Home Bisnis Mau Coba Bisnis Katering Sehat? Simak Dulu Perhitungan Modal...

Mau Coba Bisnis Katering Sehat? Simak Dulu Perhitungan Modal dan Keuntungannya

Mau Coba Bisnis Katering Sehat? Simak Dulu Perhitungan Modal dan Keuntungannya – Belakangan ini, hidup sehat tampaknya telah menjadi tren di kalangan masyarakat. Tren hidup sehat pun bisa dari berbagai aspek, seperti olahraga atau konsumsi sehari-hari.

Terlebih lagi di tengah pandemi Covid-19, kesadaran akan kebersihan dan kesehatan tiap masyarakat jadi meningkat berkali lipat.

Tidak hanya masker atau hand sanitizer yang laris di pasaran, vitamin dan makanan sehat pun terus diburu oleh masyarakat.

Hal tersebut tentunya dilakukan oleh masyarakat guna meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari terkenanya virus corona.

Selain itu, tren gaya hidup sehat cukup populer di kalangan masyarakat perkotaan yang memiliki kesibukan super tinggi. Dengan terbatasnya waktu luang yang mereka miliki, olahraga sampai memasak sendiri makanan sehat seringkali sulit untuk dilakukan.

Untuk mengatasinya, banyak orang yang akhirnya memilih untuk berlangganan katering makanan sehat agar tubuh tetap fit di saat situasi pandemi saat ini.

Memilih untuk berlangganan katering makanan sehat pun dianggap cukup efektif, karena satu porsi makanan sehat tidak jauh berbeda dengan makanan biasa yang sering dikonsumsi, yaitu berkisar 50 ribu rupiah. Harganya pun bisa lebih murah jika kamu ikut langganan per bulan atau per minggu.

Nah, melihat situasi saat ini, bagi kamu yang ingin membuka bisnis makanan, katering makanan sehat tampaknya bisa memberikan kamu peluang yang bagus.

Namun, sebelum memulainya, kamu bisa simak penjelasan berikut ini mengenai perhitungan modal awal dan tips berbisnis katering makanan sehat agar bisa memberikan kamu keuntungan yang ciamik.


Mau Coba Bisnis Katering Sehat? Simak Dulu Perhitungan Modal dan Keuntungannya

1
Modal Awal

Sumber Modal yang Tepat Untuk Bisnis Kamu: Dana Pribadi atau Investor?- katering makanan sehat

Berikut ini adalah estimasi perhitungan modal awal yang akan kamu keluarkan untuk bisnis catering sehat. Harga yang tercantum pada tabel tersebut, adalah harga pasaran yang tertera di e-commerce.

No Jenis Barang Harga QTY Total
1 Tempat makan Rp 5.000 100 Rp 500.000
2 Sendok dan garpu plastik 1 set isi 25 Rp 6.500 5 Rp 32.500
3 Sticker logo merek Rp 300.000 Rp 300.000
4 Tas belanja kertas Rp 500 200 Rp 100.000
5 Bahan makanan serba organik (4 menu) Rp 3.000.000 Rp 3.000.000
Total Rp 3.932.500

Dengan kamu mengeluarkan uang sebesar Rp3.932.500, kamu sudah bisa mulai bisnis catering makanan sehat sebanyak 100 box.

Jika kamu ingin meminimalisir kembali modal awal, kamu bisa memanfaatkan perlengkapan dapur yang ada di rumah. Seperti gas atau rice cooker.


2
Perhitungan Keuntungan

Menggaji Diri Sendiri dari Keuntungan Bisnis yang Didapat- katering makanan sehat

Anggaplah kamu menjual satu box makanan sehat sebesar Rp50 ribu, lalu berapakah keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu berhasil menjual 100 box? Berikut perhitungannya.

Harga per Porsi Jumlah Total
Penjualan bersih Rp 50.000 100 Rp5.000.000
Modal awal Rp3.932.500
Laba Penjualan bersih – modal awal (Rp 5.000.000 – Rp 3.932.500) Rp1.067.500

 

Dari perhitungan di atas, kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp1.067.500 jika menjual 100 box makanan sehat. Dan jika dipersentasikan, keuntungan yang kamu dapat berkisar 30 persen. Lumayan, bukan?

Untuk keuntungan bisnis catering sehat memang tidak bisa kamu dapatkan dengan jumlah yang sangat besar, karena kamu tentunya membutuhkan bahan baku yang serba organik untuk tetap menjaga kualitas produk kateringmu.


3
Tips Agar Bisnis Katering Kamu Jadi Laris

Lakukan 5 Aktivitas Ini dan Asah Otak Menjadi Lebih Sehat- katering makanan sehat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bisnis katering makanan sehat memang tidak bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

Namun, tidak perlu khawatir, karena kamu bisa melakukan beberapa tips berikut ini agar usaha katering makanan sehatmu bisa laris di pasaran, yaitu:

  • Buat makanan yang sesuai dengan target pasar. Jika target kamu adalah millenial atau pekerja kantoran di Ibukota, kamu bisa membuat varian makanan Indonesia yang dipadukan dengan makanan western.
  • Untuk menjaga kualitas kateringmu dan kepercayaan dari konsumen, pilihlah bahan makanan yang berkualitas.
  • Cantumkan kandungan serta jumlah kalori dari bahan makanan pada box makanan. Karena para konsumen makanan sehat biasanya akan lebih memerhatikan kandungan makanan yang akan mereka santap.
  • Iklankan usahamu melalui sosial media, agar cakupannya menjadi luas. Tidak lupa untuk mengunggah foto asli dari produkmu dan berikan caption yang menarik.
  • Kamu juga bisa memasarkan produk kateringmu dengan bermitra bersama penyedia food delivery online.
  • Untuk bisa menarik perhatian konsumen baru atau konsumen yang berlangganan setiap hari, kamu bisa memberikan harga spesial untuk mereka.
  • Terakhir, yang perlu kamu ingat adalah selalu pertahankan cita rasa produkmu, agar konsumen tidak kecewa.

Berikut tadi adalah estimasi perhitungan modal, keuntungan serta beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memulai usaha katering makanan sehat.

Namun, jika niat usahamu masih terkendala dengan modal, jangan khawatir. Karena kamu tetap bisa menjalakankan ide bisnismu bersama KoinBisnis persembahan dari KoinWorks.

Kamu bisa ajukan pinjaman modal usaha di KoinBisnis hingga Rp2 miliar dengan bunga flat terjangkau yaitu sebesar 0,75% – 1,67% setiap bulannya.

KoinWorks adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan, hingga pinjaman bisnis atau individu.

Yuk, saatnya wujudkan bisnis impian kamu bersama KoinWorks. 


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.