5 Cara Ampuh Supaya Anda Bisa Kurban Tiap Tahun – Setiap tahunnya, umat islam di dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari besar ini, banyak dari mereka yang menyisihkan sebagian pendapatannya untuk berkurban atau membeli dan menyembelih hewan ternak seperti sapi dan kambing.

Tapi, tingginya harga hewan tersebut membuat banyak orang hanya menjadikan ritual kurban ini sebagai impian semata. Jangankan untuk orang yang berpenghasilan pas-pasan, untuk orang yang mampu saja rasanya cukup berat.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Gaji “10 Koma”

Walaupun begitu, sebenarnya Anda juga bisa lho melakukan kurban setiap tahun walaupun penghasilan Anda pas-pasan. Anda hanya membutuhkan komitmen serta niat yang kuat untuk menjalankannya.

Maka dari itu, yuk ikuti 5 cara ampuh di bawah ini agar Anda tetap bisa kurban tiap tahun!


5 Cara Ampuh Supaya Anda Bisa Kurban Tiap Tahun

1Menabung Tiap Bulan

menabung

Menabung atau mencicil adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Harga hewan ternak yang terbilang mahal akan terasa ringan jika Anda rutin menyetorkan uang Anda tiap bulannya.

Tentukan dulu nominal yang bisa Anda tabungkan tiap bulan. Sebelum memulainya, Anda harus mengetahui dahulu harga hewan ternak pada umumnya, kemudian memprediksi harga pada tahun berikutnya, dan terakhir disesuaikan dengan pemasukan Anda tiap bulan.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Menabung Dana Darurat, Jangan Sampai Anda Berhutang!

Misalnya, harga sapi tahun ini sebesar Rp12 juta, dengan prediksi kenaikan sekitar 15% di tahun berikutnya. Maka dapat diperkirakan harga sapi di tahun depan mencapai Rp14 juta-an. Kemudian bagi menjadi 10 bulan. Jadi, setiap bulan Anda harus menabung sebesar Rp1,4 juta.


2Menabung Emas

simpan-emas-curi-pencuri-menabung

Selain menabung langsung dengan uang, Anda juga bisa memilih alternatif menabung dengan menggunakan emas.

Hal ini bisa Anda lakukan jika dirasa sangat sulit untuk menyisihkan sebagian pendapatan yang Anda miliki. Selain mudah, cara yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai ajang investasi.

Menabung emas juga terbilang aman karena harga emas yang cenderung stabil bahkan sering meningkat. Anda bisa memulai tabungan emas ini melalui program-program yang disediakan oleh pihak terpercaya, seperti Pegadaian.


3Mendanai di P2P Lending

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 9 - investasi untuk ibu rumah tangga-kerja dan kuliah

Jika Anda masih ragu terhadap kemampuan Anda menabung, atau khawatir jika ingin memulai tabungan dalam bentuk emas, mendanai di P2P Lending mungkin bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Pada platform pembiayaan P2P Lending, Anda sebagai Pendana bebas memilih perusahaan dan bisnis mana yang akan didanai dan berapa banyak yang ingin Anda danai. Jenis seperti ini akan menyebarkan risiko yang ada kepada banyak Pendana, dimana akan sangat bagus untuk menjadi pembelajaran bagi Anda tentang pentingnya diversifikasi.

Baca Juga: Cara Kerja KoinWorks: Pendanaan Online P2P Lending 

Dengan P2P Lending, Anda bisa dengan mudah memperluas portofolio dengan menyebarkan atau mendistribusikan dananya ke berbagai peminjam. Hal tersebut pun mengurangi risiko kerugian apabila terjadi gagal bayar pada peminjam yang Anda danai.

Nah, untuk memulainya Anda bisa coba dengan mendanai di KoinWorks. Kenapa harus di KoinWorks? Karena di KoinWorks Anda hanya akan mendanai para pelaku UMKM yang memang membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnisnya.

Baca Juga: Membeli Rumah, Apartmen, atau P2P Lending: Investasi Apa yang Lebih Untung?

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir ada peminjam yang kabur atau gagal bayar, karena KoinWorks sudah menseleksi ketat semua peminjamnya. Anda sudah bisa memulainya hanya dengan Rp100.000 berlaku kelipatannya dan berkesampatan mendapatkan imbal hasil hingga 21,32% per tahun, menarik bukan?

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa tonton videonya di bawah ini


4Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

bisnis-sukses-tips-bersama temann-

Cara berikutnya adalah menggunakan jasa pihak ketiga. Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda memang kesulitan untuk menabung secara pribadi.

Saat ini, sudah banyak sekali lembaga khusus kurban yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban. Anda bisa memilih paketnya sesuai dengan lamanya simpanan tersebut.


5Ikut Arisan Kurban

kumpul-bersama-teman-arisan-ramai-menabung

Cara terakhir ini kini sudah lumayan marak digunakan oleh masyarakat. Anda bisa mulai mengajak sanak saudara atau teman sebanyak-banyaknya untuk mengadakan arisan kurban.

Baca Juga: Biar Hemat, Yuk Intip Cara Atur Uang Ala Orang Jepang!

Namun, sebelum mengikuti arisan, Anda harus membuat kesepakatan dulu bagaimana cara pembayarannya, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan, dan masih banyak lagi hal lainnya. Sehingga Anda bisa menghindari potensi penipuan dari arisan kurban tersebut.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk dapat berkurban tiap tahunnya. Tapi, perlu diingat juga ya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk dapat berkurban setiap tahun, jangan karena hanya gengsi Anda jadi lebih mementingkan tabungan kurban dibandingkan tabungan Anda yang lain.


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.