Home Daily Cara Cerdas Membuat Anggaran Liburan

Cara Cerdas Membuat Anggaran Liburan

Cara Cerdas Membuat Anggaran Liburan – Musim liburan telah tiba! Siapa yang sudah mempunyai rencana jalan-jalan bersama orang tercinta? Misalnya liburan ke luar kota dengan keluarga, pergi ke pantai bersama sang kekasih, atau pergi ke rumah sanak saudara dan melakukan aktivitas seru bersama dengan sederhana.

Tapi, dari sekian banyak kegiatan yang bisa dilakukan di atas, kebanyakan dari orang Indonesia biasanya lebih memilih untuk jalan-jalan liburan untuk melepaskan penat. Maka jangan heran jika tempat wisata atau harga tiket transportasi mendadak naik saat musim liburan datang seperti sekarang ini.

Jangan sampai niat refreshing kamu malah berujung jadi pusing karena kamu tidak menyiapkan anggaran yang tepat untuk menikmati liburan bersama keluarga.

Acara liburan ini sebaiknya kamu sesuaikan dengan budget yang kamu miliki, kamu harus menanamkan mindset bahwa liburan yang menyenangkan tidak selalu membutuhkan anggaran gila-gilaan.

Jika kamu merasa bahwa memenuhi kebutuhan bulanan masih pas-pasan, merencanakan liburan dengan menggunakan transportasi udara dan menginap di hotel berbintang kelihatannya bukan suatu ide yang bagus.

Usahakan untuk tidak berutang hanya demi memenuhi hasrat liburan. Kami tidak menyarankan kamu untuk melakukan itu, tapi jangan karena tidak ada uang atau ingin berhemat, kamu malah tidak berlibur sama sekali, padahal liburan itu mempunyai efek yang baik pada energi dan mood kamu di kemudian hari.

Untuk rekomendasi liburan super murah, kamu bisa melakukan 3 alternatif ini:

  1. Staycation: Tetap tinggal di rumah dapat menghemat banyak biaya. Cobalah untuk mengeksplorasi kota kamu sendiri dengan kacamata seorang turis agar pengalamanmu bisa menjadi lebih menyenangkan.
  2. Berkunjung ke keluarga: Ini adalah salah satu opsi yang cukup bagus dalam hal liburan murah. Ajaklah beberapa kerabat lainnya untuk berkumpul juga agar suasana bisa menjadi lebih seru, kamu bisa melakukan banyak aktivitas bersama di sana. Apalagi jika rumah keluargamu terletak jauh dari tempat kamu tinggal, ini bisa dinamakan liburan ekstra hemat karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sewa hotel.
  3. Camping: Berkemah juga bisa dikategorikan sebagai liburan murah, terlebih jika kamu sudah memiliki peralatan kemah sendiri seperti tenda, kompor, matras, tas, dan lainya. Namun jika kamu tidak memilikinya pun kamu bisa sewa alat-alat ini di toko outdoor dengan biaya terjangkau. Selain itu, pengeluaranmu hanya akan ada di konsumsi dan transportasi menuju tempat camping.

Opsi-opsi di atas cukup bagus untuk kamu yang hanya memiliki budget terbatas. Tapi, jika kamu ingin pergi ke suatu tempat yang sedikit lebih mahal, maka sebaiknya ikuti saran kami untuk membangun, menabung, dan berpegang pada anggaran kamu.

Dengan begitu, kamu bisa kembali dari liburan dengan banyak kenangan indah dan tentunya tanpa terbebani oleh utang!


Cara Cerdas Membuat Anggaran Liburan

Membuat anggaran dan liburan mungkin terlihat bertentangan satu sama lainnya, yang satu tampak membosankan dan ribet, yang satu lagi tampak menyenangkan dan tanpa beban.

Tapi kenyataannya, anggaran ini bisa membantu liburan kamu menjadi semakin berkesan dan membuat diri kamu benar-benar bisa menikmati waktu liburan.

Untuk itu, kamu harus tahu dulu bagaimana cara cerdas membuat anggaran liburan agar nantinya kamu tidak perlu berutang atau memakan banyak dana tabungan. Penasaran? Ini dia!


1
Tetapkan Anggaran Maksimum

rencana anggaran- psbb jakarta

Mungkin kamu berpikiran bahwa anggaran ini dibuat berdasarkan destinasi liburan yang kamu pilih, ini bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, karena beberapa tempat bisa saja lebih mahal untuk dikunjungi, mulai dari biaya transport, makan, hingga hotel.

