atau bisa diartikan realitas tambahan menggunakan keadaan asli sebagai background dari teknologi tersebut.

Teknologi AR Untuk Investasi Teknologi

Teknologi AR sebenarnya bukan hal baru. Ponsel Symbian generasi awal memiliki game yang membasmi atau menembak nyamuk atau virus yang beterbangan dan background dari game tersebut adalah lingkunga asli. Nah, gambarannya begitu tentang teknologi AR. Atau jika Anda saat ini bermain Pokemon Go, Anda juga bisa melihat teknologi ini diterapkan ketika hendak menangkap Pokemon dimana seakan-akan Pokemon yang akan ditangkap merupakan mahluk asli di dunia nyata.

Jadi, teknologi ini bukan hal baru sebenarnya. Anda juga bisa melihat contoh teknologi ini ketika melihat siaran olahraga seperti pertandingan bulu tangkis atau sepakbola. Di layar TV, Anda bisa melihat iklan yang ada di lapangan bulu tangkis atau sepakbola tersebut padahal kenyataannya jika Anda lihat di lapangan, tidak ada apa-apa di sana. Itulah gambaran sedikit bagaimana teknologi ini dikembangkan untuk berbisnis seperti iklan. Oleh sebab itu, wajar jika banyak perusahaan yang melakukan promosi dengan teknologi ini.

Benar, kecanggihan yang ditawarkan oleh teknologi AR ini menjadi daya tarik serta strategi tersendiri bagi pemilik bisnis yang ingin mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. Sedangkan wujudnya, ketika teknologi ini diterapkan atau divisualisasikan, bisa bermacam-macam. Ada yang menggunakan teknologi ini saat launching suatu produk ada juga yang lain seperti untuk menyediakan informasi sebuah objek tertentu. Jadi, teknologi ini benar-benar bisa dijadikan investasi untuk masa depan.

Teknologi AR dan Peluang Investasi di Indonesia dan Luar Negeri

Di Indonesia sendiri, teknologi AR sudah ada dari beberapa waktu lalu bahkan dari tahun 2009. Ada perusahaan yang memang fokus mengembangkan produk ini dari dulu. Awalnya, untuk mengenalkan teknologi ini pada perusahaan lain untuk melakukan promosi atau hal lainnya untuk bisa mendapatkan banyak konsumen memang susah dikarenakan belum pahamnya para perusahaan tentang manfaat teknologi AR ini. AR sendiri pada dasarnya bisa meningkatkan brand awareness bagi setiap perusahaan yang menggunakannya.

Untuk peluang investasi dari teknologi AR di Indonesia sendiri sangat tinggi bahkan setiap tahun bisa terus meningkat hingga 50% dari tahun sebelumnya. Artinya, saat ini mulai banyak perusahaan yang sadar akan manfaat teknologi AR untuk bisnis atau perusahaan mereka. Hal ini dikarenakan teknologi AR bisa mengkreasikan tampilan sebuah produk atau jasa sangat menarik karena adanya penggabungan kreativitas serta teknologi yang dikemas secara menarik.

Bahkan dikatakan bahwa tidak hanya didalam negeri saja melainkan juga di luar negeri potensi investasi teknologi AR ini sangat besar. Itu terjadi karena baik di Indonesia maupun di luar negeri, penggunaan teknologi AR untuk brand atau memasarkan produk sama. Tidak ada yang berbeda dari penggunaan AR di Indonesia dan luar negeri. Oleh sebab itu, pasarnya sangat terbuka lebar baik dalam maupun luar negeri. Tinggal bagaimana cara memasarkan dan meyakinkan para klien untuk bisa menerima teknologi AR ini.

Bahkan dikatakan bahwa pasar teknologi AR ini jauh lebih besar berada di luar negeri dari pada di dalam negeri. Hal ini dikarenakan tingkat pemahaman klien terhadap teknologi AR. Di luar negeri, klien dari teknologi ini memahami dengan baik manfaatnya. Mereka juga bisa dengan mudah diajak komunikasi dan kerjasama dibandingkan dengan klien di dalam negeri. Tentu ada beberapa alasan yang mendasari hal ini.

Terlepas dari seberapa besar pasar di dalam dan luar negeri, nyatanya instrumen investasi dengan teknologi AR ini sedang menjadi trend saat ini. Bulan atau tahun yang akan datang, bisa jadi akan banyak perusahaan yang lebih sadar akan manfaat teknologi AR untuk bisnis dan investasinya.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.