Baby Shower Sebelum Jabang Bayi Lahir, Penting Atau Tidak? – Mungkin kebanyakan dari pria tidak mengetahui apa itu baby shower, bahkan sama sekali tidak memahami apa maksud dari acara ini. 

Berbeda dengan para wanita yang seakan sudah ahli tentang acara-acara semacam ini.

Jika Anda tahu bridal shower diadakan sebelum pernikahan, baby shower pun sama halnya. Namun, pesta ini diadakan untuk menunggu kehadiran jabang bayi.

Biasanya yang mengurus acara ini adalah kerabat atau sahabat dekat dari si calon ibu.

Perlu diketahui, acara atau pesta ini diambil dari kebiasaan orang Amerika, bahkan orang Inggris juga mulai mengikutinya.

Selain itu, menurut beberapa orang, acara ini termasuk hal yang penting karena menyangkut kebahagiaan sahabat dekat. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang beranggapan kalau baby shower bukan sesuatu yang penting.

Pertanyaannya adalah seberapa penting pengadaan pesta jelang kelahiran bayi bagi calon ibu yang akan melahirkan? Simak artikel berikut ini.


Baby Shower Sebelum Jabang Bayi Lahir, Penting Atau Tidak?

1Kesediaan Budget

hemat-irit-atur-uang-budget- menikah tanpa bantuan orang tua

Ketika akan mengadakan sebuah acara besar, pastinya Anda harus merencanakan anggaran terlebih dahulu.

Dimulai dari pemasukan hingga pengeluaran dengan rincian yang lengkap. Anda harus bisa mengatur budget Anda sedemikian rupa agar tidak berlebihan dari target awal.

Baca juga: Cara Pintar Mengatur Keuangan Rumah Tangga untuk Pasangan Baru

Namun, jika dari awal budget Anda tidak mencukupi untuk mengadakan maupun menghadiri acara baby shower, maka tidak perlu Anda paksakan.

Anda bisa menggantinya dengan acara syukuran di rumah dengan anggaran yang tidak terlalu besar.

Penting atau tidaknya baby shower tergantung bagaimana pandangan Anda.

Selain itu, Anda juga perlu menyesuaikan dengan kesediaan budget Anda, apakah mencukupi atau tidak. Karena segala sesuatu yang dipaksakan dapat berakhir tidak baik.


2Kesediaan Waktu

Di samping penting atau tidaknya baby shower, Anda juga perlu memperhatikan kesediaan waktu yang Anda dan teman-teman Anda miliki.

Anda tidak bisa memaksa apabila teman-teman Anda ternyata sedang berada dalam kondisi yang super sibuk, berlaku juga sebaliknya.

Memang agak sulit menemukan waktu yang tepat untuk suatu acara. Tidak jarang ada yang rela mengorbankan acara lainnya demi baby shower karena dianggap lebih penting.

Semuanya tergantung Anda karena prioritas hidup Anda diatur oleh Anda sendiri.

Sekali lagi, jika memang Anda menganggap baby shower itu penting bagi Anda dan teman-teman Anda, lakukanlah selama ada waktu senggang yang tepat.

Jika sebaliknya, Anda tidak perlu khawatir atau gengsi karena Anda bisa mengadakan acara lain yang lebih minim budget dan hemat waktu.


3Perhatikan Untung dan Ruginya

5 Alasan Mengapa Pengeluaran Lebih Banyak di Bulan Puasa - Cara Mengendalikan Pengeluaran - 4 Pengeluaran yang Membuat Boros Anggaran, Ayo Mulai Kurangi! - 8 Tips Menganggarkan Pendapatan Saat Sedang Krisis Keuangan - 5 Kebiasaan yang Mampu Membebani Keuangan Anda - 4 Alasan Banyak Orang Tidak Mau Menyusun Anggaran, Hindarilah! - 3 Hal Utama yang Membedakan Hemat dan Pelit - 5 Sikap Buruk yang Membuat Anda Gagal dalam Finansial - 5 Sikap Konservatif yang Bisa Merugikan Keuangan di Masa Depan

Untung dan rugi adalah sesuatu yang bisa menjadi pertimbangan Anda ketika akan melakukan sesuatu. Mari bahas satu persatu.

Keuntungan:

  • Hubungan pertemanan atau relasi menjadi lebih kuat
  • Dapat menghibur diri Anda yang tengah cemas menunggu waktu persalinan
  • Anda mendapat banyak hadiah untuk kebutuhan perlengkapan calon bayi Anda

Kerugian:

  • Membutuhkan anggaran yang lumayan besar
  • Membutuhkan waktu luang
  • Harus siap merasa kelelahan selama acara berlangsung

Kira-kira itulah untung dan rugi mengadakan acara baby shower, sisanya bisa Anda tambahkan sendiri menurut perkiraan Anda.

Mungkin bagi Anda yang tidak menyukai pesta, baby shower menjadi hal yang tidak penting untuk dilakukan. Itu tidak masalah, selama Anda tidak mengkhawatirkan soal gengsi.

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena budget Anda habis untuk acara yang hanya diadakan satu hari itu.

Nah, daripada mengadakan baby shower, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghemat budget Anda. Salah satunya yaitu melakukan pendanaan di KoinWorks.

KoinWorks merupakan perusahaan P2P Fintech Lending Indonesia yang menghubungkan Pendana dan Peminjam yang membutuhkan dana. KoinWorks juga sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sangat terjamin keamanannya. Selain itu, Anda akan mendapatkan imbal hasil yang berlipat mulai dari 18% hingga 21,23% per tahunnya.

Yuk melakukan pendanaan yang tepat dengan keuntungan berlipat bersama KoinWorks! Mari maksimalkan pendanaan Anda!


Artikel lainnya:


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.