Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Berinvestasi - kesalahan keuangan yang bisa merusak pernikahan - 3 Alasan Berhutang untuk Pernikahan adalah Pilihan yang Buruk

Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi – Sudah mulai berencana untuk menikah? Selamat! Itu artinya Anda sesaat lagi akan memasuki fase kehidupan yang baru. Apabila Anda berencana untuk memasuki jenjang pernikahan, maka bukan lagi cinta yang harus terlibat.

Ada banyak sekali unsur yang harus dilibatkan dalam suatu pernikahan mulai dari restu orang tua kedua calon mempelai, rencana yang matang, hingga biaya pernikahan.

Mempersiapkan biaya pernikahan bukanlah perkara mudah. Perlu perencanaan yang benar-benar matang agar pada akhirnya tidak malah nombok.

Jangan Lewatkan: Tips Keuangan: Ikuti Tips Ini Demi Mempersiapkan dan Menghemat Biaya Pernikahan

Apalagi, sekarang ini biaya pernikahan yang cukup mewah tidaklah murah. Dan faktanya, banyak insan yang batal menikah karena biaya yang terkumpul belum cukup untuk memenuhi total anggaran yang dibutuhkan.

Sampai pada tahap ini, persiapan dan perencanaan yang matang mutlak penting dilakukan. Adapun contoh simulasi biaya pernikahan sebagai berikut:

Coba gunakan kalkulator simulasi biaya pernikahan di bawah ini untuk memperkirakan berapa kira-kira biaya pernikahan Anda nantinya:

Contoh Rincian Biaya Pernikahan yang Perlu Disiapkan:

  • Gedung dan dekorasi = Rp 12.000.000,-
  • Katering = Rp 14.000.000,-
  • Busana + Rias = Rp 10.500.000,-
  • Undangan dan Souvenir = Rp 4.000.000,-
  • Biaya Dokumentasi = Rp 5.000.000,-
  • Biaya Hiburan = Rp 3.000.000,-
  • Perangkat nikah = Rp 1.500.000,-
  • Transportasi = Rp 4.000.000,-
  • Biaya Lainnya = Rp 5.000.000,-

———————————————————————— +

✯ TOTAL = Rp 59.000.000

Dari rincian di atas, maka Anda dan pasangan harus memiliki anggaran paling tidak sebesar Rp 60.000.000 agar semua keperluan pernikahan dapat terpenuhi.

Baca Juga: Agar Pengelolaan Gaji Bisa Lebih Terarah, Coba 5 Tips Ini

Hanya saja, apakah Anda dan pasangan sudah siap dengan anggaran sebesar itu? Baiknya, apabila Anda sudah memiliki rincian harga awal, Anda tentu bisa hunting jauh-jauh hari agar sembari menekan harga yang termuat dalam rincian biaya pernikahan Anda.

Contoh, apabila rincian biaya sewa gedung yang Anda temukan sebesar Rp 12.000.000 dan sudah termasuk dekorasi dan furnitur di dalamnya, Anda bisa mencari alternatif lain yang lebih bagus dan lebih murah tentunya.

Baca Juga: Agar Keuangan Tetap Terkendali, Coba 5 Aplikasi Pengelola Keuangan Ini

Dan permasalahannya, bagaimana cara mempersiapkan biaya pernikahan bagi Anda yang masih bingung untuk memulai? Tips ini diharapkan bisa membantu.


Begini Trik Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Investasi

Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Pasangan

Tips Mempersiapkan Biaya Pernikahan Dengan Pasangan
  1. Bila Anda dan pasangan sudah bekerja, sisihkan pendapatan bulanan masing-masing dan gabungkan. Kombinasikan juga aset berupa kas, simpanan, maupun investasi.
  2. Pastikan semua basis keuangan Anda dan pasangan sudah cukup kuat dengan meninjau kembali tagihan kartu kredit dan cicilan bulanan jika ada.
  3. Pastikan semua tagihan sudah terlunasi sebelum hari H.
  4. Tentukan berapa besar biaya yang siap dialokasikan di hari pernikahan.
  5. Jangan lupakan biaya untuk berbulan madu.
  6. Mulailah menabung demi mempersiapkan biaya pernikahan Anda hingga seluruh target biaya pernikahan terpenuhi.
  7. Sebagai salah satu solusi terbaik, mulailah berinvestasi jauh lebih awal, bahkan dari sekarang.

Nah, apabila Anda ingin uang yang telah Anda kumpulkan berangsur-angsur menghasilkan, maka berinvestasi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan! Pada dasarnya, uang yang dibiarkan dalam tabungan tidak menghasilkan apa-apa.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Investasi Itu Perlu Dilakukan Sekarang Juga

Dari yang sebelumnya Anda mengharapkan uang tersebut tumbuh dan berangsur-angsur bertambah nilainya, sebaliknya uang yang dibiarkan diam dalam tabungan malah terus tergerus nilainya akibat inflasi dan juga biaya administrasi lainnya.

Baca Juga: Investasi Sebagai Pendapatan Utama: Apa dan Bagaimana?

