Anda pun Boleh Boros, Asalkan… – Salah satu hal yang paling sulit untuk diketahui adalah membedakan mana yang termasuk keinginan dan mana yang termasuk kebutuhan. Sebab, bagi sebagian orang keinginan tersebut malah terasa seperti kebutuhan.

Mereka yang masuk ke golongan ini biasanya rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar hanya untuk menyenangkan dirinya sendiri. Padahal, gaya hidup boros sudah seharusnya dihindari agar kita tidak terjebak dalam kesulitan finansial di masa depan.

Baca Juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Mahasiswa Saat Akan Membayar Biaya Pendidikan

Lalu, apa yang namanya boros itu selalu salah? Hmm belum tentu juga kok! Kalau konteks borosnya adalah menghabiskan uang ke hal-hal yang tidak penting, ini jelas salah, tapi jika konteks borosnya itu menghabiskan uang demi sesuatu yang bisa menambah nilai lebih bagi Anda, ini tidak masalah.

Nah, untuk lebih jelasnya, yuk simak hal-hal apa saja yang membuat boros Anda bisa menjadi lebih bermanfaat!


Anda pun Boleh Boros, Asalkan…

1Boros untuk Pendidikan

sekolah-pendidikan-ilmu-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Inilah salah satu alasan mengapa Anda diperbolehkan boros untuk menambah ilmu pengetahuan atau skill yang Anda miliki.

Ilmu adalah investasi masa depan, jadi seberapa mahal pun biaya pendidikan, ini tidak akan pernah membuat Anda rugi. Ilmu yang Anda dapatkan bisa menjadi nilai plus Anda.

Lalu bagaimana jika Anda tidak mempunyai biaya yang cukup untuk menempuh pendidikan tersebut? Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pendidikan yang harus dibayarkan, sebab saat ini telah ada solusi pinjaman dana khusus pendidikan untuk dimanfaatkan.

Baca Juga: Inilah 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Terus Belajar lewat Pendidikan Formal mau pun Informal!

KoinWorks menawarkan produk pinjaman dana khusus pendidikan dengan nama KoinPintar yang menawarkan suku bunga rendah mulai dari 0,75% per bulan saja.

Masa pembayaran pinjaman juga bisa dilakukan sampai dengan 12 bulan ke depan. Cara seperti ini tentu saja jauh lebih ringan daripada harus membayar biaya pendidikan di muka secara langsung.

Dengan begitu, ilmu Anda pun akan terus bertambah sehingga Anda bisa meningkatkan karir Anda, membangun relasi yang lebih luas dengan rekan kerja, ekspansi bisnis ke ranah yang belum pernah Anda coba, dan masih banyak lagi hal positif lainnya yang bisa Anda lakukan.


2Boros untuk Bertualang

traveling-bertualang-jalan jalan-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Bertualang atau traveling memang bisa menghabiskan banyak uang Anda, namun ini dapat menambah pengalaman yang tak terlupakan bagi Anda. Pengalaman ini juga bisa saja bermanfaat untuk kehidupan Anda di kemudian hari.

Misalnya, karena Anda telah berkunjung ke suatu tempat, Anda bisa saja berbisnis sampingan sebagai tour guide atau travel agent. Bisnis tersebut justru malah bisa menambahkan pundi-pundi keuangan Anda.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar 

Selain itu, traveling juga dapat mengalihkan Anda dari pembelian barang-barang konsumtif seperti fashion terkini atau yang lainnya. Sebab, uang yang Anda miliki telah Anda alokasikan untuk traveling.


3Boros untuk Musik

musik-bermusik-alat musik-instrumen-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Maksudnya musik di sini adalah Anda diperbolehkan untuk membeli alat-alat atau instrumen musik yang sesuai dengan skill Anda. Pembelian alat musik ini tentu saja bisa juga menjadi sarana untuk terus mengasah skill Anda.

Semakin jago Anda dalam bermusik, maka semakin besar pula kemungkinan Anda menghasilkan uang dari musik. Anda bisa mulai dengan mendapatkan uang dari menjadi youtuber dan memamerkan skill Anda di depan kamera, atau membuka les musik privat di rumah.


4Boros untuk Makanan

makan-makanan-sehat-buah-sayur-Anda pun Boleh Boros, Asalkan...

Bukankah jika terlalu konsumtif dalam hal makanan dapat membuat pengeluaran kita jadi tambah membengkak? Ya itu memang betul. Tapi, maksud makanan di sini adalah makanan yang lain, yaitu makanan sehat.

Anda bisa meningkatkan kualitas hidup Anda dari segi kesehatan dengan membeli makanan yang lebih sehat. Semakin sehat Anda, maka akan semakin lama juga umur Anda. Dan semakin lama umur Anda, maka akan semakin lama juga Anda menjalankan bisnis yang Anda miliki.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Untuk Masa Depan Anak Anda!

Selain itu, Anda juga jadi bisa belajar bagaimana caranya membuat makanan sehat dan memulai bisnis di bidang tersebut. Kini, tren makanan sehat sedang ramai diminati oleh banyak anak-anak muda.

Peluang bisnis tersebut bisa saja Anda ambil untuk menambah pemasukan Anda.

Bagaimana? Setelah membaca tulisan di atas, Anda sudah tahu ‘kan hal boros apa saja yang worth it untuk Anda jalani? Intinya, jangan sampai keinginan mengecoh Anda untuk kemudian menjadikannya sebagai kebutuhan ya!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru


Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.