Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Biar Gak Kredit Macet – Zaman sekarang, sudah banyak orang yang memiliki kartu kredit, dan mungkin Anda termasuk salah satu penggunanya.

Memang, kartu ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna untuk belanja baik online atau pun offline, makan hingga traveling, dan menopang kehidupan sehari-hari.

Tak salah, kalau kartu ini disebut dengan kartu sakti, karena kegunaannya memang sangat banyak.

Apalagi jika Anda sedang tak memiliki uang menjelang akhir bulan, kartu kredit akan sangat membantu Anda.

Selain itu, dengan kartu kredit Anda tak perlu repot membawa uang tunai, hanya tinggal gesek masalah keuangan bisa teratasi.

Tapi, layaknya pisau bermata dua, walaupun memiliki banyak fasilitas yang membantu Anda, kartu kredit bisa menjadi bencana kalau Anda tidak bijak memakainya.

Maka dari itu, Anda harus bisa menggunakan kartu kredit, agar tidak mengalami kredit macet dan terhindar dari blacklist BI. Bagaimana caranya? Ini tipsnya!


Tips Bijak Menggunakan Kartu Kredit Biar Gak Kredit Macet

1Hindari Bayar Tagihan dengan Jumlah Minimum

akibat-bayar-kartu kredit-skor-credit scoring - bijak menggunakan kartu kredit

Anda yang sudah menggunakan kartu kredit pasti familiar dengan fasilitas pembayaran tagihan minumum yang diberikan pihak penerbit kartu.

Minumum pembayaran berarti Anda tidak harus melunasi tagihan dengan penuh, tapi bisa mencicil memakai nominal minimum dari bank.

Memang, hal ini sangat memudahkan, tetapi perlu diketahui justru inilah awal dari masalah besar di kemudian hari nanti.

Ketika Anda mencicil dengan jumlah minimum, jangka waktu sampai tagihan akan menjadi lama, dan bunga terus terakumulasi.

Maka dari itu, lebih baik Anda segera melunasi utang kartu kredit secara penuh. Jangan sesekali memilih opsi pembayaran minimum.

Memang biayanya yang dikeluarkan lebih besar, tapi Anda akan bebas dari beban bunga yang menumpuk, hidup pun juga lebih tenang.

Solusi agar Anda bisa melunasi kartu kredit secara langsung, Anda harus mengatur keuangan dan memisahkan porsi pembayaran cicilan secara terpisah.

Tak hanya itu, usahakan juga untuk jangan menggunakan kartu kredit, sampai Anda bisa melunasi tagihan sebelumnya.


2Jangan Transaksi Melebihi Limit

kartu kredit - bijak menggunakan kartu kredit

Saat bank menyetujui permohonan kartu kredit Anda, biasanya ia akan memberikan limit atau batas pinjaman sesuai dengan kemampuan keuangan Anda.

Setiap bulannya, jumlah dari limit tersebut akan terisi kembali, jadi Anda bisa memakainya sesuai dengan limit yang berlaku.

Walaupun memiliki limit, tapi bukan berarti Anda harus menghabiskan semuanya, itulah cara bijak menggunakan kartu kredit.

Baca Juga: Ini Dia Akibatnya Jika Anda Tidak Bayar Kartu Kredit!

Bahkan, jangan coba-coba untuk Anda melampaui batas limit karena akan ada denda yang bisa Anda dapatkan.

Misalnya, Anda memiliki kartu kredit dengan limit sebesar Rp10 juta, maka usahakan transaksi Anda jangan sampai melebihi nominal tersebut.


3Membayar Cicilan Lebih Cepat dari Tanggal Jatuh

akibat-tidak bayar-kartu kredit-utang-stress-nunggak

Salah satu yang membuat utang kartu kredit bengkak adalah membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo.

Nah, agar Anda bijak menggunakan kartu kredit, jangan sampai Anda melakukan hal ini.

Selalu ingat untuk menyisihkan dana pembayaran cicilan kartu kredit, setiap kali gajian.

Walaupun Anda sudah gajian, sementara tagihan belum jatuh tempo, segeralah membayar tagihan secara langsung, jangan ditunda-tunda lagi, apalagi bayar saat mepet tanggalnya.

Tahukah Anda? Hal ini sangat penting, karena menghindari Anda dari denda, di mana denda yang ditetapkan oleh Bank Indonesia bisa mencapai Rp150 ribu, lho.

Baca Juga: 4 Tipe Pengguna Kartu Kredit Berdasarkan Cara Menghabiskan Uang

Sekarang ini, untuk membayar tagihan kartu kredit sangat mudah, Anda bisa memanfaatkan fasilitas mobile banking atau internet banking selama 24 jam tanpa perlu ke ATM atau bank.

Jadi, tak ada alasan bagi Anda untuk menunda melunasi tagihan.

Memang, melakukan hal ini butuh kedisiplinan dan konsistensi, maka dari itu sebelum memakai kartu sakti ini, Anda harus meyakinkan diri kalau Anda mampu bijak menggunakan kartu kredit.


4Tetapkan Budget 

utang-kredit-bayar-bunga-denda

Setiap bulannya, tentu Anda memiliki budget belanja bulanan yang digunakan sebagai patokan dana agar keuangan selalu aman.

Nah, dalam menggunakan kartu kredit, Anda juga harus menetapkan batas yang bisa Anda gunakan, agar tetap aman.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Alasan Ini Saat Tergoda Membeli Secara Kredit dan Mencicil

Walaupun kartu kredit Anda mendapatkan limit besar, tapi tak ada salahnya untuk menetapkan sendiri batas dana yang bisa Anda pakai utnuk belanja.

Dengan rutin melakukan hal ini, Anda tentu akan bisa menjadi bijak menggunakan kartu kredit dan terhindar dari kredit macet.


Itulah tips bijak menggunakan kartu kredit agar Anda bisa terhindar dari kredit macet. Memang benar, kartu kredit ibarat pisau bermata dua. Namun, istilah tersebut tidak akan Anda alami kalau bisa melakukan langkah-langkah di atas.

Biasanya, jika Anda sudah dipercaya untuk memiliki kartu kredit, itu berarti keuangan Anda sudah tergolong nyaman. Maka dari itu, daripada hanya menggunakan kartu kredit yang sebenarnya konsumtif, sudah saatnya Anda juga mengalokasikan dana untuk berinvestasi.

Jika Anda masih tergolong pemula, tenang saja karena saat ini tersedia investasi alternatif di Peer-to-Peer Lending (P2P) di KoinWorks.

Bagi yang belum familiar, Peer-to-Peer Lending (P2P) adalah sebuah marketplace tempat terhubungnya pendana dan peminjam yang ingin mewujudkan tujuan keuangannya masing-masing. Entah itu untuk modal bisnis atau pun dana pendidikan.

Dengan menjadi investor di P2P, Anda akan berkesempatan untuk mendanai suatu investor atau pelaku bisnis.

Jika Anda tertarik untuk berinvestasi di Peer-to-Peer Lending, KoinWorks bisa menjadi platform pilihan bagi Anda. Di KoinWorks Anda bisa langsung menjadi investor hanya dengan Rp100.000 dan mendapatkan hasil imbal mulai dari 18% hingga 21,37% per tahun.

Tak perlu khawatir, dengan berinvestasi di KoinWorks Anda akan #YakinAman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan bersertifikasi ISO:27001.

Yuk, lihat pengalaman Pendana yang sudah mendanai di KoinWorks berikut!

Jangan lupa untuk download aplikasi KoinWorks di sini karena akan ada banyak fitur baru yang sangat membantu kegiatan keuangan Anda.

 


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.