Mudah! Ini 5 Cara Mengurangi Biaya Tagihan Listrik Bulanan

Cara Mengurangi Tagihan Listrik

Biaya tagihan listrik menjadi salah satu pengeluaran rumah tangga terbesar yang menjadi beban setiap bulannya. Namun, mungkinkah ada cara mengurangi tagihan listrik tiap bulan?

Jika kamu bisa berhemat dan menekan biaya listrik setiap bulan, artinya ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk hal lain.

Tidak sulit untuk menekan pengeluaran listrik jika kamu mengetahui caranya.

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan bagaimana cara untuk melakukan penghematan listrik.


Beralih ke Tenaga Surya

Cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan yang pertama adalah dengan beralik ke tenaga surya.

Cara yang satu ini merupakan langkah paling efektif untuk menurunkan biaya tagihan listrik, tetapi masih sedikit masyarakat yang mengetahuinya.

Memang saat akan menggunakan tenaga matahari, kamu memerlukan panel surya yang membutuhkan biaya cukup mahal untuk membuatnya.

Meskipun biaya yang harus dikeluarkan di awal cukup mahal, kamu akan merasakan penghematan yang signifikan dalam jangka panjang.


Manfaatkan Lampu LED

Jika saat ini kamu masih menggunakan bola lampu pijar di dalam rumah, maka segeralah beralih untuk menggunakan lampu LED.

Hal ini perlu dilakukan karena LED merupakan pilihan terbaik untuk menerangi rumah yang ramah lingkungan, berbiaya rendah, dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.


Turunkan Konsumsi Pendingin Ruangan atau AC

Ya, ini adalah salah satu cara mengurangi biaya tagihan listrik bulanan.

Pendingin ruangan banyak digunakan masyarakat yang tinggal di iklim panas atau iklim tropis.

Hal tersebut mereka lakukan untuk membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Padahal AC yang digunakan tersebut merupakan salah satu faktor yang membuat  biaya listrik bulanan menjadi membengkak.

Jangan terlalu sering menggunakan pendingin ruangan, sebab tubuh kamu memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan sekitar.

Untuk opsi yang lebih hemat biaya, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan kipas angin, saat cuaca di luar rumah sangat panas.


Matikan Listrik Saat Tidak Digunakan

Pasti kamu tidak menyadari dan sering tidak mencabut peralatan elektronik dari sumber listrik, saat sedang tidak digunakan.

Beberapa peralatan elektronik yang biasanya dibiarkan tersambung pada sumber listrik dan tidak digunakan adalah TV, komputer, DVD Player, Xbox, dan oven.

Tahukah kamu bahwa peralatan elektronik yang masih tersambung pada sumber listrik akan tetap menggunakan daya dan membebani biaya listrik, meskipun kamu tidak sedang menggunakannya.

Biasakan diri kamu dan keluarga untuk segera mencabut peralatan elektronik yang tidak terpakai dari sumber listrik.

Hal yang perlu diprioritaskan adalah pada saat kamu akan pergi keluar dalam waktu yang cukup lama.


Ganti Peralatan Elektronik yang Sudah Tua

Salah satu sumber pemborosan listrik terbesar yang tidak kamu sadari adalah penggunaan peralatan elektronik tua yang membutuhkan banyak sumber energi.

Salah satunya adalah dengan mengganti lemari es tua ke lemari es yang lebih baru untuk menghemat lebih banyak daya saat digunakan.

Tidak hanya lemari es saja, kamu juga perlu mengganti peralatan elektronik tua lain ke peralatan yang lebih baru untuk mendapatkan penghematan daya listrik.

Beberapa peralatan elektronik yang perlu kamu pertimbangkan untuk diganti adalah TV, lemari es, AC, komputer, dan lain sebagainya.

Saat mengganti peralatan elektronik ke produk yang lebih baru, kamu tidak hanya bisa menghemat biaya listrik, tetapi juga bisa mendapatkan produk dengan kualitas yang lebih baik saat digunakan.

Jangan mempertahankan peralatan elektronik tua karena alasan sayang membuangnya. Kamu bisa menjual peralatan elektronik tersebut ke toko barang bekas dan selanjutnya tambahkan sedikit uang untuk mendapatkan peralatan elektronik yang lebih baik.

Cara seperti ini terbukti mampu menghemat lebih banyak uang saat akan mendapatkan peralatan elektronik baru.


Cara Mengurangi Tagihan Listrik Dengan Smart Thermostat

Banyak pemilik rumah yang menghabiskan uang hanya untuk pemanas dan pendingin rumah karena mereka menjalankannya sepanjang waktu, bahkan saat tidak ada orang di dalam rumah.

Dengan adanya smart thermostat, kamu bisa meningkatkan efisiensi biaya yang harus dikeluarkan untuk pemanas dan pendingin ruangan.

Pengatur suhu cerdas memungkinkan kamu untuk mengontrol suhu ruangan berdasarkan kebiasaan orang-orang yang ada di dalam rumah.


Memperhatikan Hal yang Kecil Untuk Berhemat

Saat musim panas atau kemarau, jendela rumah merupakan salah satu masalah utama yang berkaitan dengan efisiensi.

Masalah yang kami maksudkan adalah adanya celah kecil di jendela yang memungkinkan udara dingin keluar dari ruangan.

Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dengan baik masalah ini.

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah menutup jendela selama siang hari.

Hal ini perlu dilakukan karena matahari yang bersinar bisa memanaskan ruangan yang ada di dalam dan meningkatkan biaya pendingin ruangan kamu.

Jika memungkinkan, kamu bisa menanam pohon di sekitar rumah untuk menghindari panas matahari yang langsung masuk ke dalam ruangan.

Itulah langkah efektif dan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat tagihan listrik setiap bulan.

Dengan penghematan yang dilakukan, maka kamu bisa menggunakan kelebihan dana tersebut untuk hal lain yang bermanfaat.


Saat pengeluaran untuk biaya listrik menurun, artinya akan ada lebih banyak uang yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lain.

Misalnya saja, kamu bisa menyisihkan dana untuk diinvestasikan ke instrumen investasi yang mampu memberikan tingkat imbal hasil yang kompetitif.

Bingung mau berinvestasi ke mana?

Nah, KoinWorks merupakan platform investasi peer-to-peer lending yang tepat untuk investor pemula seperti kamu. Di KoinWorks, kamu bisa mulai mendanai dengan nominal mulai dari Rp100.000.

Meski modal untuk memulai investasi sangat minim, imbal hasil yang bisa didapatkan sangat tinggi yaitu, mampu mencapai bunga efektif 18% dalam setahun.

Dengan modal investasi yang rendah, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda berinvestasi dan mulai mempersiapkan masa depan keuangan yang lebih baik.


Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Wahyu Utama

Wahyu Utama

Freelance Content Writer
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.