Ikuti 5 Cara Ini Biar Untung Banyak Saat Jalani Bisnis Musiman! – Secara teori, Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tapi, sebenarnya banyak musim yang akan Anda jumpai, seperti musim duren, musim rambutan, atau musim mangga.

Biasanya, kalau musimnya sedang datang, akan banyak penjual dadakan yang berjualan di pinggir jalan ataupun secara online.

Contoh besarnya lagi, saat bulan Ramadan tiba, pasti akan banyak juga penjual musiman yang bertebaran. Mulai dari menjual ta’jil buka puasa, hingga parcel untuk lebaran.

Memang, walaupun tidak berkelanjutan dan waktunya cenderung singkat, namun melakukan bisnis musiman menawarkan Anda kesempatan besar untuk bisa raup banyak untung. Maka dari itu, Anda sangat bisa, lho untuk manfaatkan peluang bisnis tersebut.

Tapi sebelum mulai, ikuti dulu tips berikut agar bisa untung banyak!


Ikuti 5 Cara Ini Biar Untung Banyak Saat Jalani Bisnis Musiman!

1Pahami Target Pasar Anda

5 Kiat Menjalankan Bisnis Minuman Kekinian yang Sedang Hits - bisnis musiman

Hal pertama agar sukses jalani bisnis musiman adalah dengan mengenali target pasar Anda. Mereka sendiri adalah konsumen-konsumen potensial yang akan membeli produk Anda.

Cobalah untuk menganalisis apa yang mereka inginkan, dan pahami kebutuhan mereka agar Anda bisa menyiapkan strategi tepat untuk menjangkaunya.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Raup Untung Jutaan dari Bisnis Hijab

Sebagai contoh, saat ini bisnis kopi sedang naik daun, dan biasanya target pasarnya adalah pekerja kantoran yang memang memerlukan kopi saat bekerja.

Maka dari itu, melakukan penjualan melalui online bisa jadi strategi tepat, karena dengan begitu target market bisa lebih mudah dapatkan produk Anda.

2Buat Produk yang Diminati

mesin pembuat kopi - bisnis musiman

Sebagai penjual bisnis musiman, Anda harus peka dengan peluang-peluang yang ada. Anda harus tahu, apa saja produk yang sedang populer atau hits di masyarakat, dan sedang dibutuhkan banyak orang.

Sebagai contoh lagi, saat ini minuman bubble atau boba sedang menjadi tren, banyak orang yang ikut menjual minuman tersebut. Nah, coba saja mengikuti tren ini. Tak masalah jika Anda ingin ikut tren, karena kesempatan tidak datang dua kali.

Baca Juga: Positive Mind Matters! 7 Trik Jitu Agar Selalu Berpikir Positif dalam Berbisnis

Tetapi, jika melakukan hal ini, Anda harus tau kalau saingannya juga akan banyak nantinya. Maka dari itu, cobalah untuk berinovasi dalam membuat produknya, agar bisa lebih menonjol dari yang lainnya.

3Tentukan Harga Kompetitif

6 Taktik Bernegosiasi untuk Mendapatkan Harga Lebih Rendah - bisnis musiman

Jangan hanya karena bisnis musiman Anda sedang banyak dicari orang, jadi membuat Anda serakah.

Harus selalu diingat kalau Anda akan memiliki banyak pesaing, jadi pastikan harga jual produk Anda mampu bersang dengan yang lain.

Ikutilah harga pasaran yang ada, karena tentunya konsumen akan lebih selektif dalam mereka. Bisa dipastikan, mereka akan membanding-bandingkan harga jual dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga: 5 Bisnis Minuman Terlaris dengan Keuntungan Menjanjikan

Anda boleh menentukan harga yang lebih mahal dari pasaran, asalkan produk yang ditawarkan juga memiliki kualitas dan inovasi berbeda dari lainnya.

Tapi, jika Anda ingin menentukan harga yang lebih murah, pastikan hal tersebut tidak membebani Anda nantinya. Selain itu, jangan sampai karena harganya murah Anda jadi tidak memerhatikan kualitas.

Jadi, tentukan harga dengan bijak, ya.


4Kualitas Selalu yang Utama

5 Kiat Menjalankan Bisnis Minuman Kekinian yang Sedang Hits - bisnis musiman

Berhubungan dengan poin sebelumnya, seorang yang memulai bisnis musiman tentunya akan menjual produk serupa bahkan sama dengan pesaingnya.

Persaingan akan terjadi sangat ramai dan ketat, maka dari itu hal yang bisa menarik pelanggan adalah kualitas dari produk ada.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Jawa yang Bisa Jadi Ladang Bisnis Kuliner!

Kualitas produk adalah hal utama yang wajib Anda terapkan, hal itu tak hanya mampu membuat pelanggan memilih produk Anda tapi juga membuatnya menjadi loyal.

Saat ini, bisnis kopi sedang menjamur di mana-mana. Banyak sekali pebisnis yang melakoninya. Maka dari itu, pastikan Anda menghadirkan kopi yang enak dan nikmati agar banyak yang suka.


5Promosi dengan Gencar

Beralihlah ke Media Sosial, Ini 5 Tips Jitu Kuasai Instagram untuk Bisnis - bisnis musiman - punya penghasilan tanpa kerja - akun instagram saham

Setelah semua cara agar bisnis musiman Anda untung, satu hal lagi yang harus diperhatikan yaitu kegiatan promosi.

Anda harus gencar melakukan promosi, secara offline, online atau word of mouth, bahwa Anda juga menjual produk yang konsumen cari.

Cobalah memanfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan pemasaran bisnis Anda.

Nah, karena persaingannya sangat ramai, Anda bisa melakukan tawaran promo, seperti diskon atau buy 1 get 1.

Dengan penawaran spesial seperti itu, tentunya banyak konsumen yang akan tergoda dan memilih produk Anda.

Baca Juga: Beralihlah ke Media Sosial, Ini 5 Tips Jitu Kuasai Instagram untuk Bisnis

Itulah 5 cara jitu agar bisnis musiman yang sedang atau akan Anda jalankan bisa meraup banyak keuntungan.

Bisnis musiman sendiri biasanya harus Anda lakukan sesegera mungkin, saat masih populer di masyarakat. Jika Anda kehilangan momen tersebut, tentunya bisnis Anda tidak akan maksimal.

Tetapi, masalah modal seringkali jadi penghambat Anda untuk segera melakukan bisnis musiman, karena tidak semua orang memiliki uang cukup untuk memulainya.

Sebenarnya, untuk mengatasi hal itu, Anda bisa mengajukan pinjaman modal usaha dengan KoinBisnis di KoinWorks, lho.

Anda bisa mendapatkan pinjaman modal mulai dari Rp10 juta hingga Rp 2 miliar dengan bunga flat terjangkau, yaitu 0,75% hingga 1,67% per bulan.

Yuk, ambil banyak keuntungan sekarang! Jadilah pebisnis hebat dan sukses seperti peminjam dana atau borrower kami di video berikut!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.