Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? – Sebagai manusia, rumah adalah salah satu kebutuhan pokok yang harus dimilki. Namun, untuk memilih dan membeli rumah tentu bukan menjadi perkara yang mudah.

Sebelum membeli sebuah rumah, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, misalnya lokasi, kondisi, serta harganya. Dari masalah harga inilah akhirnya timbul lagi pertimbangan lainnya, lebih baik membeli rumah dengan KPR atau secara cash?

Baca juga: Cara Mudah Beli Rumah Walaupun Gaji Cuma 4 Juta

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk memakai cara pembayaran yang mana, yuk ketahui lebih jauh terlebih dahulu keuntungan dan kekurangannya masing-masing!


Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?


1Keuntungan KPR

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai? - punya penghasilan tanpa kerja-Strategi Memiliki Hunian Impian untuk Generasi Milenial

Sebagian orang, terutama milenial, banyak yang berpikir mustahil jika mereka bisa membeli rumah secara tunai.

Karena itu, KPR adalah salah satu jalan yang paling memungkinkan untuk mereka pilih. Lalu, sebenarnya keuntungan KPR itu apa saja sih?


Angsuran Terjangkau

Saat ini, sudah banyak pinjaman kredit perumahan yang memberi kemudahan untuk mengangsur harga rumah dalam jangka waktu yang panjang, dari mulai 10, 15 hingga 25 tahun. Hal ini tentu memudahkan Anda untuk lebih bisa mengatur mana tenor yang cocok dengan pemasukan Anda per bulannya.


Suku Bunga Rendah

bunga-tabungan-saham-investas-rumah-suku-kpr-rates-interest

Kebanyakan bank sering menawarkan suku bunga yang rendah dibandingkan dengan lembaga pembiayaan lainnya. Pilihlah bank yang memang menawarkan suku bunga yang sekiranya cocok dengan pendapatan Anda.


Masih Bisa Menabung

menabung-tabungan-nabung-rumah

Ketika Anda memutuskan membeli rumah dengan mencicil, tandanya Anda tidak perlu kehilangan banyak uang atau asset yang Anda miliki. Nah, sisa uang Anda tersebut bisa saja Anda alokasikan ke tabungan lain agar pundi-pundi Anda terus bertambah.


Ada Asuransi

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Pembelian rumah dengan cara KPR juga biasanya dilengkapi dengan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran yang membebaskan Anda dari risiko tak terduga ketika mencicil rumah.


2Kekurangan KPR

Lebih Untung Mana, Beli Rumah dengan KPR atau Tunai?

Setelah tadi kita ketahui berbagai macam keuntungan jika membeli rumah secara KPR, maka ini saatnya kita ketahui juga kekurangan dari sistem pembelian rumah KPR. Apa saja kekurangannya?


Suku Bunga Fluktuatif

Bunga KPR biasanya bisa saja bertambah setiap tahunnya karena mengikuti suku bunga yang fluktuatif. Hal ini cenderung dapat memnyebabkan kerugian bagi pembeli yang tidak siap dengan perubahan bunga sehingga membuat pembeli harus membayar dengan cicilan yang lebih mahal.

Baca juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Anda Beli Rumah!


Total Harga Rumah Jadi Lebih Mahal

alasan-milenial-sulit-punya-rumah

Semakin lama Anda mengambil tenor maka harga yang Anda bayarkan untuk membeli rumah pasti akan jauh lebih mahal juga. Bisa berbeda jauh dari harga rumah jika Anda membelinya secara tunai.


Surat Berharga Ditahan Bank

6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru, Jangan Dipaksakan - 5 Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Rumah Baru

Selama Anda belum melunasi rumah tersebut, surat-surat berharga yang berkaitan dengan rumah itu akan dipegang oleh bank terlebih dahulu.


Ada Penalti

Mengenal Hukum Perdata Dalam Perdagangan

Misalnya Anda sudah mengambil cicilan untuk membeli rumah dengan tenor 20 tahun, tapi ketika Anda sudah berjalan 10 tahun dan berniat untuk melunasi rumah tersebut, maka biasanya Anda akan dikenakan penalti dengan jumlah tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan tambahan, Anda juga bisa menyimulasikan KPR untuk mendapatkan gambaran biaya KPR dengan kalkulator simulasi KPR berikut:


3Keuntungan Membeli Secara Tunai

pasangan - utang - kredit - pinjaman - kesalahan beli rumah

Membeli rumah secara tunai biasanya dilakukan oleh orang-orang yang memiliki pendapatan tinggi. Mereka yang membeli secara tunai biasanya bertujuan untuk membebaskan dirinya dari beberapa risiko keuangan di masa depan.

