10 Cara Liburan Hemat untuk Kamu yang Mau Menjaga Kondisi Keuangan

cara liburan hemat-Dana Pensiun-Menghitung Pengeluaran Untuk Boba Drink, Bisa Jadi Apa? - manajemen keuangan

10 Cara Liburan Hemat untuk Kamu yang Ingin Menjaga Kondisi Keuangan  Masa liburan natal dan akhir tahun adalah momen yang tepat untuk berlibur baik bersama teman atau keluarga.

Kebanyakan dari kamu pasti akan menggunakan momen ini untuk bersenang-senang sebelum memulai tahun yang baru.

Pastikan juga kamu telah bersiap untuk kehilangan uang dalam jumlah banyak untuk liburan kali ini, namun bagaimana jika ternyata kamu tetap dapat berhemat sembari berlibur?

Siapa yang tidak suka menyimpan uang bila memungkinkan? Berpergian biasanya menjadi sesuatu yang mahal, tapi dengan strategi yang tepat kamu bisa menurunkan biayanya.

Cobalah 10 cara liburan hemat berikut ini untuk membuat dompetmu tetap penuh walaupun sedang berlibur!


10 Cara Liburan Hemat untuk Kamu yang Ingin Menjaga Kondisi Keuangan

Cari Aktivitas yang Cuma-cuma Alias Gratis

Tips Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial

Ini dia cara liburan hemat yang pertama. Jika kamu melakukan sedikit riset, kamu akan sering melihat ada banyak aktivitas bebas di daerah tujuan.

Lihatlah kalender komunitas untuk melihat apa yang sedang terjadi di saat kamu berada di tempat tersebut.

Museum sering kali memiliki ‘bayar apa saja’ satu kali dalam seminggu dan kadang-kadang mendapat potongan waktu setelah waktu tertentu.


Pesan Kamar dengan Area Kulkas/Microwave atau Dapur

kulkas microwave dapur rumah kamar

Meskipun beberapa orang mungkin tidak suka memasak saat berlibur, kamu harus melakukannya jika ingin berhemat.

Baca Juga: Kiat Menghemat Uang di Musim Libur Natal dan Tahun Baru

Memasak di kamar akan menghemat uang sarapan atau makan siang kamu, bahkan sebuah microwave dan lemari es juga akan sangat membantu untuk memanaskan sisa makanan saat malam yang tidak habis.


Berbelanja di Pasar Petani dan Toko Lokal

Memperluas Pangsa Pasar

Mau tahu apa cara liburan hemat selanjutnya? Yuk, berbelanja di pasar petani atau toko lokal. Pasar petani seringkali memberikan potongan harga makanan menjelang akhir tahun.

Selain itu, berbelanja di toko-toko lokal memungkinkan kamu mencicipi masakan lokal tanpa harus membayar harga restoran. Beli beberapa ikan lokal dan masak di tempat penginapan kamu.


Sebelum Memesan, Perhatikan Lokasi Tempat Kamu Menginap

Kota Terbaik Untuk Berbisnis di Indonesia

Transportasi bisa membuat budget liburan membengkak dengan cepat, jadi kamu mungkin sebaiknya tinggal di lokasi pusat.

Idealnya, dari tempat penginapan kamu bisa berjalan kaki ke mana pun. Jika kamu tinggal di kota, kamu akan berada di dekat kereta bawah tanah atau halte bus juga, sehingga sangat memudahkan untuk akses transportasinya.


Bawa Makanan Ringan/Air Selama Berlibur

makan mie instan - tidak sehat

Pernah menerapkan cara liburan hemat yang satu ini? Ya, makanan ringan ataupun air akan sangat mahal jika kamu berada di tempat wisata, sehingga ide terbaik adalah membawanya di dalam tas kamu.

Baca Juga: Makanan Yang Tidak Sehat Untuk Jantung

Hindari menghabiskan uang untuk membeli makanan ringan atau air yang sesungguhnya bisa dibeli dengan harga murah di minimarket terdekat.


Gunakan Poin Kamu

bintang - poin

Beberapa daftar hotel seperti Aston, Ibis, atau Marriot memiliki sistem loyalitas pelanggan dengan memberikan kamu poin jika menginap disana.

