Belajar Bisnis dari Film Aruna & Lidahnya, Ini 5 Caranya! – Aruna dan Lidahnya merupakan sebuah film yang diadaptasi dari novel karya Laksmi Pamuntjak dengan judul yang sama.

Nyatanya, film ini menarik banyak perhatian pecinta film di Indonesia. Bercerita tentang empat orang teman yang melakukan perjalanan dengan lokasi yang sama, tetapi memiliki tujuan yang berbeda.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

Kenalkan Aruna (diperankan Dian Sastro), seorang ahli wabah yang hobi makan. Ia mendapat tugas kantor yang mengharuskan dirinya pergi ke beberapa wilayah di Indonesia untuk meneliti wabah flu burung. Dalam kesempatan ini, ia sekalian mencari resep nasi goreng buatan Mbok-nya yang diduga berasal dari Pontianak.

Ternyata dalam tugas itu, Aruna dipertemukan kembali dengan Farish (diperankan Oka Antara), yang merupakan mantan teman sekantor Aruna.

Lalu, ada Bono (diperankan Nicholas Saputra) seorang chef yang ingin mencicipi berbagai makanan tradisional asli Indonesia demi mendapatkan inspirasi untuk restorannya.

Bono mengajak Nad (diperankan Hannah Al-Rasyid), seorang penulis sekaligus kritikus kuliner terkenal untuk ikut menjelajah kuliner.

Baca Juga: Cara Menerapkan Analisis Kompetitif untuk Bisnis Anda

Nah, cerita perjalanan kuliner ke empat orang teman ini dikemas secara ringan dan menyenangkan. Banyak sekali jenis makanan lezat asal Indonesia dalam film tersebut yang dapat menggugah selera makan Anda.

Nyatanya, Anda bisa belajar bisnis dari film Aruna & Lidahnya, lho. Simak pemaparan selengkapnya di bawah ini!


Belajar Bisnis dari Film Aruna & Lidahnya, Ini 5 Caranya!

1Jadilah Pebisnis yang Jujur

Belajar Bisnis dari Film Aruna & Lidahnya - Mau Berbisnis Kuliner? Culik Ilmu dari 5 Film Bertema Makanan Ini

Seperti Aruna yang selalu jujur terhadap rasa makanan yang dimakannya, dalam segala hal yang kita lakukan kejujuran termasuk hal yang sangat penting.

Kejujuran merupakan pondasi utama dalam hidup, termasuk dalam pekerjaan, membangun jaringan, dan termasuk dalam berbisnis.

Baca Juga: 3 Hal Penting Sebelum Mengirim Barang Ke Luar Negeri

Dalam berbisnis, jangan sampai anda menyepelekan hal ini. Jika Anda jujur, reputasi bisnis Anda pun akan bagus. Reputasi yang dibangun dari kejujuran umumnya dipromosikan dari mulut ke mulut dan biasanya akan memudahkan Anda untuk mendapatkan relasi atau mitra bisnis baru. Bahkan hingga ke level bisnis yang lebih besar.


2Penuhi Diri dengan Keyakinan

Belajar Bisnis dari Film Aruna & Lidahnya, Ini 5 Caranya!

 

Dalam berbisnis, Anda harus yakin bahwa bisnis yang dijalankan akan menuju kesuksesan. Anda harus sepenuh hati menjalaninya, selayaknya Bono yang sangat yakin bahwa dia menu makanan yang dibuatnya akan memiliki cita rasa yang berbeda dan nikmat.

Baca Juga: 8 Tips Menjalankan Bisnis Sampingan dan Mendapat Penghasilan Tambahan

Dengan keyakinan yang dimiliki, Anda akan menciptakan energi positif yang membawa Anda menuju kesuksesan.


3Melakukan Riset Itu Penting

 

Sebaiknya, Anda melakukan riset langsung sebelum menjalankan bisnis. Dengan demikian, Anda bisa memunculkan ide bisnis produk atau jasa guna memenuhi keinginan ataupun kebutuhan konsumen.

Baca Juga: 5 Tips Meningkatkan Omzet Bisnis Busana Muslim Jelang Lebaran

Sebagai contoh, dalam film Aruna & Lidahnya, Bono langsung melakukan riset makanan ke berbagai daerah untuk menemukan ide resep makanan baru pada restorannya.

Nah, untuk Anda yang hendak memulai bisnis, sudahkah Anda melakukan riset?


4Munculkan Ide-ide Baru dengan Berpikir Kritis

Untuk menjadi sukses, Anda juga harus berpikir kritis. Apa sih yang dimaksud dengam berpikir kritis? Ini adalah sebuah kemampuan di mana Anda bisa menganalisis suatu fakta yang ada. Dengan demikian, Anda bisa memunculkan suaru gagasan, mempertahankan, atau membuat perbandingannya.

Baca Juga: Meningkatkan Keterampilan Bisa Meningkatkan Prospek Karir Anda, Bagaimana Bisa?

Dengan pemikiran kritis, Anda bisa lebih mudah menyediakan segala sesuatu yang disukai oleh pelanggan atau konsumen. Ya, berkaca kembali pada film Aruna & Lidahnya, pemikiran kritis selalu ditonjolkan Nad terhadap setiap makanan yang dinikmatinya. Meski, mungkin, rasa makanan yang diicipnya tidak sesuai dengan lidahnya, perempuan ini tetap menghargai setiap rasa makanan tersebut.


5Memperluas Jaringan sebagai Sarana Promosi

Jangan pernah menutup diri untuk bertemu dengan orang baru. Dengan memperluas jaringan, Anda dapat membantu mengembangkan bisnis yang dijalani.

Orang-orang yang telah mengenal Anda, tidak akan ragu mempromosikan bisnis Anda di depan teman mereka. Hasilnya, semakin banyak yang mengenal bisnis kuliner anda.

Baca Juga: Pebisnis Pemula Wajib Tahu! Ini 9 Tahap Memulai Bisnis Kuliner

Seperti Aruna dan teman-temannya. Dari tidak mengenal satu sama lain hingga akhirnya saling mengenal dan ikut membantu Bono menemukan menu baru di restorannya.

Nah, seru juga ya, belajar soal bisnis dari film Aruna & Lidahnya, terutama soal bisnis di bidang kuliner. Nah, bagi Anda yang saat ini sedang menggeluti bisnis, yuk kembangkan bisnis Anda selangkah lebih maju.

Anda bisa membeli inventori, memperlancar arus kas, hingga melakukan kegiatan promosi besar-besaran dengan adanya tambahan modal, lho! Modal usaha ini bisa Anda dapatkan dari  platform P2P Lending seperti KoinWorks yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh OJK.

Anda bisa meengajukan pinjaman modal usaha mulai dari Rp10 juta – Rp2 miliar. Tentunya, akan sangat membantu kelangsungan bisnis Anda, lho! Ya, inilah dia saat yang tepat untuk membuat bisnis kuliner Anda menjadi lebih sukses dan terkenal!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.