Jadi, sebaiknya kamu menetapkan dulu anggaran maksimum yang bisa kamu keluarkan, dengan begitu kamu bisa menentukan destinasi liburan mana yang cocok dengan anggaran kamu.

Kemudian kamu juga bisa cari tahu lagi bagaimana caranya mendapatkan deal yang lebih murah dari harga normal. Kamu bisa menemukan caranya melalui blog traveler atau vlog artis idola.

Lalu, bagaimana caranya kamu mengetahui bahwa ini adalah anggaran yang tepat?

  • Berdasarkan anggaran bulanan: Berapa banyak dana yang bisa kamu alokasikan tiap bulan untuk ditabung dalam pemenuhan kebutuhan liburan? Kalikan angkanya dengan jumlah bulan sampai bulan liburanmu tiba, setelah itu kamu akan mendapatkan anggaran maksimum.
  • Berdasarkan penghasilan tahunan: Hitung penghasilan bulanan kamu setiap bulan dan totalkan selama setahun. Nah, dari total penghasilan tahunan itu, tentukan berapa persen dana yang ingin kamu alokasikan untuk kebutuhan liburan dan tetapkan angka itu sebagai anggaran maksimum kamu.

Ingatlah untuk memperhitungkan beberapa liburan selama berjalannya tahun jika ingin berlibur lebih dari satu kali. Kamu dapat menetapkan anggaran liburan tahunan, kemudian memecahnya menjadi dua atau tiga perjalanan kecil, tergantung pada jadwal dan preferensi kamu.


2
Tentukan Destinasi

destinasi wisata traveling

Kamu mungkin bisa tergoda dengan murahnya tiket pesawat saat sedang ada promo yang dikeluarkan oleh suatu maskapai penerbangan, godaan ini bisa saja membuat kamu malah mengidamkan perjalanan yang tidak kamu rencanakan sebelumnya.

Sebaiknya kamu tidak tergoda oleh hal ini, karena kamu bisa saja mendapatkan tiket pesawat sebelum tabungan kamu terkumpul. Selain itu, kamu mungkin bisa dapat tiket pesawat murah tapi tidak dengan penginapan atau biaya konsumsi hariannya.

Pilihan terbaiknya adalah kamu bisa mulai browsing di Google dengan keyword “liburan terbaik dengan budget [masukkan budget kamu di sini]”. Ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan ide-ide destinasi liburan menarik yang ramah anggaran.

Bukan itu saja, kamu juga harus memastikan biaya perjalanan untuk sampai ke destinasi tersebut. Mungkin wisata ke Jogja bisa lebih murah daripada ke kota lain, tapi tetap akan terasa mahal jika domisili kamu berada di pulau Kalimantan.


3
Rencanakan Biaya Total

Menggabungkan Keuangan Sebelum Menikah

Setelah mendapatkan destinasi yang diinginkan, kamu harus mencari tahu anggaran kasar mengenai jenis transportasi dan biaya akomodasinya. Kamu bisa melihat referensi dari orang-orang yang sudah pernah berlibur ke sana.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan Online Saat Musim Liburan

Mulai susun satu persatu item yang nantinya akan kamu keluarkan untuk penerbangan, penginapan, dan semua akomodasi lainnya.

Soal penginapan, kamu mungkin bisa juga mempertimbangkan untuk menyewa villa atau rumah dibandingkan dengan kamar hotel. Kamu bisa mulai menghitung juga mana harga yang lebih terjangkau dengan budget-mu, mungkin kamar hotel bisa lebih murah tapi kamu harus makan di luar setiap saat, atau mungkin kamu bisa ambil sebuah villa kecil yang lengkap dengan damur untuk memasak makananmu sendiri.


4
Tambahkan Hal-Hal Kecil Lainnya

rencana keuangan - strategi investasi - strategi keuangan - rencana investasi - sebelum berinvestasi - mulai mendanai - investasi - biaya hidup pasangan muda- 8 Tips Keuangan untuk Pasangan yang Baru Menikah - Uang Menghancurkan Hubungan Anda dan Pasangan, Bagaimana Bisa?- Jangan Sampai Terlambat! Ini Dia 4 Cara Cermat Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Setelah memperkirakan total biaya liburan kamu, luangkan waktumu untuk melihat hal-hal kecil yang perlu dikeluarkan, seperti:

  • Makanan berat & makanan ringan
  • Perlengkapan khusus kendaraan umum
  • Biaya administrasi (paspor, visa, dll)
  • Hiburan (tiket atraksi, pertunjukan, dll)
  • Suvenir atau oleh-oleh.

