3 Buku Tentang Investasi Yang Wajib Dibaca Para Investor – Jika wawasan dan pengetahuan tentang investasi sudah dikuasai, tentunya, seorang investor tahu betul apa dan harus bagaimana ketika menjadi investor termasuk mengetahui sumber modal.

Tentu ada beberapa sumber modal para investor. Ada yang menggunakan pinjaman modal, uang pribadi atau tabungan, uang hasil menjual properti atau barang pribadi dan lainnya.

Namun, bagi seorang investor, tentunya, ia tidak akan hanya memikirkan tentang sumber modalnya dari mana melainkan juga tentang bagaimana wawasan tentang dunia investasi yang harus ia miliki.

Ada beberapa buku yang bisa dijadikan acuan untuk dibaca para investor sehingga ia mengetahui lebih dalam tentang dunia investasi beserta seluruh hal yang berkaitan dengannya.

Salah satu orang terkaya di planet bumi, Warren Buffet yang memiliki kekayaan hingga US$ 67,6 miliar juga mendapatkan ilmu dan pengetahuan investasinya dari beberapa buku yang ia baca. Ada beberapa buku yang ia sarankan agar para investor untuk membacanya.

3 Buku Tentang Investasi yang Wajib Dibaca Para Investor

1. The Intelligent Investor ditulis oleh Benjamin Graham

Buku tentang investasi hebat ini adalah karya Benjamin Graham, seorang legendaris Wall Street. Buffer sendiri pertama membaca buku ini saat ia berusia 19 tahun. Ia merasakan betul tentang pelajaran berharga yang diberikan oleh buku ini. Hal ini karena buku tersebut memberinya kerangka secara intelektual untuk bisa berinvestasi.

Menurutnya bahwa untuk bisa menginvestasikan dana agar tertap menghasilkan seumur hidup, tidaklah membutuhkan IQ yang tinggi, tidak pula wawasan bisnis yang luar biasa.

Namun, menurutnya, yang Anda butuhkan adalah sebuah kerangka kerja secara intelektual yang kuat sehingga Anda mampu membuat keputusan serta mampu untuk menjaga emosi dari kerangka tersebut. Menurutnya, buku ini sangat tepat serta jelas dalam mengatur kerangka yang tepat pula.

Anda memang harus bisa memberikan disiplin emosional. Jadi, kerangka inilah yang memang seharusnya dimiliki oleh para investor.

2. Security Analysis ditulis oleh Benjamin Graham

Masih dengan penulis yang sama, Buffet mengatakan buku inilah yang sudah memberinya sebuah peta untuk berinvestasi hingga saat ini yang sudah ia jalani selaman lebih dari 57 tahun.

Buku tentang investasi ini berisi tentang bagaimana melakukan sebuah analisis menyeluruh yang kemudian akan membuat Anda mengetahui nilai suatu perusahaan.

Saking kuatnya pengaruh tulisan atau buku Graham bagi Buffet, ia mengatakan, Graham merupakan sosok kedua yang sangat dan paling berpengaruh dalam kehidupannya, tentu setelah ayahnya.

Ia menuturkan bahwa Ben adalah guru yang sangat luar biasa. Menurutnya, Ben itu alami. Tentunya, Anda juga penasaran dengan buku ini yang sudah menginspirasi Warren Buffet untuk berinvestasi hingga selama ini.

3. Common Stocks and Uncommon Profits ditulis oleh Philip Fisher

Philip Fisher merupakan seorang penulis yang juga seorang investor yang mengkhususkan dirinya untuk berinvestasi di dunia atau perusahaan yang inovatif. Buffet mengatakan, ia suka membaca hal apapun yang dikatakan oleh Pil.

Ia juga menyarankan agar Anda bisa membaca karyanya yang satu ini. Fisher, dalam buku ini menekankan agar investor tidak terpaku dengan laporan keuangan emiten semata. Menurutnya, hal itu belum cukup. Investor, menurutnya, memerlukan mengevaluasi sistem manajemen perusahaan juga.

Selain ketiga buku tersebut, Anda juga mungkin tertarik untuk membaca Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street yang ditulis oleh John Brooks. Ada cerita unik dengan buku ini yakni pada tahun 1991, saat itu Bill Gates pendiri Microsoft, bertanya pada Buffet tentang buku favoritnya.

Kemudian Buffet mengirimkan buku ini kepadanya. Gates kemudian mengatakan buku ini sangat penting ketika ingin membangun bisnis yang unggul.

Gates juga menulis yang ditujukan pada Buffet bahwa untuk satu hal, terdapat faktor manusia untuk setiap bisnis. Produk yang sempurna, termasuk juga rencana produksi sampai pada pemasaran tidak akan ada artinya jika tidak ada orang yang tepat untuk memimpin serta melaksanakan rencana tersebut. Buku ini juga menjadi panduan penting bagi para miliarder.

Jadi, jangan hanya fokus pada pinjaman modal atau bagaimana cara mendapatkan modal. Pengetahuan tentang dunia investasi juga penting untuk Anda lakukan agar pemikiran Anda tentang dunia investasi semakin terbuka dan saat itu pula peluang semakin terbuka lebar.

Itulah 3 buku tentang investasi yang wajib dibaca oleh para investor. yang mana buku favorit Anda?


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.