Beberapa Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi

Investor Pemula Wajib Tahu 5 Hal Umum Tentang Investasi Saham Ini! - jenis investasi jangka panjang

Beberapa Hal Yang Perlu Dicermati Sebelum Berinvestasi – Dunia Investasi atau penanaman modal adalah suatu istilah yang berhubungan dengan keuangan dimana seseorang akan menempatkan uang atau dana dengan harapan untuk memperoleh keuntungan terntentu di masa yang akan datang. Investasi juga bisa diartikan sebgai aktivitas yang berhubungan dengan usaha penarikan sumber dana yang dipakai untuk mengadakan barang modal yang dapat menghasilkan aliran produk baru.

Investasi merupakan cara yang paling banyak dipilih oleh para pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang. Sebelum melakukan investasi seorang pelaku bisnis harus merencanakan tujuan investasi yang jelas dan matang. Ada dua macam cara yang bisa dilakukan dalam dunia investasi, yaitu investasi pada aset riil dan investasi ada aset keuangan. Investasi pada aset riil biasanya dilakukan dengan membeli aset bisnis langsung seperti pembelian emas atau properti, properti tersebut biasanya berupa tanah, rumah, dan lain-lain. Sedangkan untuk investasi pada aset keuangan bisa dilakukan dengan cara membeli saham, deposito, reksadana dan sebagainya.

Investasi pada umumnya tidak memiliki resiko yang besar namun tetap menjanjikan keuntungan yang sangat menggiurkan. Jika anda tertarik untuk melakukan investasi ada beberapa hal penting yang perlu anda cermati sebelum memutuskan untuk berinvestasi yaitu :

  1. Tujuan Anda Melakukan Investasi

Sebelum melakukan investasi ada baiknya jika anda merencenakan tujuan investasi yang jelas. Jika anda memiliki tujuan yang jelas dan dijalankan secara sistemastis maka besar kemungkinan bisnis yang anda kelola pun akan berjalan dengan lancar hingga mencapai kesuksesan. Banyak pelaku investasi yang mengalami kegagalan dikarenakan hanya memikirkan keuntungan yang akan diraihnya akan tetapi tidak merencanakan tujuan investasi yang jelas dan sistemastis. Salah satu perencanaan investasi yang baik adalah dengan merencanakan pola keuangan bisnis investasi yang memadai agar bisnis yang anda jalankan nantinya tidak akan terganggu oleh kendala-kendala keuangan yang tidak perlu

  1. Hitung Pendapatan yang Anda Miliki

Sangat penting untuk mengatur pendapatan yang anda miliki dengan cara mencatat semua jenis pemasukan keuangan secara rinci. Dengan mencacat semua pemasukan yang anda miliki tersebut maka anda akan mengetahui tentang kondisi keuangan anda. Jika anda sudah mengetahui kondisi keuangan dengan baik, maka anda bisa menyesuaikan banyaknya modal yang akan anda berikan untuk bisnis anda tersebut. Pastikan kondisi keuangan anda ada dalam keadaan yang stabil. Karena jika kondisi keuangan anda masih dalam keadaan yang tidak menentu maka bisnis investasi yang akan jalankan pun tidak akan berjalan dengan lancar.

  1. Hutang Piutang yang Anda Miliki

Hutang piutang juga merupakan hal yang perlu anda cermati sebelum melakukan investasi. Banyak para pelaku bisnis yang gagal menjalankan bisnisnya karena mengabaikan hal ini. Dalam dunia bisnis, sangatlah penting untuk memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan dengan cara mengatur strategi yang tepat dan akurat saat akan menanamkan modal investasi. Jika anda masih memiliki banyak hutang piutang yang belum terbayarkan maka sebaiknya anda terlebih dahulu melunasinya, karena bisa jadi hutang piutang tersebut akan menjadi kendala yang dapat menganggu bisnis investasi yang anda jalankan.

  1. Banyaknya Aset yang Anda Miliki

Aset berharga yang anda miliki inilah yang akan menjadi modal awal anda dalam mendapatkan keuntungan investasi di masa yang akan datang. Semakin banyak aset yang anda miliki maka akan semakin besar pula keuntungan yang mungkin anda dapatkan karena anda tidak perlu mencari sumber dana lain untuk menanamkan modal. Dengan begitu sangatlah penting untuk memperbanyak aset berharga agar stabilitas bisnis yang anda jalankan pun akan semakin meningkat. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memperbanyak aset berharga untuk lebih memudahkan anda dalam melakukan investasi.

Demikianlah beberapa hal yang perlu anda cermati dalam dunia investasi. Dari semua hal yang penting diatas ada satu hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan. Hal tersebut adalah keyakinan dan kesungguhan dalam diri anda dalam melakukan investasi tersebut. Jika anda masih merasa tidak yakin, maka lebih baik urungkanlah niat anda untuk berinvestasi karena kesungguhan dan keyakinan seseorang dapat menjadi sebuah motivasi tersendiri untuk menjalankan bisnis investasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang tersebut.

Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Jonathan

Jonathan

Head of Marketing at KoinWorks
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.