Saat kamu menuliskan semua rencana pengeluaran ini, bersikaplah wajar jika ada biaya-biaya yang harus dibayar. Lebih baik membuat rencana anggaran lebih besar daripada membuat segalanya pas-pasan.

Jadi, kamu bisa santai dan tetap menikmati liburan jika suatu waktu ada hal-hal terduga yang tidak sesuai rencanamu. Jangan lupa juga untuk menuliskan pengeluaran “lain-lain” yang hampir pasti akan muncul di setiap liburan kamu.


5
Tetapkan Jangka Waktu Menabung dan Tujuannya

menabung (1)

Setelah kamu memiliki anggaran dan tanggal waktu liburan, kamu harus mencari tahu berapa banyak dana yang harus kamu tabung setiap bulannya untuk mencapai tujuan budget liburan itu.

Misalnya, jika kamu ingin mengeluarkan budget liburan sebesar Rp30 juta, itu artinya kamu harus menabung sebesar Rp2,5 juta per bulan selama setahun. Kamu juga bisa memulainya dengan menabung dalam jumlah besar di awal, sehingga kamu bisa memesan tiket pesawat atau penginapan jauh sebelum hari keberangkatan.


6
Buat Lebih dari Satu Rekening

Tipe Pembeli Online di Indonesia, Kamu Termasuk yang Mana?

Cara yang satu ini juga bisa kamu praktikkan agar uang tabunganmu tidak diganggu gugat oleh kebutuhan sehari-hari.

Setiap bulannya, kamu bisa mengalokasikan sekian persen dari penghasilanmu untuk ditabungkan ke rekening khusus liburan ini. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa rekening bank kamu dibuat di tempat yang tidak memakan banyak biaya administrasi di awal atau tiap bulannya.


7
Mulai Investasi

Inilah 4 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil yang Harus Anda Coba!

Selain menabung, kamu juga bisa menambahkan dana liburanmu dari investasi. Saat ini, sudah banyak instrumen yang bisa menjadi pilihan kamu seperti reksadana, emas, saham, forex, atau P2P Lending.

Dengan berinvestasi, kamu jadi punya lebih dari satu pemasukan di setiap bulannya. Misalnya, jika kamu melakukan pendanaan di alternatif investasi seperti KoinWorks, Super Financial App pertama di Indonesia.

Kamu cukup berinvestasimu di KoinP2P untuk bisa mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahunnya. Soal keamanan, kamu tidak perlu khawatir karena kini KoinWorks sudah berizin dan diawasi langsung oleh OJK.

Aman dan menguntungkan, bukan?


8
Penganggaran Saat Liburan Sudah Berjalan

Mau Liburan Hemat Sesuai Budget? Ikuti Tips Berikut Ini!-cara liburan hemat-Dana Pensiun-Menghitung Pengeluaran Untuk Boba Drink, Bisa Jadi Apa?

Karena kamu sudah membuat anggaran dan menabung untuk pengeluaran liburan, maka sebaiknya kamu membayar segala keperluannya secara tunai, tanpa menggunakan kartu kredit.

Lalu, bagaimana cara mempertahankan anggaran kamu saat kamu benar-benar sedang berlibur? Ini adalah beberapa opsinya:

  • Bawa uang tunai: Kamu sebaiknya menarik semua tabungan khusus liburanmu dan memasukkannya ke dalam amplop. Walaupun ini adalah suatu cara yang tradisional, cara ini cukup ampuh untuk menjaga pengeluaranmu tetap terkendali, tapi tetap harus berhati-hati ya dalam membawanya.
  • Lacak Pengeluaran Setiap Hari: Di zaman modern seperti ini, kamu sudah tidak perlu lagi menulis secara manual. Cukup catat semua pengeluaran dalam aplikasi agar kamu bisa tahu mana pengeluaran yang penting dan mana yang tidak penting.

Itulah beberapa cara cerdas yang bisa kamu lakukan untuk membuat anggaran liburan yang tepat. Jadi, sudahkah kamu menentukan tempat liburan idamanmu?



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Ferry Irawanhttp://ferryirawan0706.wixsite.com/portfolio
I believe that humans can not only be hypnotized through actions, but also through words.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Apa itu KoinWorks?

Baca
X