5 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi di Tempat Kerja – Saat Anda bekerja di sebuah perusahaan, menjalankan bisnis, atau  memimpin tim, kemampuan komunikasi yang baik merupakan salah satu keterampilan terpenting yang perlu dimiliki.

Oleh karena itu, keinginan untuk terus belajar dan memperbaiki keterampilan berkomunikasi merupakan hal yang penting dilakukan.

Baca Juga: Tips Negosiasi yang Efektif

Agar bisa membantu Anda memperbaiki keterampilan berkomunikasi, kami telah menyusun panduan singkat yang bisa digunakan untuk menguasai keterampilan berkomunikasi di tempat kerja.

Simak penjelasannya di bawah ini.

5 Cara Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi di Tempat Kerja

1Perhatikan Bahasa Tubuh Anda

Perhatikan bahasa tubuh lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Sebagian besar orang bisa dengan mudah membaca bahasa tubuh, sehingga mereka bisa dengan mudah mengenali saat Anda merasa bosan dan tidak memperhatikan mereka.

Banyak orang yang tidak bisa mengendalikan bahasa tubuh mereka dan secara tidak sadar mengkomunikasikan tingkat ketertarikan mereka terhadap orang lain. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menemukan posisi yang nyaman saat sedang berbicara dengan orang lain.

Baca Juga: 10 Ilmu tentang Sosial Media Marketing yang Perlu Anda Tahu

Posisi tubuh yang nyaman bisa dengan mudah menutupi bahasa tubuh. Atau Anda juga bisa mengamati bahasa tubuh rekan atau orang yang sedang diajak berbicara dan menyesuaikannya.

2Nada Bicara Harus Diperhatikan

perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja

Hal yang perlu Anda pahami dengan baik adalah saat orang bersemangat atau tertarik, maka suara dan nada bicara mereka akan berubah. Saat Anda tertarik akan suatu hal, nada bicara akan naik dan turun untuk menyampaikan ketertarikan dan minat.

Hal di atas jugalah yang menjadi alasan mengapa banyak orang tertarik dengan pidato yang penuh gairah dan semangat. Bukan kata-kata yang mempengaruhi orang lain, tetapi nada bicara yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga: Tips Presentasi di Hadapan Investor

Di sisi yang lain, saat Anda merasa tidak tertarik akan suatu hal atau bosan, maka nada bicara akan mengungkapkan hal tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara mengatur nada dalam pembicaraan.

3Mengamati orang lain

keterampilan berkomunikasi

Salah satu faktor penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi di tempat kerja adalah mendengarkan dan mulai memperhatikan lawan bicara Anda. Hal yang menjadi permasalahan adalah sering sekali terdapat banyak gangguan yang bisa mengalihkan perhatian seseorang.

Baca Juga: 11 Hal yang Dilakukan Para Miliarder Saat Usia Mereka 20-an

Saat Anda tidak memperhatikan dan mendengarkan lawan bicara, maka hal ini bisa menyebabkan kesalahpahaman yang serius. Jadi, saat sedang berbicara dengan seseorang pastikan Anda fokus dan tidak mengalihkan perhatian kepada hal lain.

Pertahankan kontak mata agar lawan bicara mengetahui bahwa Anda tertarik dan memperhatikan apa yang mereka katakan.

4Jadilah Pendengar yang Baik

fokus pada pendengar keterampilan komunikasi berkomunikasi di tempat kerja rasa hormat

Menumbuhkan sikap empati merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa terhubung dengan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Bersikap empati adalah saat Anda bisa melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain dan bukan hanya dari pandangan pribadi saja.

Cara melatihnya sebenarnya sangat sederhana, di saat Anda melihat rekan kerja kesulitan dengan tugas tertentu, maka Anda bisa berempati dan menawarkan saran untuk membantu.

Baca Juga: Ciri Orang Bodoh, Perbaiki Segera!

Bukan hanya rekan kerja, di saat Anda mengalami kesulitan dalam situasi tertentu pasti Anda juga menginginkan empati dari orang lain juga.

Kemampuan untuk bisa melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain menjadi cara terbaik untuk menghindari konflik, kesalahpahaman, dan mendorong kemampuan berkomunikasi di tempat kerja.

5Jangan Sampai Gangguan Menghalangi Komunikasi Anda

meningkatkan Kepercayaan Konsumen - komunikasi dua arah berkomunikasi di tempat kerja

Gangguan dalam percakapan sering menjadi masalah dan tidak bisa dihindari. Misalnya saja, saat sedang berbicara hal yang penting, kemudian Anda terganggu dengan panggilan telpon dan mulai lupa dengan sebagian apa yang barusan dibahas.

Saat hal di atas terjadi, maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah meminta orang lain untuk mengingatkan Anda tentang apa yang barusan dibicarakan. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memastikan bahwa Anda tidak melupakan hal yang penting dalam percakapan.

Baca Juga: Belajar Menciptakan Visi Bisnis dari Film “Rudy Habibie”

Langkah di atas merupakan cara sederhana dan mudah diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi di tempat kerja. Sehingga Anda bisa berkomunikasi lebih efektif dengan rekan kerja, bawahan, atau dengan atasan yang memimpin perusahaan.

Tidak hanya cara di atas saja, Anda juga bisa meningkatkan keterampilan berkomunikasi di tempat kerja melalui buku yang berkualitas atau mengikuti pendidikan non-formal di salah satu lembaga.

Dari kedua cara tersebut, mengikuti pelatihan atau pendidikan di salah satu lembaga merupakan cara yang bisa memakan banyak biaya dan bisa memberatkan keuangan Anda.

Baca Juga: Tips dalam Mengelola Keuangan Perusahaan

Namun, pelatihan yang diikuti membuat Anda bisa langsung mempraktikkan keterampilan yang dipelajari secara langsung di kelas. Hal ini membuat proses pembelajaran semakin efektif dan membuat Anda lebih mudah menyerap pelajaran.

Tidak perlu khawatir, jika Anda terkendala dengan biaya pendidikan yang mahal dan memberatkan.

KoinPintar bisa menjadi solusi pinjaman dana pendidikan dengan bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan atau sekitar 9% per tahun. Tidak hanya itu saja, pinjaman yang Anda ambil bisa diangsur sampai dengan 12 bulan ke depan.

Segera tingkatkan keterampilan Anda dan jadilah karyawan yang berkualitas!


Simulasi Pinjaman Dana Pendidikan
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-Formal

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.