Home Gaya Hidup Mulai Belajar Self-Love dengan 5 Cara Ini. Mudah, Kok!

Mulai Belajar Self-Love dengan 5 Cara Ini. Mudah, Kok!

Mulai Belajar Self-Love dengan 5 Cara Ini. Mudah, Kok! – Saat ini, kata self-love sudah banyak dibicarakan dimana-mana. Beberapa influencer atau public figure,khususnya di sosial media, banyak yang membahas tentang hal ini.

Tapi sebenarnya, apa itu self-love? Secara literal, self-love adalah mencintai diri sendiri. Kedengarannya memang egois, tapi kenyataannya belajar self-love itu sangat penting untuk pengembangan diri kamu.

Kamu harus tahu bagaimana cara memperlakukan dan menjalin hubungan dengan diri kamu sendiri, sebelum masuk lebih dalam ke kehidupan orang lain.

Baca Juga: 9 Tindakan Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dengan mampu melakukan self-love, ke depannya kamu akan mempunyai pondasi serta akar lebih kuat di dalam diri, yang sangat penting untuk mencapai tujuan-tujuan hidup kamu.

Lalu, bagaimana cara untuk mulai mencintai diri sendiri? Tenang, kamu bisa mulai belajar self-love dengan 5 cara mudah ini!


Mulai Belajar Self-Love dengan 5 Cara Ini. Mudah, Kok!

1
Me Time

sukses - senang - bahagia - karyawan kantoran - pebisnis (9) - belajar self-love

Cara ini sangat mudah, sederhana dan tentunya akan menjadi favorit kamu. Menjalankan kegiatan dengan diri sendiri, melakukan hal yang kamu sukai tanpa adanya distraksi dari orang lain.

Sesibuk-sibuknya diri kamu, perlu lho untuk memiliki waktu me-time. Hal ini dinilai ampuh bagi kamu yang ingin mulai belajar self-love. Jangan menilai me-time hanya sekadar malas-malasan ya, karena sebenarnya lewat hal ini, kamu bisa mendapatkan banyak hal.

Mulai dari otak yang bisa lebih fresh, lebih efektif dalam mengambil keputusan, hingga meningkatkan produktivitas dan konsentrasi.

Baca Juga: 8 Hal yang Bisa Dilakukan di Seluruh Dunia Saat Usia Masih 20 Tahunan

Jika ingin melakukan hal ini, awalnya kamu bisa mulai disconnect dengan dunia luar untuk sementara, matikan laptop, ataupun handphone bila perlu. Setelah itu, lakukan hal yang disukai, misalnya menyelesaikan buku favorit sambil mendengarkan musik, nonton film hingga solo traveling.


2
Shopping

belanja baju - pakaian - shopping - 7 Alasan Anda Tidak Perlu Membeli Pakaian Berdasarkan Tren, Bijaklah Menghabiskan Uang! Mau Tampil Maksimal Tanpa Biaya Mahal? Ini Triknya! - belajar self-love - manajemen keuangan

Jika ingin melakukan cara kedua ini, tentunya kamu harus memiliki dana khusus. Jadi, pastikan sebelumnya sudah mengalokasikan dana agar tidak menggangu arus kas kamu.

Sebenarnya, walaupun berbelanja adalah hal yang konsumtif tetapi tak ada salahnya lho, kamu melakukannya sebagai bentuk dari self-love. Membeli barang untuk diri kamu sendiri, bisa dianggap sebagai penghargaan setelah A menyelesaikan suatu pekerjaan.

Saat weekend tiba, setelah gajian, kamu bisa pergi ke toko baju favorit lalu membeli pakaian yang selama ini diidamkan. Selain itu, kamu juga bisa membeli gadget baru, setelah sekian lama bekerja keras di kantor.

Baca Juga: kamu pun Boleh Boros, Asalkan…

Tentunya, ada perasaan senang dan bangga saat kamu melakukannya. Jika sudah begitu, diharapkan kamu akan kembali semangat untuk mencapai tujuan-tujuan lain yang belum terwujudkan.

Tetapi perlu di garisbawahi, kalau kamu harus tahu batasan saat melakukan shopping. Pastikan kamu tidak impulsif, dan masih dalam batas kewajaran.


3
Solo Traveling

traveling gaji pas-pasan2

Sekarang ini,  solo traveling seakan memiliki trennya tersendiri. Banyak orang yang melakukan hal ini dengan alih-alih ingin mencari jati diri.

