Sudah Dapat THR? Ini 3 Cara Memanfaatkan THR Dengan Baik – Di momen Ramadhan menjelang Lebaran seperti ini, THR sudah pasti Anda kantongi. Tentu menjadi kabar gembira bagi Anda dan keluarga, belum lagi sebentar lagi Anda pun akan menerima gaji bulanan.

Tentu saat mudik nanti, pulang dengan ‘tangan kosong’ bukanlah sebuah opsi. Tentu ada kebanggaan apabila memanfaatkan THR untuk kepentingan keluarga misalnya membawa oleh-oleh atau ‘salam tempel’ kepada keponakan dan anggota keluarga besar lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Mencapai Financial Freedom

Meski THR sudah didapatkan, belum tentu seseorang mampu memanfaatkannya dengan baik. Nah, agar THR yang sudah Anda terima bisa digunakan dengan baik, coba manfaatkan THR Anda dengan hal-hal berikut ini.

Ketimbang Habis Begitu Saja, Ini 3 Cara Memanfaatkan THR Dengan Baik

1. Persiapkan Dana Darurat

tips mempersiapkan dana darurat

Terutama saat perjalanan mudik nanti, mungkin ada saja kebutuhan tak terduga yang harus dipenuhi. Ketimbang harus bersusah payah memikirkan sumber pinjaman karena THR sudah terlanjur digunakan, lebih baik sisihkan THR Anda dari sekarang untuk kepentingan dana darurat.

Baca Juga: 5 Tips Mempersiapkan Dana Darurat Agar Keuangan Selamat

Khusus untuk dana darurat, begitu Anda menerima THR, cobalah untuk langsung menyisihkan 20-30% darinya untuk keperluan dana darurat.

Dengan begitu, apapun situasi yang mau tidak mau harus Anda hadapi nantinya paling tidak Anda sudah siap secara finansial. Terutama bila Anda harus menghadapi tuntutan kebutuhan keluarga di kampung halaman saat mudik nanti.

2. Pisahkan Kebutuhan Pribadi dengan Keluarga Besar

Diversifikasi Portofolio Investasi - diversifikasi investasi p2p lending - koinworks

Wajar bila Anda pun masih harus memenuhi kebutuhan pribadi dan di sisi lain Anda juga ingin membahagiakan keluarga besar dengan membantu memenuhi kebutuhan mereka saat bersilaturahmi, memberikan ‘salam tempel’ kepada keponakan dan sanak saudara lainnya, begitu pun biaya untuk beragam acara yang mungkin terselenggara saat merayakan Lebaran di kampung halaman.

Baca Juga: Agar Pengelolaan Gaji dan THR Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Anda harus pintar mengelola THR yang sudah Anda dapat dengan memisahkan kebutuhan pribadi dengan keluarga besar. Katakanlah porsinya sebesar 60:40 dengan menyisihkan 60% THR untuk kebutuhan pribadi dan 40% sisanya untuk kebutuhan bersama di keluarga besar.

Dengan begitu, Anda tahu seberapa besar porsi yang harus Anda gelontorkan untuk kepentingan pribadi dan keluarga besar.

3. Sisihkan THR Untuk Dana Investasi

investasi peer to peer lending p2p lending koinworks - 6

Menerima THR merupakan kesempatan yang sangat baik untuk berinvestasi. Dari THR yang diterima tentu Anda bisa menyisihkan sebagian darinya untuk diinvestasikan. Katakanlah Anda ingin berinvestasi di Peer to Peer Lending KoinWorks, coba alokasikan 10% – 20% dari THR yang Anda terima khusus untuk diinvestasikan di KoinWorks.

Baca Juga: Begini Cara Kerja KoinWorks dalam Hal Investasi Fintech Lending

Anda pun bisa mengalokasikan beberapa persen lainnya untuk menabung deposito atau pun berinvestasi ke instrumen lain seperti saham dan reksa dana.

Dengan begitu, THR yang Anda dapat saat ini bisa membuahkan hasil dalam setahun ke depan hingga Anda menerima THR lagi. Apabila rutin diinvestasikan paling tidak sebulan sekali (Baca: Tips Investasi Setiap Bulan), keuntungan Anda pun bisa terus bertambah.

Sebagai contoh, apabila dari sekarang Anda mampu menginvestasikan Rp 500.000 setiap bulannya dengan bunga sederhana KoinWorks yang bisa mencapai 15%, maka setahun ke depan, total uang Anda bisa menembus Rp 7 jutaan. Coba simulasikan dengan kalkulator berikut:

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:
Daftar Dapat 150.000

(*) KOIN, Khusus Pendaftar Baru

Bila rutin berinvestasi setiap bulan, efek compounding akan membuat investasi Anda menjadi lebih menguntungkan karena Anda menginvestasikan kembali pengembalian yang didapat setiap bulannya.

Baca Juga: Apa Itu Efek Compounding Dalam Investasi dan Seperti Apa Manfaatnya?

Berinvestasi merupakan salah satu cara memanfaatkan THR dengan baik, apalagi bila Anda sudah mulai mempersiapkan rencana keuangan jangka panjang.

Pada akhirnya, dengan mengikuti berbagai tips di atas, THR yang Anda dapatkan tentu bisa dialokasikan untuk tujuan yang jelas, bukan? Jangan sampai habis digunakan untuk keperluan yang kurang penting. Semoga bermanfaat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survey singkat di halaman berikut.

Download Aplikasi KoinWorks

apple app store iosgoogle play store android app

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.