Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending – Mungkin Anda masih bingung, bagaimana sebenarnya cara kerja KoinWorks dalam hal pendanaan atau pun investasi. Banyak sekali pertanyaan yang kami terima mengenai cara kerja KoinWorks dalam hal berinvestasi, dan untuk itulah semoga kebingungan Anda diharapkan bisa terjawab dengan artikel ini.

Mengenal Konsep Investasi Fintech Lending

cara kerja koinworks

KoinWorks mengusung konsep Peer to Peer Lending dalam sistem investasinya. Kalau Anda sudah pernah mendengar konsep Crowdfunding, Peer to Peer Lending atau yang sekarang dikenal dengan istilah Fintech Lending ini mengusung konsep yang sama namun identik berbeda.

Baca Juga: 4 Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Investasi di Fintech Lending

Begini penjelasannya. Jika dalam konsep Crowdfunding Anda mengurun dana secara sukarela untuk membantu memenuhi kebutuhan/tujuan mereka yang membutuhkan.

Di Fintech Lending dana yang masuk berupa pinjaman. Di Crowdfunding, Anda berperan sebagai donatur namun di Fintech Lending Anda berperan sebagai investor.

Nah, Fintech Lending ini serupa halnya dengan sebuah online marketplace. Jika di online marketplace terjadi interaksi antara Penjual dengan Pembeli, di Fintech Lending yang terhubung adalah Pendana dan Peminjam.

Pendana sama halnya dengan investor, dan Anda dapat berinvestasi dengan memberikan dana berupa pinjaman kepada peminjam yang tersedia dan Anda bisa mendapatkan bunga secara bulanan hingga tahunan.

Cara Kerja KoinWorks: Bagaimana Sistem KoinWorks Bekerja?

Cara kerja KoinWorks, karena mengusung konsep Fintech Lending yang sudah dijelaskan di atas, terhitung sangat sederhana dan mudah untuk langsung dijalankan.

Di dalam platform KoinWorks Anda dapat terhubung dengan beragam Peminjam berdasarkan kebutuhan pinjaman masing-masing. Setelah itu Anda bisa mengalokasikan dana deposit Anda ke masing-masing peminjam yang tersedia.

Nantinya dana yang Anda investasikan akan langsung ditambahkan ke dalam total dana yang dibutuhkan Peminjam.

Misalnya seorang Peminjam membutuhkan dana pinjaman Rp 250.000.000 dan Anda mengalokasikan dana sekitar Rp 25.000.000 kepadanya.

Itu artinya Anda memenuhi 10% dari total kebutuhan pinjamannya, dan masih tersisa 90% lagi dana yang dibutuhkan atau tersisa Rp 225.000.000.

Sama seperti Anda, Pendana lain yang tergabung juga akan mengalokasikan dana investasinya kepada peminjam tersebut, dan secara perlahan terpenuhilah total dana yang dibutuhkannya.

Dana yang terkumpul nantinya akan dicairkan dan diberikan kepada sang Peminjam.

Setelah itu, tergantung grade-nya, Anda akan mendapatkan bunga pengembalian sebagai hasil investasi Anda setiap bulannya.

Bunga pengembalian itu berdasarkan tingkat suku bunga si Peminjam, semakin tinggi tingkat resiko maka semakin tinggi bunga yang akan Anda dapatkan, dan bunganya bersifat fixed rate.

proses investasi koinworks

Setiap kali Peminjam mengembalikan dana pinjamannya, atau mencicil pinjamannya, Anda akan mendapatkan persenan bunganya setiap bulan. Mudah, kan? Untuk melindungi dana yang Anda investasikan, KoinWorks menetapkan seleksi yang teramat ketat agar Peminjam bisa masuk ke dalam platform dan siap untuk didanai.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi di KoinWorks

Jika KoinWorks mendapati bahwa Peminjam berpotensi untuk gagal bayar, yang kemudian membahayakan dana investasi Pendana, KoinWorks tidak akan memasukkannya ke dalam platform.

KoinWorks juga menggunakan data akurat yang didapat dari para mitra kerjasama yang ada seperti Lazada dan Tokopedia dalam menganalisa data Peminjam.

Teknologi algoritma machine learning yang inovatif pun digunakan untuk meminimalisir segala resiko yang mungkin terjadi.

Selain itu, KoinWorks juga menyediakan Dana Proteksi dan asuransi jiwa dari Allianz. Hal ini tentu meningkatkan keamanan dana investor yang dialokasikan ke Peminjam lewat platform KoinWorks.

Untuk biayanya, baik bagi Pendana dan Peminjam, KoinWorks hanya membebankan biaya ketika transaksi telah berhasil atau selesai dilakukan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Bisa Berinvestasi Setiap Bulan

Untuk memulainya, Anda hanya perlu mendaftar sebagai Pendana di KoinWorks. Setelah itu lakukan deposit dana dan pilih pinjaman yang sesuai keinginan Anda; berdasarkan suku bunga, credit scoring, tujuan pinjaman, hingga detil lengkap para peminjam.