Salah satu langkah yang paling tepat bagi Anda tentu saja investasi. Jenis investasi yang cocok pun akan tergantung dari risk tolerance, tingkat keuntungan dan risiko, hingga jangka waktu.

Investasi saham atau reksa dana sangat cocok bagi Anda yang sudah berencana menikah kurang dari lima tahun ke depan. Sebaliknya, investasi emas cocok bagi Anda yang akan menikah dalam lebih dari lima tahun lagi.

Selain investasi, Anda bisa juga memilih peer to peer lending sebagai sumber pendapatan tambahan kamu. Di P2P Lending, Anda berkesempatan mendanai sejumlah UMKM di seluruh Indonesia. Bersamaan dengan itu, Anda juga akan memperoleh keuntungan dari imbal hasil dari pendanaan Anda.

Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Rp 100.000 Setiap Hari

Dalam artikel ini, mari kita bersimulasi bagaimana pendanaan peer to peer lending KoinWorks dengan keuntungan efektif 18% per tahun dapat membantu Anda mempersiapkan biaya pernikahan.


Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Pendanaan di KoinWorks

Cara Mempersiapkan Biaya Pernikahan dengan Pendanaan di KoinWorks

Katakanlah Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah dalam 2 tahun ke depan. Anda dan pasangan menyatukan pendapatan bulanan yang sudah disisihkan sebesar Rp2.000.000 untuk didanai di peer to peer lending KoinWorks.

Setelah itu, nominal pendanaan yang bisa Anda tambahkan setiap bulan adalah Rp2.000.000. Dalam 2 tahun, seberapa jauh tingkat pertumbuhan dana yang telah Anda danai dengan suku bunga efektif tahunan sebesar 18%? Mari kita simulasikan tingkat pertumbuhannya.

Rumus untuk menghitungnya adalah:

rumus perhitungan bunga compounding - koinworks

Di mana:

A = nilai pendanaan di masa depan termasuk bunga
FV = future value (nilai di masa depan dengan penambahan)
P = pendanaan awal/pokok
PMT = tambahan dana bulanan
r = suku bunga per tahun (dalam bentuk desimal)
n = frekuensi efek compounding dalam setahun (contoh: apabila efek compounding terjadi bulanan, berarti selama setahun terjadi 12 kali) dan juga frekuensi tambahan dana (contoh: apabila dana tambahan terjadi secara bulanan, maka dalam setahun terdapat 12 kali penambahan)
t = jangka waktu (tahun)

Jadi, apabila kita kategorikan satu per satu maka:

P = Rp2.000.000
PMT = Rp2.000.000
r = 18% => 18/100 => 0,18
n = 12
t = 2 tahun

Untuk menghitung keseluruhan total dana yang Anda danai dalam 2 tahun ke depan, maka rumus yang kita gunakan adalah Total = A + FV, dan maka kita harus mencari A dan FV terlebih dahulu.

Mari kita hitung:

A =  
A = x (1+r/n)
FV = 2.000.000 x x (1 + 0,015)
FV = 2.000.000 x x 1,015
FV = 2.000.000 x  
FV = 2.000.000 x  29,0630236072
FV = 58.126.047,21

Maka, apabila ditotalkan secara keseluruhan, nominal pendanaan Anda secara keseluruhan adalah:

Total = A + FV
Total = Rp2.859.005,62 + Rp58.126.047,21
Total = Rp60.985.052

Dengan perhitungan di atas, total dana yang akan tumbuh dalam 2 tahun ke depan adalah Rp60.985.052

Rinciannya adalah:

  • Total pendanaan selama 2 tahun: Rp50.000.000
  • Total bunga keuntungan yang didapatkan: Rp10.985.052
  • Nilai uang Anda di masa depan menjadi: Rp60.985.052

Atau, Anda juga bisa menghitungnya secara otomatis dengan menggunakan kalkulator di bawah ini:

Nah dari perhitungan di atas, dari total Rp59.000.000 dana yang Anda butuhkan sebagai biaya pernikahan, dengan rajin mendanai di KoinWorks Rp2.000.000 per bulan dengan bunga efektif 18% per tahun, Anda berkesempatan mendapatkan Rp60.985.052 hanya dalam waktu 2 tahun saja.

Itu artinya, dari total keuntungan pendanaan Anda; Rp60.985.052 Rp59.000.000 = Rp1.985.052 dana yang masih bisa Anda tabung atau dialokasikan untuk biaya tak terduga lainnya. Dana tersebut pun bisa menjadi tabungan untuk digunakan sebagai biaya bulan madu.

Baca Juga: Mengenal Investasi dan Cara Memulai Investasi dengan Rp 1 juta

Bagaimana menurut Anda? Sangat menguntungkan, bukan? Itulah cara mempersiapkan biaya pernikahan dengan mendanai di KoinWorks. Jangan tunggu nanti, lakukan pendanaan di KoinWorks mulai dari sekarang!


Dapatkan berbagai informasi seputar Investasi & Keuangan Pribadi dan Expert lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Maxstien

Maxstien

Starting a career as a digital worker who handles various brands and industries. Also has research and writing skills in various industrial fields, currently interested in exploring his writing skills in the financial sector.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.