7 Biaya Terbesar yang Perlu Dipersiapkan di Tahun Pertama Kelahiran Bayi Anda, Jadilah Orangtua yang Siaga – Memiliki seorang anak menjadi salah satu impian yang diidamkan setiap pasangan yang sudah menikah.

Kehadiran anak mampu menghapuskan rasa lelah setelah bekerja dan juga bisa menjadi hiburan yang akan meramaikan rumah Anda.

Hal menjadi permasalahan disini adalah tidak semua orang tua mampu siaga dan mempersiapkan dengan baik kelahiran anak mereka. Padahal ada banyak sekali biaya yang perlu dikeluarkan saat anak lahir dan di tahun-tahun pertama kelahirannya.

Baca Juga: 12 Tujuan Keuangan Pada Usia 30 Tahun yang Harus Dicapai

Persiapkan sejak dini semua biaya yang dibutuhkan anak Anda. Berikut ini 7 biaya terbesar yang penting untuk dipersiapkan saat memiliki anak.

7 Biaya Terbesar yang Perlu Dipersiapkan di Tahun Pertama Kelahiran Bayi

1Mainan Anak

Mainan sangat bermanfaat untuk menstimulasi indera anak dan menjaga agar mereka tetap terhibur saat Anda sedang melakukan aktivitas yang lain.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Pengguna Kartu Kredit, Waspada Utang Membengkak!

Beberapa mainan yang mampu merangsang indera diantaranya mainan yang mampu mengeluarkan suara atau musik dan mainan gantung yang bisa mereka lihat saat berbaring.

Beberapa contoh yang kami sampaikan di atas menjadi mainan yang sangat penting untuk membantu pertumbuhan anak Anda.

Mainan yang lembut dan bisa dipeluk menjadi pilihan yang tepat juga untuk Anda berikan kepada bayi di awal perkembangannya.


2Perabotan Bayi dan Berbagai Perlengkapan

Perabotan yang diperlukan bayi diantaranya tempat tidur, berbagai barang dekoratif, monitor untuk mengawasi gerak-gerik bayi Anda, dan lain sebagainya.


3Pakaian Bayi

Anda tidak bisa mempersiapkan pakaian dalam jumlah yang sedikit saat sudah memiliki bayi. Paling tidak Anda perlu mengganti 2 kali pakaian bahkan lebih untuk menjaga kebersihan tubuhnya.

Baca Juga: 6 Langkah Membeli Rumah Untuk Investasi, Jangan Salah Dalam Memilih

Bahkan di masa-masa awal pertumbuhan, bayi bisa tumbuh dengan cepat dan artinya semua pakaian yang dimiliki bisa tidak muat untuk digunakan.

Solusi pembelian yang bisa menghemat pengeluaran adalah dengan membeli pakaian yang berukuran lebih besar dan membeli dalam jumlah banyak untuk mendapatkan harga lebih murah.


4Popok Bayi

Popok menjadi kebutuhan mutlak selanjutnya yang perlu Anda persiapkan saat sudah memiliki anak. Apapun jenis popok yang Anda gunakan, baik kain atau sekali pakai pasti akan sangat menguras pengeluaran setiap bulannya.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Investasi Properti, Jangan Lagi Dipercaya

Selain popok, Anda juga akan memerlukan tisu yang akan digunakan untuk membersihkan tubuh bayi dari kotoran.


5Perawatan Kesehatan Bayi

Untuk menjaga anak dari ancaman kesehatan yang membahayakan tubuhnya, Anda sebagai orang tua perlu mengeluarkan biaya untuk merawat kesehatan bayi.

Melakukan pemeriksaan rutin kesehatan dan vaksinasi menjadi pengeluaran yang tidak bisa dihindari saat memiliki anak.


6Kebutuhan Makanan dan Nutrisi

Bayi yang sudah tumbuh biasanya tidak hanya mengandalkan ASI untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Menambakan susu formula khusus untuk membantu perkembangannya menjadi pengeluaran selanjutnya yang harus dipersiapkan orangtua.


7Biaya Melahirkan Itu Besar

Biaya terakhir dan menjadi salah satu pengeluaran terbesar, saat akan memiliki anak adalah biaya melahirkan. Biaya akan semakin membangkak, jika Anda melahirkan dengan cara operasi caesar di rumah sakit.

Baca Juga: 6 Tanda Anda Belum Seharusnya Memiliki Rumah Baru

Memiliki asuransi kesehatan yang mampu menanggung biaya persalinan ibu hamil menjadi hal yang sangat penting untuk Anda miliki.

Bagaimana cara memenuhi semua pengeluaran di atas?

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi sejak dini ke berbagai instrumen investasi yang manawarkan tingkat imbal hasil yang kompetitif.

Kami lebih menyarankan Anda untuk berinvestasi daripada menabung karena hasil yang akan didapatkan akan sangat jauh berbeda di masa depan.

Baca Juga: 7 Pengeluaran Kecil yang Menguras Anggaran Bulanan, Lakukan Evaluasi Segera

Dengan berinvestasi, dana yang Anda sisihkan berpotensi tumbuh di atas rata-rata laju inflasi tahunan. Hal ini tentu saja tidak akan Anda dapatkan saat menabung uang di bank, ditambah lagi dengan adanya berbagai biaya bulanan yang akan menguras tabungan Ada.

KoinWorks bisa dijadikan pilihan investasi terbaik untuk mempersiapkan berbagai biaya untuk kelahiran anak Anda. Melalui investasi di KoinWorks, dana yang Anda miliki berpotensi tumbuh mulai dari 18% bunga efektif dalam setahun.

Hal yang paling menarik adalah modal dana yang perlu dipersiapkan untuk berinvestasi juga sangat rendah yaitu minimal Rp 100.000 saja.

Tidak hanya itu saja manfaatnya!

Dengan berinvestasi di KoinWorks, Anda juga turut berpartisipasi membantu UMKM untuk tumbuh dan berkembang.

Baca Juga: Memanfaatkan Efek Compounding Sebagai Bagian dari Strategi Investasi

Hal ini dikarenakan KoinWorks merupakan platform peer to peer lending yang akan mempertemukan pihak peminjam dana dan pemberi dana atau investor.

Sebagian besar peminjam dana yang ada di KoinWorks merupakan pelaku UMKM yang membutuhkan modal untuk menambah jumlah persediaan atau mengembangkan usahanya.

Artinya Anda secara tidak langsung turut membantu perekonomian Indonesia untuk bertumbuh dan besar.

Lebih baik mulai sejak dini!

Untuk mendapatkan hasil investasi yang optimal, sebaiknya Anda mulai melakukan investasi sebelum merencanakan kelahiran anak. Waktu yang ideal untuk mempersiapkan dana adalah antara 1-2 tahun sebelum anak Anda lahir.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak Dengan Investasi

Jadilah orangtua siaga yang mampu memenuhi berbagai pengeluaran anak di masa depan. Jangan pernah menunda untuk berinvestasi mengingat manfaatnya yang sangat luar biasa bagi keuangan keluarga di masa depan.

Tidak hanya untuk mempersiapkan dana kelahiran anak saja, investasi juga bisa bermanfaat untuk memenuhi rencana keuangan lain seperti dana pendidikan anak, biaya membangun rumah, dan biaya berlibur.

Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.




Punya pertanyaan seputar KoinWorks?

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.