Atau, Anda bisa melihat kisah Koko dan Iin dalam memanfaatkan KoinWorks lewat video berikut:

Cara Pakai KoinWorks: Langkah Lengkap untuk Mulai Menggunakan KoinWorks dalam Berinvestasi

1. Bergabung Menjadi Pendana di KoinWorks

KoinWorks pendaftaran

Halaman Pendaftaran KoinWorks

Untuk mulai berinvestasi, silahkan bergabung di KoinWorks terlebih dahulu sebagai Pendana. Isikan data-data dengan lengkap dan benar ke masing-masing kolom yang tersedia. Daftar menggunakan halaman ini.

2. Lakukan Deposit Dana

Lakukan deposit dana untuk mulai mendanai. Anda bisa melihat tutorialnya dari video di atas. Di KoinWorks Anda bisa mulai melakukan pendanaan atau investasi hanya dengan mendepositkan dana mulai dari Rp 100.000.

3. Mulai Melakukan Pendanaan

Nah setelahnya, Anda bisa mulai melakukan pendanaan dengan mengalokasikan dana investasi Anda ke beragam Peminjam sesuai kebutuhan. Caranya mudah, dan untuk lebih lengkapnya, silahkan tonton video di atas.

4. Diversifikasi

teknik diversifikasi investas di fintech lending koinworks Halaman ‘Telusuri’ di Dashboard KoinWorks

Jangan hanya berinvestasi ke satu Peminjam saja, melainkan terapkanlah diversifikasi investasi. Metode ini sangat direkomendasikan oleh investor ahli. Selain memperkecil kemungkinan rugi sepenuhnya, diversifikasi juga terbukti menguntungkan.

Baca juga: Begini Teknik Diversifikasi Investasi di Fintech Lending KoinWorks

5. Berinvestasi di Beragam Suku Bunga

Investasi fintech lending KoinWorks Keuntungan vs Resiko: Persentase Bunga dan Perlindungan Dana Proteksi

Di KoinWorks terdapat credit scoring yang memberikan grade ke masing-masing tipe Peminjam; dari grade A hingga E di mana masing-masing grade dipecah lagi ke dalam lima tingkatan, mulai dari A1 sebagai grade yang tertinggi hingga E5 yang terendah.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengetahui Progres Pinjaman yang Anda Danai di KoinWorks?

“Semangat gotong royong terefleksi dalam konsep P2P lending dan crowdfunding KoinWorks di mana KoinWorks sebagai penyedia layanan, pendana, peminjam saling membantu. Pendana tidak perlu khawatir karena semua peminjam di KoinWorks dianalisis menggunakan algoritma dan pengukuran tingkat risiko sebelum akhirnya ‘lulus’ sebagai peminjam.— Benedicto Haryono, Co-Founder KoinWorksSetiap grade memiliki suku bunga yang berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan di atas, resiko yang tinggi akan menghasilkan bunga yang lebih tinggi pula. Misalnya, bunga yang Anda dapatkan dari investasi kepada Peminjam dengan grade A1 tidak akan lebih tinggi ketimbang grade E5, tapi jauh lebih aman, karena A1 dianggap jauh lebih mampu membayar pinjamannya ketimbang E5.

E5 jauh lebih beresiko untuk gagal bayar ketimbang A1, dan begitu seterusnya. Tapi E5 memberikan bunga yang lebih tinggi kepada tingkatan di atasnya, terutama A1.

Baca Juga: 5 Tips Berinvestasi di Fintech Lending dari Para Ahli

Berkaitan dengan teknik diversifikasi, Anda bisa mencoba mendiversifikasikan dana investasi Anda ke beragam suku bunga atau grade. Jadi cobalah untuk berinvestasi di grade E, D, C untuk mendapatkan bunga yang lebih tinggi namun lebih beresiko, dan amankan dana investasi Anda dengan berinvestasi di grade A dan B.

6. Investasikan Kembali Bunga Pengembalian yang Sudah Didapat

bertaruh di investasi

Jika Anda sudah mendapatkan bunga dari hasil investasi Anda, jangan buru-buru untuk melakukan penarikan. Melainkan, investasikan kembali bunga pengembalian yang sudah Anda dapat untuk mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal lagi.

Baca Juga: Bagaimana Investasi Mempengaruhi Kehidupan Finansial?

Karena, di KoinWorks, bunga yang telah didapat akan lebih tinggi lagi kemungkinan bunga yang didapat setelahnya jika kembali diinvestasikan.

Penutup

investasi di koinworks

Jadi, begitulah cara kerja KoinWorks. Mudah, kan?

Intinya, platform yang disediakan oleh pionir Fintech Lending Indonesia ini mampu mempertemukan Pendana dengan Peminjam lewat sebuah platform berbasis internet, tanpa tatap muka, bisa dilakukan di mana saja dengan cepat dan mudah, dalam berinteraksi untuk memenuhi kebutuhan satu dengan yang lain, yang memungkinkan kedua belah pihak mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Dalam skema ini Anda sebagai investor dapat membantu mewujudkan impian para Peminjam sesuai dengan tujuan pinjamannya, dan Anda pun bisa mendapatkan keuntungan dari investasi Anda.

Tertarik untuk mencoba?

Daftar Sekarang




There are currently no comments.

Apa Komentar Anda?