Baca juga: Jangan Cuma Beli Rumah sebagai Tempat Tinggal, Ini 3 Jenis Investasi Properti Paling Menguntungkan!


Terbebas dari Utang

Kredit perumahan dalam jangka waktu yang panjanga dalah pinjaman utang yang paling besar yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Jumlah yang akan dibayarkan ini benar-benar akan memangkas budget bulanan Anda.

Tapi sebaliknya, jika membeli rumah secara tunai, uang yang Anda miliki bisa dialokasikan ke hal-hal lain seperti tabungan atau investasi.

Baca juga: Ini Dia Alasan Mengapa Milenial Sulit Punya Rumah 

Nah, bicara soal investasi, selain instrumen yang sudah umum seperti emas, reksadana, dan saham, kini juga ada pilihan instrumen yang terpercaya seperti P2P Lending dari KoinWorks.

Sistem berkonsep marketplace online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK ini menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara Pendana dan Peminjam. Anda sebagai seorang Pendana bisa memberikan pinjaman kepada pihak-pihak yang membutuhkan. Setiap bulannya, peminjam akan mencicil pinjamannya dan Anda akan mendapatkan pengembalian berupa pokok dan bunga.

Untuk keuntungannya, Anda tidak perlu khawatir karena KoinWorks menawarkan imbal hasil hingga 21,32%. Selain itu, Anda dapat langsung memulai pendanaan hanya dengan Rp100.000 saja.


Memiliki Aset Berharga

beli rumah vs sewa rumah - membeli rumah

Jika sewaktu-waktu Anda memiliki kebutuhan mendesak dan membutuhkan dana yang lumayan banyak, maka sertifikat rumah yang Anda miliki bisa dijadikan jaminan untuk sementara.


Tidak Ada Biaya Administrasi

biaya-perhitungan-iuran-BPJS-kesehatan- tips investasi gaji pas pasan

Dengan membeli rumah secara tunai, maka Anda bisa dibebaskan dari kewajiban untuk membayar biaya administrasi yang dibebankan pihak bank jika membeli secara kredit. Selain itu, biaya-biaya pengurusan dokumen yang bisa ditemui ketika membeli rumah dengan KPR, tidak akan Anda temui jika membeli rumah secara tunai.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik


Lebih Aman

aset rumah properti - Rumah Sebagai Tempat Usaha - jenis investasi real estate- penghasilan sambil tidur
Gambar: Freepik

Membeli rumah secara tunai akan lebih aman karena semua surat berharga seperti sertifikat rumah akan langsung Anda miliki. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa cemas terhadap kemungkinan surat berharga yang berpindah ke tangan orang lain.


4Kekurangan Membeli Secara Tunai

cpns-tipu-penipuan-waspada-bahaya-Ini Dia 5 Cara Hindari Penipuan Berkedok Tes CPNS! - kesalahan investasi properti - kesalahan beli rumah

Perlu Anda ketahui, membeli rumah secara tunai pun ternyata ada kekurangannya, lho! Apa saja kekurangannya? Ini dia!


Butuh Banyak Dana

Seperti yang kita ketahui, harga rumah setiap tahun akan selalu mengalami kenaikan. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa banyak kalangan ekonomi menengah ke bawah yang sulit untuk membeli rumah.


Risiko Masalah Saat Pembelian

Saat ini, developer-developer baru banyak sekali yang bermunculan dengan berbagai penawaran yang menarik. Anda perlu mewaspadai berbagai developer tersebut ketika hendak memutuskan untuk membeli rumah.

Baca juga: Mulai Berhenti Berpikir Bahwa Rumah Adalah Investasi, Ini Alasannya!

Periksa track record-nya terlebih dahulu, pastikan bahwa developer yang Anda pilih memiliki pengalaman yang bagus dan selalu memuaskan customer-nya.


Kesimpulan

Memiliki rumah memang menjadi impian semua orang, baik kalangan menengah ke bawah atau menengah ke atas.

Kedua cara di atas memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi satu hal yang penting adalah Anda harus memperhatikan dan menyesuaikan rumah yang Anda inginkan dengan kondisi finansial, sehingga Anda tidak muluk-muluk dalam mendapatkan rumah.

Jadi, Anda lebih memilih yang mana? Membeli rumah dengan KPR atau tunai?

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.