7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan – Memiliki rumah idaman pasti menjadi salah satu impian yang diinginkan sebagian besar orang yang telah berumah tangga.

Hal yang menjadi permasalahan adalah membeli rumah bukanlah perkara yang gampang untuk dilakukan, apalagi saat ini Anda belum memiliki pendapatan yang cukup untuk menghidupi diri sendiri dan pasangan.

Jangan memaksakan diri untuk hal yang berada di luar kemampuan Anda!

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang 7 faktor lainnya yang menandakan bahwa Anda belum siap untuk membeli rumah sendiri.

7 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Anda Belum Siap Membeli Rumah, Jangan Dipaksakan

1. Anda Belum Memiliki Penghasilan yang Mencukupi

Sambil Menunggu Tanggal Gajian, Ini 4 Tips Bikin Keuangan Tetap Stabil

Tanpa adanya penghasilan yang cukup setiap bulannya tentu sangat sulit bagi Anda mengumpulkan uang untuk membayar DP rumah atau cicilan rumah setiap bulannya.

Baca Juga: Mobil vs Rumah vs Investasi P2P Lending, Pilih yang Mana?

Agar bisa membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan, paling tidak Anda harus membayar DP minimal 10% dari nilai jual rumah.

Selanjutnya, Anda juga harus mempersiapkan pembayaran cicilan rumah setiap bulan yang jumlahnya maksimal 30% dari total pendapatan.

Contohnya seperti ini, misalnya saja Anda berencana membeli rumah senilai Rp 300 Juta dan saat ini Anda memiliki penghasilan Rp 5 Juta setiap bulannya.

Dengan demikian, DP minimal yang harus dibayarkan adalah Rp 30 Juta. Selanjutnya, jumlah cicilan yang bisa Anda ambil maksimal Rp 1,5 Juta saja.


2. Anda Terlalu Banyak Hutang

Perbedaan Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Dengan Agunan - terhindar dari lilitan hutang - pinjaman uang

Seperti yang sudah kami sampaikan di atas bahwa jumlah cicilan hutang yang ideal adalah 30% dari total pendapatan Anda.

Baca Juga: 

Jika Anda memiliki hutang lain seperti cicilan motor, cicilan mobil, atau hutang kartu kredit, maka hal ini tentu akan sangat memberatkan Anda saat akan membayar cicilan rumah setiap bulannya.

Sebaiknya Anda menghapus hutang-hutang tersebut dan berusaha untuk melunasinya terlebih dahulu, sebelum mengambil cicilan rumah.


3. Anda Tidak Memiliki Jumlah Tabungan yang Memadai

menabung - tips hemat ala perencana keuangan

Rumah termasuk properti yang memerlukan perawatan secara berkala dan berkelanjutan di masa depan.

Baca Juga: Cara Cerdas ‘Menabung’ di Dunia Modern

Dengan demikian, saat memutuskan untuk membeli rumah, artinya Anda sudah siap menanggung seluruh biaya perawatan dan perbaikan yang bisa saja muncul di kemudian hari.

Tanpa adanya tabungan yang cukup dan memadai, maka akan sangat sulit bagi Anda untuk menutupi berbagai biaya perbaikan dan yang lain sebagainya.


4. Belum Lama Bekerja

pekerjaan-untuk-introvert-sopir

Pekerjaan yang dilakukan dalam rentang waktu yang lama menunjukkan stabilitas posisi dan pendapatan yang Anda hasilkan secara berkala.

Baca Juga: Memutuskan Untuk Resign? Lakukan Ini Agar Tetap Mendapatkan Penghasilan

Jika Anda masih dalam tahap percobaan di sebuah perusahaan atau masih berada masa kontrak, hal ini menunjukkan bahwa Anda belum memiliki posisi yang stabil dalam hal pendapatan yang dihasilkan.

Apalagi jika pendapatan yang Anda hasilkan dinilai berdasarkan komisi dan kinerja, tentu saja nilai pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulan tidak menentu dan cenderung berfluktuasi.

Jika Anda masih berada dalam masa ini, sebaiknya tahan diri untuk membeli rumah dan berfokuslah untuk mengumpulkan uang sedikit demi sedikit dengan berinvestasi.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Anda tidak perlu berinvestasi pada instrumen yang berbiaya mahal dan membutuhkan modal yang tinggi. Cukup sisihkan uang minimal Rp 100.000 setiap bulannya, maka Anda sudah bisa berinvestasi di KoinWorks.

Berapa imbal hasil yang berpotensi Anda dapatkan?

Melalui KoinWorks, imbal hasil yang bisa Anda dapatkan mulai dari 9%20% dalam setahun. Lakukan investasi secara rutin dan jika hasilnya sudah optimal, dana tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membayar DP rumah idaman.


5. Anda Memiliki Catatan Kredit yang Buruk

business intelligence

Tidak ada pihak bank yang bersedia memberikan pinjaman kepada nasabah yang memiliki riwayat kredit yang buruk.

Baca Juga: Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung?

Mulai saat ini lakukan evaluasi berkaitan dengan catatan kredit yang Anda miliki, apakah terdapat catatan bahwa Anda menunggak pembayaran atau yang lainnya.

Jika Anda memiliki catatan kredit yang buruk, maka akan sangat sulit sekali bagi Anda mendapatkan approval dari bank.


6. Anda Masih Bimbang Menentukan Jenis Rumah yang Akan Dibeli

aset rumah properti - Rumah Sebagai Tempat Usaha
Gambar: Freepik

Tentukan dari awal jenis rumah yang akan Anda beli, mulai dari lokasi, tipe rumah, dan lingkungan yang diinginkan.

Baca Juga: Rumah Jauh dari Kantor? Ini 5 Manfaat Ngekos Ketimbang Pergi-Pulang

Beberapa faktor ini akan sangat menentukan harga beli rumah yang perlu Anda persiapkan jauh-jauh hari.

Jika Anda masih bimbang membeli rumah yang seperti apa, maka Anda juga pasti akan kesulitan untuk menentukan harga rumah yang akan dibeli nantinya.


7. Masih Berkeinginan Untuk Berpindah Rumah

rumah - gadai rumah - investasi properti

Jangan berpikir untuk membeli rumah, jika Anda masih berpikiran untuk berpindah-pindah tempat tinggal. Membeli rumah tinggal apalagi dengan cara mencicil, setidaknya mengharuskan Anda berkomitmen untuk tinggal kurang lebih 10 – 15 tahun disana.

Baca Juga: Tips Menjual Rumah Agar Nilainya Meningkat Cepat

Membeli rumah juga tidak terlalu cocok, jika Anda memiliki pekerjaan yang mengharuskan Anda berpindah-pindah kota atau negara.

Silahkan mengevaluasi diri sendiri, apakah saat ini Anda memiliki salah satu dari 7 hal yang sudah kami sampaikan di atas. Jika iya, maka bersabarlah untuk membeli rumah idaman dan mulailah memperbaiki kondisi finansial yang Anda miliki saat ini.

Jangan lupa untuk rutin berinvestasi setiap bulannya agar Anda memiliki dana yang cukup untuk membayar DP rumah atau untuk dana cadangan yang bisa dimanfaatkan memperbaiki kerusakan rumah.

Baca Juga: Investasi Sebagai Penggerak Roda Perekonomian Indonesia: Apa dan Bagaimana?

Semoga informasi di atas memberikan banyak manfaat untuk Anda semua!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.