Ingin Menjalankan Bisnis Rental Mobil Saat Ramadan? Ini Caranya… – Bisnis rental mobil saat Ramadan merupakan salah satu potensi menggiurkan yang bisa Anda coba, apabila ingin meningkatkan peluang dan keuntungan.

Sebenarnya, untuk memulai bisnis ini, Anda tak wajib memiliki mobil dalam jumlah yang banyak. Anda bisa lho, memulai bisnis rental mobil saat Ramadan, meski hanya memiliki 1 mobil saja.

Apabila nantinya permintaan masyarakat meningkat dan Anda berkepikiran untuk menseriusi bisnis ini di masa depan, tentu Anda bisa menambah jumlah unit mobil yang dimiliki.

Namun, untuk saat ini, satu atau dua mobil bisa jadi ladang uang yang mampu menambah penghasilan Anda.

Nah, apabila Anda ingin menjalankan bisnis ini saat Ramadan dengan modal kecil, berikut kami bocorkan 5 caranya.

Ingin Menjalankan Bisnis Rental Mobil Saat Ramadan? Ini Caranya…

1Pilih Lokasi yang Strategis

Ingin Menjalankan Bisnis Rental Mobil Saat Ramadan? Ini Caranya...

Salah satu hal utama yang perlu Anda pertimbangkan kala ingin menjalankan bisnis rental mobil saat Ramadan adalah soal lokasi. Beruntungnya Anda apabila rumah atau tempat mobil Anda berada, dekat dengan tempat-tempat wisata.

Beruntung juga apabila akses menuju tempat Anda juga mudah dijangkau sehingga penyewa tidak kesulitan untuk mendapatkan rental mobil.

Namun, apabila lokasi Anda di perumahan yang minim tempat wisata atau keramaian, mengapa tidak memanfatakan hal tersebut dengan menawarkan jasa rental mobil Anda kepada tetangga terdekat?


2Manfaatkan Mobil yang Dimiliki

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil - 5 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Didapatkan Saat Anda Menyewa Mobil - 5 Manfaat Menyewa Mobil Dibanding Membelinya - 4 Kebiasaan yang Bikin Anda Boros Bahan Bakar Saat Mengendarai Mobil - cara membeli mobil

Apabila memiliki kendaraan nganggur di rumah, mengapa tidak Anda manfaatkan? Bagi para penangkap peluang, mobil nganggur ini biasanya mereka manfaatkan sebagai transportasi online.

Namun selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya untuk disewa secara langsung, yang biasanya tarifnya dihitung berdasarkan jam pemakaian.

Baca juga: Tips Membeli Mobil Untuk Investasi Bisnis Rental

Sebagai contoh, untuk sewa mobil dengan supir selama 6 jam dikenakan harga Rp250.000. Untuk pemakaian 12 jam seharga Rp450.000. Sementara itu untuk pemakaian selama seharian penuh dikenakan biaya Rp600.000.

Anda juga bisa menetapkan harga baru dengan paket rental mobil tanpa sopir, yang mana biasanya harganya lebih murah. Namun, jangan lupa pikirkan dari segi keamanan juga, ya.


3Siapkan Keperluan untuk Bisnis Rental Mobil

5 Tanda Anda Tidak Cocok Menjadi Tenaga Penjual

Untuk kembali diingat, bisnis rental mobil saat Ramadan bukannya tidak memiliki risiko. Bahkan, risiko terbesar yang bisa Anda dapatkan adalah mobil Anda tidak kembali.

Untuk itu, Anda harus membuat aturan bisnis guna menghindari hal tersebut. Misalnya, Anda meminta KTP atau kartu identitas lainnya kepada si penyewa. Pastikan kembali bahwa identitas atau dokumen pendukung lainnya memang asli dan legal.

Jangan lupa untuk membuat Surat Perjanjian Sewa juga supaya lebih aman.

Anda juga bisa memfoto kondisi mobil Anda sebelum dirental, guna memastikan bahwa mobil Anda tetap dalam kondisi yang baik, sama seperti sebelum dirental. Pikirkanlah juga soal asuransi untuk mobil Anda, ya.


4Lakukan Promosi

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Promosi itu penting, lho! Ingat, bagaimana konsumen akan tahu soal bisnis Anda apabila Anda tidak gencar mempromosikannya?

Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah mempromosikannya lewat media sosial, membuat website khusus, membagikan flyer, atau mengandalkan promosi dari mulut ke mulut.

Coba beritahukan kepada tetangga-tetangga Anda bahwa Anda kini memiliki bisnis rental mobil. Siapa tahu, ada yang belum kebagian tiket mudik? Nah, mobil Anda bisa jadi solusi bagi mereka yang ingin pulang ke kampung halaman.


5Bangun Jaringan Bisnis Anda

Membeli Mobil Baru Atau Bekas 4

Nah, pastinya Anda mau bisnis rental mobil ini berkembang pesat bukan? Langkah selanjutnya yang bisa Anda ambil adalah dengan membangun jaringan bisnis.

Baca juga: [INFOGRAFIK] Tetap Happy Tanpa Keluar Banyak Uang

Cobalah untuk bekerja sama dengan hotel atau trip organizer untuk mempromosikan bisnis Anda ini. Siapa tahu bisnis bisa berkembang lebih cepat dan Anda pun mampu menjangkau lebih banyak pelanggan!


Saya Mau Bisnis Makin Berkembang, Caranya?

Jangan Terburu-Buru! 6 Pertimbangan Sebelum Membeli Mobil

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bisnis rental mobil saat Ramadan memang memiliki potensi yang bagus. Sangat mungkin untuk menseriusi bisnis ini sehingga tidak hanya berjalan saat Ramadan saja.

Namun, modal usaha sering menjadi kendala yang membuat bisnis stagnan. Apakah Anda pernah merasakannya?

Tenang, Anda bisa memanfaatkan akses permodalan usaha dari platform P2P Lending seperti KoinWorks, yang sudah terdaftar secara resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Dengan bunga terjangkau, yakni 0,75% hingga 1,67% flat per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan pinjaman modal usaha hingga Rp2 miliar.

Modal kerja inin nantinya bisa digunakan untuk menjaga arus kas, membeli inventaris, atau untuk keperluan lain saat menjalankan bisnis rental mobil saat Ramadan ini.

Apabil Anda ingin memperoleh informasi lebih lanjut mengenai pinjaman modal usaha dari KoinWorks, silakan klik di sini. Selamat mengembangkan bisnis Anda, ya!


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.