Mampukah Anda Berlibur Saat Punya Utang? Berikut Penjelasannya…

traveling bersama teman - 9 Langkah Penghematan Saat Anda Ingin Mempersiapkan Liburan Impian - Mampukah Anda Berlibur Saat Punya Utang? Berikut Penjelasannya... - 4 Mitos Tentang Berlibur yang Harus Mulai Anda Tinggalkan - 4 Tips Supaya Bisa Menghemat Uang untuk Berlibur - mempersiapkan keuangan jelang liburan

Mampukah Anda Berlibur Saat Punya Utang? Berikut Penjelasannya… – Saat Anda sedang berjuang untuk memenuhi kebutuhan dan melunasi utang, mungkin Anda akan melewatkan liburan.

Hal ini dilakukan karena Anda berpikir bahwa sangat tidak masuk akal untuk melakukan perjalanan saat Anda sedang berusaha keluar dari jeratan utang.

Berlibur bukan hal mustahil, meskipun saat ini Anda sedang terlilit banyak utang. Berikut ini 5 alasan yang akan menjelaskan mengapa Anda masih bisa berlibur saat punya utang.

Mampukah Anda Berlibur Saat Punya Utang? Berikut Penjelasannya…

Liburan Bisa Dilakukan dengan Biaya yang Murah

libur kereta stasiun - 5 Alasan Mengapa Anda Perlu Memiliki Anggaran untuk Bersenang-senang

Liburan tidak harus selalu melibatkan pergi ke luar negeri atau datang ke tempat mewah. Melakukan perjalanan singkat selama beberapa hari bisa dilakukan untuk membangkitkan semangat dan suasana hati.

Baca juga: Mengalokasikan Gaji untuk Hobi Itu Mudah, Ini 3 Jurusnya!

Ada opsi hemat biaya yang bisa Anda lakukan saat akan berlibur, misalnya melakukan perjalanan ke pantai atau bermain bersama teman selama akhir pekan.


Pertimbangkan untuk Berbagi Biaya

Ingin Liburan Hemat Ikuti 5 Tips Jitu Berikut Ini

Anda tetap bisa berlibur saat punya utang.  Caranya tentu saja adalah dengan melakukan penghematan.

Berlibur bersama teman memungkinkan Anda membagi biaya perjalanan menjadi lebih hemat. Salah satunya adalah Anda bisa menghemat biaya menginap.


Liburan Bisa Membuat Pikiran Anda Lebih Jernih

7 Cara Menghemat Biaya Bulan Madu dengan Fasilitas Terbaik - pekerjaan untuk penggemar traveling

Salah satu alasan paling penting untuk berlibur adalah memungkinkan Anda melepaskan diri dari tekanan hidup dan kembali merenungkan gambaran yang lebih besar.

Dengan begitu, Anda bisa berpikir lebih jernih tentang situasi keuangan dan sasaran karir di masa depan.

Saat berlibur, Anda akan memahami mengapa bisa terlilit banyak utang dan Anda juga bisa lebih mengevaluasi prioritas pengeluaran.

Baca juga: 12 Resolusi Keuangan 2019 untuk Mencapai Kebebasan Finansial

Dengan cara seperti ini, Anda jauh lebih mungkin membuat anggaran yang baik dan memfokuskan diri pada pengeluaran dan manfaat di masa depan daripada berhutang.

Misalnya saja, Anda berhutang karena tidak memiliki dana darurat atau tidak mempersiapkan biaya di masa depan dengan baik. Sekarang Anda bisa memperbaikinya dengan mulai mendanai dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk disimpan.

Jika takut dengan resiko investasi, Anda bisa mulai dengan instrumen investasi yang rendah resiko, salah satunya KoinWorks.

Risiko mendanai di KoinWorks bisa dicegah karena adanya fasilitas dana proteksi untuk para investor sampai dengan 100%. Investasi juga bisa dimulai dengan dana Rp100.000 saja.


Liburan Bisa Memotivasi Anda Membayar Utang

tips traveling setiap tahun

Liburan dapat membantu Anda bermimpi dan menginspirasi melakukan perubahan untuk kehidupan yang lebih baik.

Dengan berlibur pikiran akan menjadi lebih segar dan ide-ide brilian akan dengan mudah datang. Anda mungkin saja akan jauh termotivasi untuk bekerja lebih giat agar bisa melunasi utang.


Anda Bisa Mendapatkan Pengalaman yang Berharga

cara berhemat saat musim liburan - traveling

Membayar untuk mendapatkan pengalaman yang berharga jauh lebih baik daripada Anda menghabiskan uang untuk membeli barang-barang. Pengalaman yang didapatkan melalui liburan akan lebih mudah diingat dan membuat kehidupan menjadi lebih bergairah.

Sudah siap untuk pergi berlibur?

Nah, 5 hal di atas menjelaskan bahwa pergi berlibur sangat penting dilakukan meskipun Anda memiliki banyak utang saat ini.

Baca juga: Anak Muda Wajib Punya 6 Skill Finansial Ini Agar Bisa Kaya Raya di Masa Depan

Liburan akan membuat pikiran menjadi lebih segar dan bisa memotivasi Anda menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal yang perlu diingat adalah liburan bisa dilakukan dengan biaya yang sangat rendah dan tidak harus mahal.

Dengan pembahasan di atas diharapkan Anda bisa membuat keputusan tentang keuangan dengan lebih bijak di masa depan.

Jangan berhutang untuk memenuhi kebutuhan, lebih baik Anda menabung dan menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan. Jika Anda takut dengan risiko investasi yang bisa terjadi, KoinWorks bisa menjadi pilihan untuk memulai.

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​

Super Financial App yang
membawamu #MelangkahLebih