Bagaimana Cara Memulai Trading Bitcoin dan Cryptocurrency Lainnya?

tips memulai trading cryptocurrency

Saat ini kemajuan jaman sudah sangat pesat bahkan berimbas pula dengan munculnya berbagai pilihan pembayaran yang tidak lagi menggunakan uang secara fisik namun mulai merambah ke ranah uang digital atau sering juga disebut sebagai cryptocurrency.

Nah, bagaimana sebenarnya cara memulai trading bitcoin dan cryptocurrency lainnya? Sebelum itu, perlu kamu coba untuk mulai mempelajarinya dari hal – hal dasar terlebih dahulu sebagai upaya untuk mengenali mata uang crypto.

Cryptocurrency?

Sebelum memutuskan untuk bisa memulai trading bitcoin dan cryptocurrency lainnya maka cara pertama yakni ketahui dulu apa yang ingin anda lakukan. Apa sebenarnya Cryptocurrency itu? Cryptocurrency merupakan jenis aset digital yang kemudian lebih sering disebut sebagai uang digital.

Berbeda dengan uang kertas secara konvensional yang lebih sering digunakan untuk kebutuhan jual beli tunai maka uang Cryptocurrency ini digunakan untuk kebutuhan transaksi secara virtual.

Mata uang Cryptocurrency juga bersifat desentralisasi. Jadi, apa itu maksudnya? Maksudnya tidak ada pihak – pihak yang menjadi perantara dalam sebuah transaksi.

Jadi, sistem pembayaran langsung dilakukan oleh penjual dan pembeli. Banyak orang yang bertanya apakah sistem pembayaran dengan menggunakan Cryptocurrency tetap aman digunakan?

Jawabannya akan tetap aman karena nantinya seluruh transaksi sudah tersedia dan dilakukan keamanan secara optimal.

Akan tetapi karena kelebihan sistem desentralisasi yang dimilikinya ini membuat kamu harus menyiapkan komputer dengan spesifikasi yang canggih agar bisa melakukan transaksi Cryptocurrency.


Tujuan Penggunaan Cryptocurrency

Sebenarnya apa tujuan penggunaan cryptocurrency yang dilakukan oleh masyarakat? Topik ini mungkin cukup menarik. Pertama, Cryptocurrency digunakan sebagai instrumen investasi sebagaimana halnya yang terjadi sesuai dengan prinsip ekonomi ketika permintaan semakin banyak maka harga akan semakin naik.

Namun jika kamu tertarik dengan investasi Cryptocurrency maka kamu harus benar – benar memahami bahwa jenis investasi ini tergolong investasi yang berisiko tinggi.

Selain sebagai instrumen investasi, Cryptocurrency juga digunakan sebagai alat transaksi kebutuhan barang atau jasa. Saat ini sudah cukup banyak yang memilih menggunakan Cryptocurrency untuk proses jual beli baik untuk perusahaan besar maupun restoran, bahkan aplikasi juga sudah mulai melirik Cryptocurrency sebagai alat pembayarannya.

Selain dua hal yang telah disebutkan sebelumnya, Cryptocurrency juga berfungsi sebagai mining atau mungkin kamu akan cukup sering mendengarkan aktivitas mining Cryptocurrency. Nah, sebenarnya apakah itu mining Cryptocurrency? Mining merupakan aktivitas yang dilakukan untuk bisa mendapatkan Cryptocurrency. Akan tetapi cara ini juga harus dilakukan dengan seksama karena pengguna harus bisa memecahkan teka – teki yang berhubungan dengan Cryptocurrency.


Jenis Cryptocurrency

Lalu, jika kamu ingin tahu cara memulai trading bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Apa saja jenis Cryptocurrency yang bisa kamu pilih?

Bitcoin

Cryptocurrency yang satu ini cukup legendaris ya. Bitcoin memang menjadi Cryptocurrency pertama dan masih digunakan oleh banyak orang hingga saat ini. Pertama kali muncul di tahun 2009 dan dibuat oleh orang yang bernama Satoshi Nakamoto.

Hingga tahun 2019, atau sepuluh tahun sejak kemunculannya nilai pemasaran Bitcoin sudah mencapai 146 Miliar USD.

Ethereum

Selain bitcoin yang sudah dikenal menjadi primadona dalam Cryptocurrency. Cryptocurrency lain yang cukup memiliki nama adalah Ether. Jika tertarik untuk mentransaksikan Ethereum maka kamu bisa menggunakan software yang disebut Ethereum.

Sebenarnya tujuan awal diciptakan Ethereum yakni untuk membuat rangkaian produk keuangan yang bisa diakses dengan mudah dan langsung bersifat desentralisasi.

Peluncuran Ether memang belum lama yakni baru saja muncul pada tahun 2015 namun hingga tahun 2021 kapitalisasi pasar dari Ether adalah 19% dari bitcoin.

Polkadot

Jenis Cryptocurrency lain yang bisa kamu pilih adalah polkadot. Cryptocurrency satu ini cukup menarik karena bisa memberikan bukti kepemilikan yang unik dalam hal memudahkan interoperabilitas diantara berbagai blockchain.

Jadi, mata uang Cryptocurrency yang satu ini memang sengaja dibuat untuk menghubungkan berbagai blockchain dalam rangka memudahkan sistem untuk bekerja sama dalam satu atap.

Jadi, yang membedakan antara polkadot dan ethereum yakni polkadot memungkinkan anda untuk bisa mengatur keamanan blockchain tersendiri.


Tips Mulai Trading Cryptocurrency

Jika kamu mulai tertarik memulai trading bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Perhatikan beberapa hal berikut agar kamu tetap bisa mengikuti perkembangan keduanya. Pertama, yang harus kamu perhatikan adalah legalitas exchange dari asset kripto yang kamu pilih.

Jika bingung bagaimana caranya menentukan asset kripto yang legal, maka tinggal melakukan pengecekan di Bappebti. Sebuah lembaga khusus yang menangani investasi.

Kedua, pilih jenis asset kripto yang sudah kamu ketahui latar belakangnya. seperti yang kita ketahui saat ini ada berbagai jenis aset kripto yang tersedia dan memungkinkan kamu untuk bebas memilihnya.

Nah, jika perlu kamu bisa mencari platform yang menyediakan berbagai jenis aset kripto agar lebih mudah bagi kamu untuk menentukan mana asset kripto yang kira – kira sesuai dengan kebutuhanmu.

Ketiga, jika memutuskan untuk memilih platform trading pastikan bahwa platform yang kamu pilih memiliki fitur yang lengkap. Meskipun kita tahu pasti setiap exchange memiliki fasilitas yang berbeda – beda.

Tapi ada beberapa fitur penting yang harus kamu pastikan dimiliki oleh platform tersebut misalnya fitur cut loss yakni sebuah fitur yang memungkinkan trader atau pemilik akun membatasi kerugiannya.

Selain itu juga dapatkan fitur short selling yang memungkinkan kamu juga bisa tetap mendapatkan keuntungan meskipun melakukan transaksi dalam waktu yang singkat.

 

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Miko

Miko

Dengan tulisan, Miko bisa membagikan banyak hal positif. Berkontribusi dalam pengembangan pengetahuan para pembaca membuatku bahagia.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.