5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif

freelance - freelancer - kerja lepas - freelancing - bisnis tanpa karyawan - 5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif - 6 Tips Investasi untuk Freelancer - tren bisnis

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif – Bekerja secara remote atau jarak jauh telah menjadi tren di berbagai perusahaan start-up dan juga menjadi budaya saat ini.

Meskipun terlihat menyenangkan pada awalnya, tetap dibutuhkan strategi yang tepat agar Anda produktif dalam bekerja.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang beberapa tips penting yang perlu diterapkan agar bekerja remote bisa dilakukan dengan efektif.

5 Tips yang Perlu Diterapkan Agar Bekerja Remote dengan Efektif

Menjaga Rutinitas

online karyawan kerja

Jika Anda tidak memiliki rutinitas, maka hal ini bisa membuat pekerjan yang dilakukan menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan untuk menyusun rutinitas yang bisa membantu Anda mempertahankan alur kerja setiap harinya.

Itu artinya, Anda harus mengetahui dengan jelas kapan waktu untuk bekerja, istirahat, rekreasi, dan bersosial, tanpa harus mengorbankan waktu untuk bekerja.


Berfokus Pada Energi

konten - kolaborasi karyawan - kantor (5)

Saat Anda bekerja dari jarak jauh akan sangat sulit untuk mengetahui berapa banyak waktu yang perlu dihabiskan untuk bekerja.

Masalahnya adalah produktivitas Anda cenderung menurun setelah jam kerja tertentu dan ini tentu saja sangat tidak efektif.

Agar produktivitas bisa meningkat, Anda harus berfokus pada energi, bukan pada waktu saja.

Cara termudah untuk melakukannya adalah mengetahui kapan waktu yang paling produktif atau waktu Anda memiliki tenaga paling banyak untuk melakukan sebuah pekerjaan.


Menemukan Komunitas

belajar-buku-online-pendidikan - 7 Tipe Pembelajar Ini Mendeskripsikan Diri Anda

Bekerja secara remote akan membuat Anda terjebak dalam kesendirian dan membuat banyak orang merasa kesepian.

Untuk mengatasi hal ini, Anda harus menemukan sebuah komunitas dimana banyak pekerja remote yang melakukan hal yang sama dengan Anda.

Jika memungkinkan, Anda bisa juga bekerja di co-working space yang membuat Anda bisa terhubung dengan pekerja remote atau wirausaha yang lain.


Mendapatkan Umpan Balik Secara Teratur

5 Tips Jitu Agar Menjadi Pebisnis Multitasking yang Hebat!

Dikarenakan Anda tidak memiliki peluang untuk bertemu dengan rekan kerja di waktu santai, maka akan sangat sulit untuk memulai percakapan dan mendapatkan umpan balik dari mereka.

Masalahnya adalah tanpa adanya umpan balik akan membuat Anda tidak mendapatkan kemajuan yang berarti. Anda harus bisa mendorong diri sendiri untuk menjadwalkan sesi umpan balik menjadi lebih sering dengan anggota tim lain.

Jika Anda mengetahui ada beberapa pekerjaan atau tugas yang harus diperbaiki, maka inilah langkah untuk meningkatkan keterampilan.

Mengikuti sebuah pelatihan atau kursus memungkinkan Anda untuk meningkatkan keterampilan menjadi lebih baik dan akhirnya bisa membuat pekerjaan yang dilakukan menjadi lebih optimal.

Namun, bagaimana dengan biaya yang harus dikeluarkan?

Berkaitan dengan hal tersebut Anda tidak perlu khawatir. Saat ini telah tersedia fasilitas pinjaman dana khusus pendidikan yang bisa dimanfaatkan.

KoinPintar menawarkan pinjaman dana dengan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan. Ditambah lagi dengan masa pembayaran yang relatif lama yaitu sampai dengan 12 bulan ke depan.

Dengan adanya kemudahan di atas, Anda tidak perlu lagi membayar biaya pendidikan di muka secara langsung. Jadi, manfaatkan dengan baik kemudahan yang diberikan oleh KoinPintar untuk mengikuti pendidikan yang berkualitas.


Menjadwalkan Tatap Muka dengan Rekan Kerja yang Lain

pemimpin karismatik memiliki tujuan saat bicara

Hal yang terakhir ini adalah suatu keharusnya saat Anda bekerja secara remote. Meskipun video call bisa dilakukan untuk berdiskusi dan rapat, tetapi hal itu tidak bisa menggantikan pertemuan secara langsung.

Anda harus bertemu secara langsung dengan rekan kerja untuk menyelaraskan kepribadian dan membuat Anda bisa lebih mudah menyatukan semua orang yang ada di dalam perusahaan.

Penting untuk menjadwalkan beberapa hari untuk berkumpul dengan semua rekan kerja yang bekerja di dalam perusahaan. Tidak peduli dimana lokasi pertemuan, sebab yang penting adalah tatap muka yang dilakukan.

Dengan menerapkan 5 tips di atas, Anda bisa bekerja dari jarak jauh dengan lebih efektif. Teknologi informasi dan internet telah mengubah budaya bekerja di perusahaan, salah satunya adalah bekerja secara remote.

Pastikan Anda selalu mendapatkan umpan balik dengan rekan kerja yang lain secara teratur, mengasah keterampilan menjadi lebih baik, dan menjadwalkan waktu pertemuan dengan rekan kerja.

Semoga pembahasan di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda semua!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih