Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas jika Uang Terbatas? – Memiliki rumah sendiri selalu menjadi keinginan dan cita-cita kebanyakan orang. Namun, untuk mencapainya tentu saja tidak semudah itu.

Permasalahan biaya biasanya menjadi alasan utama mengapa banyak orang kesulitan untuk mendapatkan hunian impiannya. Lalu, bagaimana dengan Anda? Apakah hingga hari ini Anda masih bingung akan membeli rumah baru atau rumah bekas karena keterbatasan uang?

Baca juga: Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Nah, untuk Anda yang masih mengalami dilema dalam membeli rumah, lebih baik cek dulu yuk tulisan di bawah ini tentang apa saja sih keuntungan dan kekurangan dari membeli rumah baru dan rumah bekas agar nantinya Anda tidak salah pilih. Ini dia!


Lebih Baik Beli Rumah Baru atau Rumah Bekas jika Uang Terbatas?

Beli Rumah Baru

Jika Anda memiliki rencana untuk membeli rumah baru, maka akan ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Berikut adalah beberapa kelebihannya:


1Rumah Sesuai Selera

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan

Membeli rumah baru dapat memberikan Anda kesempatan untuk leluasa dalam memilih tipe atau jenis rumah yang Anda inginkan. Anda bisa bebas menentukan sesuai selera Anda mulai dari luas bangunan, luas tanah, hingga model bangunan.


2Jaminan Keamanan

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - kesalahan beli rumah

Kebanyakan perumahaan saat ini ditata atau dikelompokkan dalam istilah cluster. Sistem cluster ini biasanya menyediakan sistem satu gerbang dengan penjagaan ketat selama 24 jam yang membuat kemanan rumah lebih terjamin.

Selain itu, ada juga beberapa perumahan yang menempatkan kamera CCTV di setiap sudut perumahan untuk pemantauan tambahan.

Baca juga: Beli Rumah atau Bangun Rumah, Mana yang Lebih Untung?

Bukan hanya itu saja, perumahan cluster ini cenderung tidak ramai dan banyak lalu lalang kendaraan sehingga membuat Anda yang sudah berkeluarga tidak perlu khawatir jika anak Anda bermain di luar.


3Ada Perlindungan

kegagalan bisnis - asuransi properti
img source: haughn.com

Setiap rumah baru biasanya memiliki garansi atau asuransi yang mengantisipasi Anda jika suatu hari nanti terdapat masalah di rumah seperti kebocoran atau keretakan.

Ini membuat Anda dapat menghemat pengeluaran karena nantinya Anda tidak perlu biaya tambahan untuk perbaikan, cukup dengan mengajukan klaim saja.

Rata-rata, developer menyediakan garansi selama satu kali musim hujan atau satu tahun untuk garansi kebocoran.


Beli Rumah Bekas

Siapa bilang beli rumah bekas tidak seuntung beli rumah baru? Kenyataannya, di Indonesia, pasar rumah bekas pun masih banyak yang melirik lho karena masih banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Mau tahu apa saja? Ini dia!


4Harga Lebih Murah

rumah-nabung-budget-dana-biaya

Umumnya memang sebuah rumah bekas memiliki harga yang lebih murah daripada membeli rumah baru atau bahkan membangunnya dengan kondisi dan luas yang sama.

Bila Anda ingin membeli rumah bekas secara kredit, maka bank akan mengecek dan menilai terlebih dahulu rumah tersebut.


5Lingkungan Sudah Terbentuk

rumah-desain-model-tipe

Rumah bekas biasanya terletak di lingkungan yang sudah terletak baik secara sosial maupun fasilitas. Artinya, dengn membeli rumah bekas ini Anda akan mendapatkan kemudahan fasilitas seperti sekolah, taman bermain, hingga rumah ibadah yang jaraknya terjangkau dari rumah Anda.

Begitu pula dengan lingkungan sosialnya, tidak seperti rumah di perumahan baru yang cenderung sepi, lingkungan di rumah bekas biasanya sudah padat sehingga Anda otomatis memiliki banyak tetangga.

Baca juga: Beli Rumah atau Mobil Dulu, ya? Ini Pertimbangannya!


6Sudah Tertata dan Dapat Langsung Ditempati

5 Tips Hemat Banyak Uang Saat Membeli Perabot Rumah

Ketika Anda membeli rumah bekas, berbagai fasilitas seperti instalasi listrik, air, dan telepon biasanya sudah terpasang. Tidak hanya itu saja, rumah bekas pun terkadang ada yang sudah dilengkapi dengan berbagai furnitur atau perabot umum seperti kasur, sofa, kursi, dan meja makan.

Selain itu, surat-surat terkait rumah sudah diurus oleh pemilik lama rumah sehingga Anda hanya perlu melakukan balik nama atas surat kepemilikan rumah. Jadi, saat membeli rumah bekas, Anda tinggal menempatinya saja.


Kesimpulan

Rumah baru ataupun rumah bekas sebenarnya memiliki keunggulan masing-masing, ini kembali lagi kepada kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

Jika Anda adalah seseorang yang tidak percaya pada sesuatu yang bersifat bekas dan memiliki waktu untuk mengurus segala macam administrasi pembelian rumah, maka rumah baru bisa jadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? 

Sebaliknya, jika Anda adalah tipe orang yang ingin praktis dan memiliki uang yang terbatas, maka rumah bekas bisa menjadi jawabannya.

Tapi di luar itu semua, apa pun pilihan rumah Anda nantinya, sebaiknya Anda tidak menghabiskan semua uang yang Anda miliki untuk membeli rumah. Anda harus tetap menabung atau berinvestasi untuk mengantisipasi jika suatu saat Anda membutuhkan dana tak terduga.

Oleh karena itu, mendanai di alternatif investasi seperti KoinWorks adalah salah satu langkah yang tepat untuk Anda yang ingin menambahkan pundi-pundi uang yang dimiliki.

KoinWorks yang berkonsep marketplace online berbasis P2P Lending ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Ini berarti KoinWorks adalah wadah atau tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Dengan mendanai di KoinWorks, Anda bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahun, lho! Dan semua bisa Anda dapatkan hanya dengan mendanai sebesar Rp 100.000 saja, mudah bukan?

Baca juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Anda Beli Rumah!

Nah, semoga informasi di atas dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan yang tepat rumah tipe apakah yang cocok untuk Anda, rumah baru atau rumah bekas. Semuanya kembali lagi ke kebutuhan Anda, ya!


Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.