8 Bisnis Online Untuk Ibu Rumah Tangga, Pasti Bisa!

Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Tahukah kamu? Sekarang ini banyak sekali bisnis online yang dikelola oleh seorang ibu rumah tangga? Ya, memang nyatanya ada berbagai bisnis online untuk ibu rumah tangga.

Bukan di khususkan hanya untuk ibu rumah tangga saja, tapi ide bisnis online ini memang dinilai sebagai bisnis yang cocok untuk menjadi bisnis online untuk ibu rumah tangga.

Di zaman modern seperti sekarang ini, masyarakat sudah memahami bahwa pria dan wanita memiliki hak dan tanggung jawab yang berbeda namun memiliki kesempatan yang sama untuk memaksimalkan potensi mereka.

Di dalam urusan ekonomi pun, wanita bisa sejajar dengan pria untuk ikut mencari penghasilan yang akan menambah pundi-pundi penghasilan yang diinginkan setiap bulannya.

Bagi ibu rumah tangga, menjadi pebisnis online bisa jadi pilihan tersendiri apalagi jika mempunyai anak dengan tanpa pengasuh.

Dapat dibayangkan bahwa bisnis online lah yang akan memberi ruang yang lebih banyak untuk mengerjakan semuanya.

Memiliki karier di dunia kerja sekaligus mengurus rumah tangga dan anak adalah pekerjaan yang sulit dilakukan secara bersamaan.

Beberapa wanita akan memilih untuk menjadi ibu rumah tangga saja lalu meninggalkan pekerjaanya.

Namun ada juga yang memilih tetap bekerja demi mendapatkan penghasilan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Bagi wanita yang sudah terbiasa bekerja pasti akan merasa bosan jika ada waktu luang di rumah, berawal dari situlah kemudian waktu luang yang dimiliki digunakan untuk mengerjakan bisnis rumahan yang bisa menghasilkan uang.

Sebut saja menjalankan bisnis online.


Berikut ada beberapa ide bisnis online yang bisa dijadikan usaha untuk ibu rumah tangga:

1. Bisnis Makanan

Seorang ibu rumah tangga pasti akan mempunyai keterampilan memasak.

Maka dari itu keterampilan tersebut bisa dimaksimalkan dengan membuat makanan pokok atau camilan yang bisa dijual secara online dengan pengemasan yang premium.

Bagi yang bingung bagaimana caranya untuk mendapatkan modal bisnis makanan bisa meminjam terlebih dahulu di koperasi pinjaman dengan nominal sesuai yang dibutuhkan.

Selanjutnya untuk angsuran bisa dibayarkan dengan menggunakan keuntungan bisnis tersebut.


2. Bisnis MLM

Bisnis MLM menawarkan berbagai jenis produk, termasuk kosmetik.

Wanita dengan kosmetik akan selalu berhubungan dan tidak bisa dipisahkan.

Peluang usaha kosmetik MLM akan memberikan keuntungan maksimal jika dikerjakan dengan rutin dan telaten.

Dengan kerja keras, ibu rumah tangga mampu membuat sebuah jaringan besar yang akan menguntungkan dan hanya dilakukan di rumah saja tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga dan menjadikan pekerjaan rumah dan mengurus anak sebagai hal utama yang harus diprioritaskan.


3. Bisnis Fashion

Jika belum bisa membuat brand sendiri maka tidak ada salahnya untuk menjadi dropshipper atau reseller terlebih dahulu sehingga keuntungan bisa didapatkan dengan modal yang seminimal mungkin yang dikeluarkan.

Adanya fashion sebagai bisnis tidak akan memberikan banyak resiko dimana fashion akan selaku diminati dan selalu berkembang di dalam tahun ke tahun.

Jika modal sudah memadai maka bisa langsung membeli produk dalam jumlah yang banyak atau membuat sendiri dengan merk pribadi yang bisa dipasarkan dengan nama sesuai dengan keinginan.

Hal ini tentu akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi wanita


4. Bisnis Perlengkapan Bayi

Ada banyak peralatan bayi mulai dari pakaian, perlengkapan makan, perlengkapan mandi, dan lain sebagainya yang bisa dimanfaatkan sebagai bisnis yang menguntungkan.

Bergabunglah dengan wanita lain yang mempunyai bayi atau anak sehingga peluang untuk berjualan pun menjadi lebih besar dan lebih menguntungkan.


5. Penulis Lepas, Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Salah satu pekerjaan mudah yang menghasilkan keuntungan sekaligus dapat dikerjakan di rumah adalah dengan menjadi penulis lepas.

