Home Beginner Inilah 4 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil yang...

Inilah 4 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil yang Harus Anda Coba!

ā€¢

Inilah 4 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil yang Harus Anda Coba! – Tidak jarang orang menganggap bahwa dibutuhkan banyak dana sebagai modal awal berinvestasi.

Padahal pemikiran tersebut tidaklah benar. Kini, Anda tidak perlu pusing mengumpulkan ratusan ribu sampai jutaan rupiah untuk digunakan dalam berinvestasi setiap bulannya.

Kini, sudah ada banyak cara berinvestasi dengan modal yang kecil. Bahkan ada perusahaan fintech yang menawarkan pendanaan dengan nominal dana Rp100.000, seperti KoinWorks.

Hal terpenting yang tidak boleh Anda lupakan yaitu berinvestasilah secara rutin setiap bulan. Konsistensi sangat dibutuhkan dalam hal ini. Tujuannya adalah untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mudah investasi dengan menggunakan modal yang kecil. Coba yuk!


Inilah 4 Cara Mudah Investasi Dengan Modal Kecil yang Harus Anda Coba!

1
Coba Terapkan Konsep “Cookie Jar”

Mulai Investasi Jangka Panjang-Investasi Saham atau Reksa Dana? Ini Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan - investasi minim risiko-SBR-menabung (1)Mulai Menabung dan Investasi-Apa itu Socially Reponsible Investment (SRI)?

Menabung dan berinvestasi memiliki keterkaitan. Anda harus menabung untuk mengumpulkan modal awal investasi. Tapi jangan khawatir, Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah.

IstilahĀ cookie jarĀ seringkali disebut dalam bidang akuntansi dan perbankan. Maksudnya yaitu membuat sebuah cadangan dana dan menggunakannya di saat Anda membutuhkannya.

Ingat pepatah sedikit demi sedikit menjadi bukit? Anda bisa memulainya dengan menyisihkan minimal Rp25.000 setiap minggu. Letakkan uang itu di dalam dompet khusus, amplop, kotak, atau brankas.

Saat uang yang Anda simpan sudah terkumpul dalam jumlah yang lumayan banyak, hitunglah dalam sebulan bisa terkumpul Rp100.000 dan dalam setahun mencapai Rp1.200.000.

Maka Anda bisa langsung mengalokasikan dana sebesar Rp1.200.000 tersebut ke beberapa instrumen investasi yang Anda percaya. Seperti saham, emas, atau peer-to-peer lending.

Pada intinya, biasakan untuk menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung kemudian diinvestasikan. Perlahan-lahan, Anda bisa tingkatkan jumlahnya sesuai dengan penghasilan yang Anda dapat.


2
Investasi Dengan “Robo Advisor”

Investasi Dengan

Sesuai namanya,Ā robo advisorĀ dibuat dengan tujuan mempermudah masyarakat untuk berinvestasi. Fiturnya yang sederhana dan kemudahan akses membuat investasi dengan cara ini banyak diminati.

Robo advisor bekerja secara otomatis berdasarkan algoritma khusus untuk membuat portofolio investasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Sehingga Anda tidak perlu melakukan konsultasi lagi dengan perencana keuangan.

Sebagai salah satu contoh, di KoinWorks ada namanya KoinRobo yang menerapkan sistem robo advisor.

Di KoinRobo, Anda bisa mendapatkan imbal hasil yang dapat diprediksi karena sudah ditentukan (fixed). Selain itu, risikonya juga cenderung rendah.

Katakanlah, Anda mendanai di KoinRobo sebesar Rp10.000.000 dengan tenor 3 bulan dan bunga 6% per tahun (yang berarti 1.5% per 3 bulan). Di bulan ke-3, dana pokok yang Anda investasikan akan kembali, ditambah bunga sejumlah Rp150.000, totalnya menjadi Rp10.150.000.

Itulah untungnya berinvestasi denganĀ robo advisor. Minimal investasinya juga ada yang dimulai dari Rp100.000 lho, tergantung instrumen apa yang Anda pilih.


3
Investasi Properti

investasi properti

Jenis investasi dengan modal kecil yang bisa Anda coba berikutnya yaitu investasi properti atauĀ real estate.

Jika Anda berpikir investasi ini hanya cocok dilakukan oleh orang-orang kaya yang memiliki uang melimpah, Anda salah. Justru investasi properti ini bisa menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat hanya dengan modal yang sedikit.

Berbagai variasi properti bisa Anda pilih, mulai dari properti kantor, industri, hingga hunian keluarga. Anda juga dapat memilih metode yang akan digunakan dalam berinvestasi, baik saham maupun crowdfundingĀ (pembelian kolektif).

Dalam metode saham, minimal uang yang harus dikeluarkan dihitung per lot yang setara dengan 100 lembar. Nominalnya tergantung dari harga saham yang sudah ditetapkan.

Misal, Anda ingin membeli 2 lot saham (200 lembar) di suatu properti dengan harga saham Rp2.000/lembar, maka uang yang harus Anda keluarkan untuk modal sebesar Rp400.000 untuk 2 lot saham.

Keuntungan yang akan didapatkan yaitu dari dividen perusahaan setiap tahunnya, mengikuti peraturan yang sudah disepakati bersama di awal pembelian saham.

Sedangkan jika Anda ingin berinvestasi dengan metodeĀ crowdfunding, itu berarti Anda tidak perlu membeli properti secara utuh melainkan dengan patungan (kolektif).

Misalnya, real estateĀ yang ingin Anda beli harganya mencapai Rp 1 miliar, maka Anda hanya perlu mengeluarkan dana minimal sebesar 1% dari harga properti. Jika dihitung yaitu sejumlah Rp 10 juta saja.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari hasil sewa properti tersebut, baik setiap bulan maupun setiap tahun, tergantung pada kesepakatan bersama.


4
Ikuti Program Pensiun Pegawai

Ikuti Program Pensiun Pegawai

Anda merasa bingung dan tidak mampu melakukan tiga cara sebelumnya? Coba investasi ini yuk!

Caranya adalah dengan mengikuti program pensiun dari perusahaan tempat Anda bekerja. Investasi dana pensiun ini jumlahnya sangat kecil dan Anda pun tidak akan menyadarinya.

Rencanakan persentase investasi Anda setiap bulannya. Misalnya, Anda menetapkan sebesar 10% dari pendapatan Anda untuk diinvestasikan di program pensiun. Anda pun harus berkomitmen akan hal tersebut.

Anda bisa meningkatkan jumlah persentase investasi pensiun Anda secara bertahap dari tahun ke tahun. Namun, tetap sesuaikan dengan pendapatan Anda setiap bulannya agar kebutuhan Anda masih bisa terpenuhi seperti biasanya.

Dengan demikian, Anda akan melihat adanya peningkatan jumlah dana pensiun yang Anda investasikan selama beberapa tahun belakangan.

Bagaimana? Cara-cara di atas mudah untuk diterapkan bukan? Anda pun tidak akan perlu khawatir membutuhkan modal yang besar untuk berinvestasi.

Selamat mencoba!



Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

Avatar
Nimas Des Aristanti
Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app