Memang, solo traveling bisa menjadi satu hal yang dinilai mau menimbulkan rasa percaya diri dan dependensi terhadap diri sendiri.

Saat solo traveling, kamu hanya akan bersama dirimu sendiri untuk melakukan segala keputusan selama perjalanan. Semua serba mandiri dan tidak ada yang membantu kamu selain dirimu sendiri.

Saat butuh bantuan, kamu akan dituntut untuk mengatasinya sendiri. Walaupun mengandalkan orang lain tapi awalnya pasti kamu harus mengumpulkan keberanian untuk meminta bantuan.

Tapi jangan khawatir, biasanya orang saat solo traveling, memiliki tendensi untuk lebih berani berbicara dengan orang asing. Tak percaya? Silakan dicoba.


4
Pampering

trik hemat biaya skin care - belajar self-love

Pampering atau memanjakan diri, bisa menjadi cara selanjutnya bagi kamu yang ingin belajar self-love. Sebenarnya hampir sama dengan cara-cara sebelumnya, tetapi di sini biasanya kamu melakukannya dengan bantuan orang lain.

Contoh memanjakan diri sendiri yang bisa kamu lakukan adalah, pergi ke salon untuk merawat rambut, pijat di spa, atau olahraga bersama personal trainer di GYM.

Baca Juga: 5 Trik Menghemat Biaya Skincare, Kulit Sehat Kantong Aman

Biasanya, ketika melakukan pampering hasilnya tidak hanya kamu yang merasakan, tetapi orang lain. Misalnya, ketika merawat rambut di salon, tentunya orang lain akan melihat perubahan diri yang lebih baik dari kamu.

Sama halnya dengan shopping, melakukan pampering juga biasanya butuh biaya yang tidak sedikit. Jadi, pastikan kembali kamu sudah mengalokasikan dananya dan jangan sampai membuat finansial kamu berantakan, ya.


5
Investing

investor-perempuan-bersabar-sabar - belajar self-love - tips investasi untuk anak muda

Kalau dua cara sebelumnya kamu diharuskan untuk mengeluarkan uang, sekarang saatnya alokasikan dana untuk menyimpan uang. Berinvestasi juga bisa menjadi salah satu cara kamu belajar self-love, lho.

Dengan melakukan investasi, itu artinya kamu memikirkan keadaan finansial di masa depan nanti. Menabung dengan menyimpan uang saja tidaklah cukup, karena adanya inflasi setiap tahunnya yang malah akan menggerus nilai uang kamu.

Tentunya saat ini, kamu memiliki tujuan-tujuan finansial yang ingin dicapai bukan? Nah, saat sudah mulai berinvestasi, kamu sudah selangkah lebih maju untuk mewujudkannya.

Ingin pensiun dini? Bisa! Ingin memiliki rumah sebelum usia 35 tahun? Bukan hal yang tak mungkin. Jadi, segeralah melakukan investasi sedini mungkin, agar bisa dapat hasil imbal balik dan keuntungan yang maksimal juga nantinya.

Baca Juga: 6 Tanda kamu Telah Mempersiapkan Pensiun dengan Benar

Pertama-pertama, tentukanlah instrumen investasi yang cocok dengan kamu. Bagi kamu yang bingung karena baru pertama kali melakukan hal ini, tenang.. kamu bisa mulai dengan ikut serta memberikan pendanaan pada Peer-to-Peer Lending (P2P).

Peer-to-Peer Lending (P2P) sendiri adalah sebuah marketplace untuk menghubungkan pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Bagi pendana, tujuannya tentu mendapatkan hasil imbal balik yang diinginkan. Sedangkan bagi peminjam, biasanya untuk mengembangkan bisnis atau biaya pendidikan.

Jika tertartik, kamu bisa memiliki KoinWorks yang merupakan platform terpercaya bagi banyak investor muda. KoinWorks sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga membuat investasi kamu nantinya jadi lebih aman.

Bagi kamu investor pemula yang belum mau terlalu banyak mengeluarkan uang, di KoinWorks, hanya dengan Rp100.000 sudah bisa lakukan investasi dan mendapatkan keuntungan mulai dari 18% setiap tahunnya.

itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk kamu dalam mencintai diri sendiri. Semoga dengan hal-hal di atas ini kamu bisa lebih melihat ke dalam diri dan mencintainya sepenuh hati serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Selamat mencoba!

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app