Apabila kamu memiliki bakat untuk menulis sekaligus minat di bidang menulis, maka kamu bisa kembangkan bakat tersebut untuk menjadi sumber penghasilan karena sayang sekali apabila bakat itu tak dimanfaatkan dengan baik.

Menulis akan memberkan kamu peluang besar menghasilkan uang dengan nilai yang menjanjikan.

Bekerjalah sebagai freelance melalui berbagai media dan kamu hanya perlu menunjukkan bakat yang dimiliki bila ingin diterima dalam media tersebut.

Jika bakat menulis kamu lebih besar lagi, maka buatlah novel maupun cerpen yang diterbitkan media cetak sehingga kamu akan memperoleh pembayaran royalti yang menguntungkan dari penjualan.


6. Bisnis Tumbuhan dan Tanaman Hias

Seperti yang dikatakan oleh banyak orang jika bisnis berawal dari hobi maupun kesukaan. Setiap ibu rumah tangga pasti menyukai tanaman hias dan mereka dapat menjadikan hal ini sebagai peluang bisnis yang menguntungkan.

Kamu bisa mengembangkannya dengan melakukan cara pembibitan tanaman bunga atau obat-obatan di sekitar pekarangan rumah kamu sendiri.

Sistem pemasarannya pun cukup mudah.

Kamu bisa mempromosikannya terlebih dahulu pada pada tetangga maupun teman-teman kamu.

Alternatif lainnya adalah kamu bisa menggunakan internet sebagai media promosi yang paling ampuh mendatangkan konsumen.

Mengikuti pameran tanaman hias yang sering digelar juga merupakan sebuah jalan untuk memasarkan tanaman hias yang kamu jual.


7. Bisnis Kerajinan Tangan, Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Bila kamu senang melakukan kegiatan seperti merajut, membuat kerajinan tangan maupun merangkai bunga, maka cobalah memanfaatkan keahlian khusus kamu ini untuk menghasilkan keuntungan menjanjikan.

Kamu bisa lebih mengembangkan bakat melalui internet yang telah diperoleh sebelumnya. Gunakan bahan-bahan sisa seperti kain flanel maupun perca yang dengan mudah ditemukan di sekitar kamu menjadi barang-barang berkualitas yang memiliki nilai jual sangat tinggi.


8. Usaha Spa Rumahan

Sudah bukan rahasia lagi jika seluruh wanita pasti ingin tampil cantik setiap hari sehingga mereka rela untuk melakukan perawatan apapun yang dapat menunjang penampilannya tersebut.

Tentunya melihat fenomena ini, maka sebaiknya kamu sebagai ibu rumah tangga yang juga gemar melakukan perawatan membuka spa rumahan.

Manfaatkan bagian kosong rumah kamu sebagai tempat spa.

Tidak perlu harus mewah namun desainlah dengan unik sehingga mampu menarik minat pelanggan.

Buatlah konsep spa dengan menggunakan bahan-bahan lokal yang berkhasiat dan alami seperti buah-buahan, kopi, green tea dan sebagainya.


Karena jualan online bisa dilakukan menggunakan handphone maka wanita atau ibu rumah tangga bisa mengecek orderan sesekali yang masuk ke dalam handphonenya.

Kamu juga bisa memanfaatkan platform e-commerce, media sosial atau mungkin website bisnis.

Jika sudah ada pesanan maka bisa melakukan pengiriman dan lain lain.

Jika bisnis sudah berkembang pesat, tidak ada salahnya merekrut pegawai yang bertugas untuk melakukan pengiriman dan pengepakan atau yang menerima order.

Sebagai ibu rumah tangga, kebutuhan anak dan rumah tetap menjadi prioritas dan yang harus didahulukan sebelum mengerjakan pekerjaan yang lainnya.

Meskipun dilakulan secara online dan dijadikan sebagai bisnis sampingan, tetap saja diperlukan promosi dan strategi supaya bisnis bisa berjalan dengan baik.

Memaksimalkan media sosial dan meminta bantuan suami bisa menjadi cara yang terbaik karena dukungan suami pun dibutuhkan supaya bisa bekerja secara sinergi dan mampu memasarkan produk dengan maksimal demi keuntungan yang maksimal juga.

KoinWorks selalu siap mendukung bisnis kamu untuk terus berkembang maju dengan akses permodalan yang diberikan.

Silakan simulasikan pinjaman kamu melalui kalkulator berikut:

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Dapatkan berbagai informasi seputar Pengembangan Bisnis dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Gina Valerina

Gina Valerina

Gina began her professional journey within the realm of finance, accumulating a wealth of invaluable insights and hands-on experiences. Building upon this extensive background, she uses her expertise to carefully create informative articles. Each article is born from in-depth research and her unwavering dedication to providing her audience with well-verified insights.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.