Poin yang didapat kemudian bisa digunakan untuk menginap gratis selama satu malam. Saat bepergian, cobalah untuk menginap secara eksklusif di hotel tersebut dan terbanglah menggunakan maskapai yang sama untuk mengumpulkan poin lebih lagi.


Hindari Kamar ‘Terbaik’

kamar - rumah

Berapa lama kamu benar-benar akan menggunakan kamar? Apakah kamu membutuhkan kamar dengan pemandangan yang bagus atau lebih banyak ruang ekstra?

Apakah kamu akan menggunakan fasilitasnya, seperti kolam renang atau tempat berolahraga?

Kebanyakan orang pasti akan lebih banyak mengabiskan aktifitas di luar saat berlibur, jadi pilihlah kamar yang biasa sekedar untuk beristirahat saat malam.


Bersikap Fleksibel Saat Terbang

pesawat terbang - travel

Jika kamu tidak dalam jadwal yang ketat, bisakah kamu bersifat fleksibel terkait dengan waktu terbang, jumlah pemberhentian, atau pilihan tempat duduk Anda?

Apakah kamu keberatan memiliki waktu transit yang panjang? Jika memungkinkan, periksa tanggal perjalananmu dan lihat apakah harga akan turun jika kamu sedikit mengubah tanggalnya.


Sewa Apartemen

investasi apartemen - sewa apartemen

Jika kamu berlibur secara ramai, maka apartemen atau kondominium seringkali jauh lebih murah. Cobalah gunakan AirBnb atau aplikasi sejenisnya yang bisa memudahkan kamu memilih tempat penginapan.

Cara liburan hemat yang satu ini dijamin ampuh untuk kamu yang ingin menjaga kondisi keuangan.


Makan Siang yang Kenyang

mie instan - boros - makanan tidak sehat

Beberapa restoran di beberapa negara sering menawarkan paket spesial makan siang dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: Tips Biar Bisa Liburan Setiap Tahun

Kamu bisa membeli makanan tambahan saat makan siang dan menyimpannya untuk makan malam untuk menghemat pengeluaran selama berlibur.

Nah, itulah tadi 10 cara liburan hemat yang dapat dilakukan saat masa liburan datang. Tentunya, untuk dapat menikmati liburan tidak harus mengganggu keuangan kamu kan?

Dengan melakukan 10 cara liburan hemat di atas, maka uang gaji ataupun bonus yang kamu dapatkan bisa tetap ditabung untuk masa depan.

Apabila kamu kemudian ingin membuat uang tersebut membantu kamu mendapatkan pendapatan pasif, maka cobalah untuk menginvestasikannya.


Perhitungkan Anggaran Traveling dan Mengumpulkannya

Bila Anda sudah mematangkan rencana untuk traveling, maka kamu juga perlu memantapkan rincian atau pun perhitungan estimasi anggarannya. Kamu bisa menggunakan kalkulator di bawah ini untuk menghitung estimasinya:

Nah sekarang, selain menabung, kamu juga bisa menginvestasikan uang yang dikumpulkan demi mendapatkan imbal hasil untuk menambah tabungan tersebut. Kenapa?

Dengan berinvestasi, uang kamu akan tetap bekerja menghasilkan tambahan uang untuk kamu bahkan meskipun saat ini sedang berlibur.

Ada banyak instrumen investasi yang bisa  dicoba dari sekarang. Bila masih ragu, kamu juga bisa belajar seluk-beluk investasi secara fundamental dengan mencoba mendanai di KoinWorks, Super App Financial.

Lalu mengapa KoinWorks?

KoinWorks Super Financial App adalah suatu platform yang memungkinkan kamu mengakses finansial seperti mendanai dan meminjam dana di satu aplikasi.

Kamu bisa memanfaatkan produk KoinP2P dan KoinRobo dari KoinWorks sebagai investasi alternatif dengan imbal hasil hingga 21,32% per tahun hanya dengan modal awal Rp100.000

Jangan khawatir, dana kamu aman karena dana proteksi. Selain itu, KoinWorks saat ini juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selamat berlibur dan jangan lupa mendanai!

Dapatkan berbagai informasi seputar Gaya Hidup dan Daily lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Firda Nur Asmita

Firda Nur Asmita

As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.