7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan yang Mampu Menghasilkan Keuntungan Besar – Banyak orang berlomba-lomba ingin menjadi pebisnis. Apakah Anda salah satunya?

Namun karena masih di tahap awal dan pengembangan, banyak yang memilih untuk mengoperasikan bisnis secara sederhana. Salah satunya dengan menjadi solopreneur dan tidak merekrut karyawan.

Baca juga: Bingung Menentukan Visi Bisnis Anda? Jawab Dulu 7 Pertanyaan Ini

Memang, ketika menjadi seorang pebisnis tanpa karyawan, Anda harus ekstra kerja keras karena semua-muanya Anda kerjakan sendiri. Namun, dari segi keuntungan, tentu Anda bisa mendapatkan lebih dari yang diinginkan.

Yuk, intip 7 ide bisnis yang bisa Anda jalankan sendiri ini.

7 Ide Bisnis Tanpa Karyawan yang Mampu Menghasilkan Keuntungan Besar

1. Freelancer

karier yang cocok untuk ambivert

Jika Anda memiliki kemampuan khusus, seperti menulis, desainer grafis, coding, menjahit, dan sebagainya, cobalah untuk membangun jaringan secara mandiri dan tawarkan jasa Anda sebagai freelancer.

Baca juga: Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini

Dengan menjadi pekerja lepas dan mengandalkan kemampuan, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai bisnis penuh waktu. Kumpulkan klien sebanyak-banyaknya dan bangun portfolio terbaik Anda.


2. Fotografer atau videografer

penjual foto di situs digital - Kerja Sampingan yang Cocok untuk Introvert

Jago motret atau bikin video? Coba tawarkan jasa Anda untuk memotret pre-wedding, ulang tahun, atau foto di studio.

Jika belum memiliki alat-alat yang memadai, Anda bisa meminjamnya di tempat sewa kamera. Namun, pastikan bahwa Anda mengerti bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut.

Baca juga: 8 Cara Menghasilkan Uang Tambahan di 2018

Selain memotret secara langsung, Anda juga menjual hasil karya Anda di berbagai situs. Nantinya Anda bisa mendapatkan royalti atau pemasukan atas setiap foto yang diunduh atau terjual.


3. Katering rumahan

4 Tips Cara Hidup Hemat di Jakarta2 - makanan

Jangan sia-siakan hobi memasak Anda hanya untuk dinikmati sendiri. Dengan membuka katering rumahan, bahkan Anda bisa menjalankan bisnis tanpa karyawan.

Sebelumnya, tentukan dahulu menu makanan apa yang ingn Anda sajikan. Menu makanan sehat? Menu sarapan pagi? Kemudian, Anda juga bisa mencoba untuk memberikan tester kepada tetangga Anda supaya mereka bisa mencicipi hasil masakan Anda.

Baca juga: 7 Situs Luar Negeri Yang Direkomendasikan Untuk Belajar Bisnis

Jangan lupa, mintalah ulasan mereka, apakah mereka menyukai masakan Anda? Apakah ada yang perlu diperbaiki dari segi kualitas, rasa, penampilan, atau yang lainnya?

Bocorkan juga perkiraan harga menu yang Anda jual dan tanyakan apakah mereka bersedia membeli jika Anda menawarkan harga tersebut.


4. Personal trainer atau instruktur olahraga

Meditasi atau olahraga setiap pagi - menjadi lebih produktif

Seringnya, kesehatan tak lagi menjadi prioritas kehidupan, apalagi untuk karyawan yang bekerja dengan jam reguler di kantor. Belum lagi, lembur seolah sudah menjadi hal biasa.

Mulai dari kurang minum air putih, terlalu lama duduk di kursi dan tidak banyak bergerak, makan atau jajan sembarangan, tidak makan sayur dan buah, dan sebagainya.

Baca juga: Tips Mendirikan Start Up dan Mendapatkan Modal Awal Dari Berbagai Pihak

Nah, mengapa Anda tidak mencoba menjadi personal trainer atau instruktur olahraga saja? Anda bisa mengajukan diri untuk membuat jadwal berolahraga selepas jam kerja misalnya.

Bahkan, Anda bisa mengajar olahraga tidak hanya untuk satu perusahaan saja. Bila klien Anda semakin lama semakin banyak, bisnis tanpa karyawan ini pun benar-benar bisa berjalan dengan baik.


5. Tutor online atau guru les privat

Para Ekstrovert Wajib Coba 9 Pilihan Karier Menjanjikan Ini - guru

Bagi yang berkecimpung di dunia pendidikan, Anda juga bisa memanfaatkan kemampuan dan pengetahuan Anda untuk melakukan tutorial oniline. Anda hanya perlu kamera berkualitas baik yang bisa merekam Anda saat sedang mengajar.

Di sisi lain, Anda juga bisa menjadi guru les privat yang siap dipanggil ke rumah. Untuk mendapatkan murid, jangan lupa promosikan jasa Anda di media sosial, atau bagikan informasi tersebut kepada orang-orang terdekat.

Baca juga: 4 Cara Mudah Bisnis Online Anda dapat Menguasai Teknik Pemasaran yang Tepat

Semakin banyak murid yang Anda miliki, ke depannya Anda bisa membuat tempat les sendiri, lho!


6. Konsultan bisnis

negosiasi - deal

Jika punya insting yang ahli dalam berbisnis, tantang diri Anda untuk menjadi konsultan bisnis. Untuk memulai, Anda bisa membantu kerabat terdekat lebih dahulu.

Baca juga: 4 Evaluasi Bisnis yang Wajib Dilakukan Agar Bisnis Berkembang

Selain itu, untuk mempromosikan keahlian Anda dalam berbisnis, Anda juga bisa mencoba untuk membuat Instagram atau website sendiri yang isinya seputar bisnis. Bisa soal kisah-kisah sukses, tips seputar mengembangkan bisnis, dan sebagainya.

Jangan lupa, sebarkan juga jasa Anda sebagai konsultan bisnis agar usaha yang Anda jalani makin lama makin berkembang.


7. Party decorator

makan malam

Selain kejutan ulang tahun, hal-hal seperti bridal shower dan baby shower sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan di Indonesia.

Tidak jarang, banyak orang mengadakan kegiatan tersebut dan jasa seorang party decorator pun dibutuhkan. Hal ini dilakukan supaya acara lebih berkesan. Biasanya, tidak butuh banyak dekorator untuk mendekorasi ruangan. Satu saja cukup.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 10 Penyebab Bisnis Gagal di Tengah Jalan

Nah, untuk membuat dekorasi yang tampil indah dan cantik, Anda bisa mencari ide dari berbagai website karena biasanya yang didekor bukan hanya meja dan kursi saja, tapi bisa juga tempat tidur, dinding, dan sebagainya.

Jika Anda berniat untuk menseriusi bisnis di atas, tidak ada salahnya untuk mengajukan pinjaman modal usaha ke platform P2P Lending seperti KoinWorks. Jangan malu meminjam, sebab modal usaha bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang.

Baca juga: Investasi Peer To Peer Lending Ternyata Cocok Untuk Anak Muda, Lho. Ini Alasannya!

Anda pun bisa meminjam mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar. Bunga yang ditetapkan pun rendah, mulai dari 0,75% hingga 1,67% flat per bulan.

Dengan tambahan modal usaha, Anda bisa menggunakannya untuk pembelian inventory, pembelian aset modal, hingga kegiatan promosi. Tentu Anda ingin bisnis Anda mencapai kesuksesan di masa depan, kan?


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.