Modal adalah salah satu syarat utama yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Meski dapat dilakukan, namun membuka bisnis tanpa adanya modal biasanya akan membuat laju pertumbuhan usaha yang dibangun sedikit terhambat. Menurut para ahli di bidang bisnis, apa yang disebut modal bukan hanya berupa uang melainkan juga skill atau kemampuan, peralatan dan perlengkapan, jaringan atau network yang dimiliki dan masih banyak lagi yang lain. Namun, secara umum saat kita membicarakan tentang “modal” atau juga disebut sebagai “capital”, maka yang terbayang di dalam benak kita tentu saja adalah tempat mencari dana.

Saat Anda berencana membuka sebuah bisnis, maka modal awal yang Anda butuhkan relatif cukup besar meski nominalnya akan sangat bergantung kepada skala bisnis yang akan Anda geluti tersebut. Tentunya, untuk bisa mendapatkan modal dengan jumlah yang Anda harapkan, Anda haruslah berusaha, baik dengan menabung maupu dengan cara meminjam. Sayangnya, besaran uang yang didapat dengan cara menabung seringkali tidak mencukupi untuk bisa digunakan sedangkan untuk meminjam uang dari bank terbilang cukup sulit dan berbelit – belit. Maka dari itu Anda harus berfikir lagi tempat mencari dana yang sekiranya bisa membantu Anda dengan mudah.

Sejatinya, ada beberapa alternatif tempat mencari dana untuk mendapatkan modal usaha dengan cepat dan mudah, yaitu:

Teman atau kerabat merupakan pihak yang memiliki hubungan baik dan dekat dengan Anda merupakan salah satu tempat mencari dana yang bersifat aman dan fleksibel dalam pengembalian. Kedekatan tersebut tentunya membuat Anda dengan mudah dapat meminta bantuan kepada mereka agar membantu Anda merealisasikan mimpi Anda untuk memiliki sebuah bisnis. Namun, dalam hal ini Anda harus mampu memberikan penjelasan untuk meyakinkan kepada mereka bahwa bisnis yang akan Anda buka dan operasikan memiliki masa depan yang cerah. Anda harus dapat memberikan janji yang pasti kepada mereka yang telah bersedia meminjamkan modal kepada Anda sehingga mereka akan dapat mempercayai Anda sebagai pemegang modal.

  • Mengajukan kredit ke bank

Ini adalah alternatif pilihan yang bisa dibilang paling populer. Meski mengajukan pinjaman ke bank membutuhkan proses yang seringkali memakan waktu dan tenaga, namun dana yang bisa Anda dapatkan akan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Industri perbankan saat ini menawarkan beragam produk pinjaman yang dapat Anda gunakan sebagai modal usaha, di antaranya adalah Kredit Multiguna dan Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Meski keduanya mirip, namun masing – masing memiliki karakteristik atau kelebihan dan kekurangan. Kredit Multiguna mengharuskan Anda untuk menyerahkan asset berharga sebagai agunan sedangkan KTA sama sekali tidak meminta agunan atau jaminan. Namun, bunga pinjaman kredit Multiguna terbilang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan KTA serta memiliki limit pinjaman yang jauh lebih tinggi disesuaikan dengan nilai agunan yang Anda serahkan.

  • Bekerjasama dengan pihak lain

Ketika modal yang Anda miliki tidak mencukupi, maka mengajak pihak lain untuk bekerjasama merupakan tempat mencari dana yang bisa menjadi solusi terbaik. Dengan program ini, maka Anda tidak harus menanggung semua resiko sendirian karena ada pihak lain yang juga akan menanggungnya. Selain itu, Anda juga tidak perlu menanggung biaya cicilan dan bunga, terutama jika Anda tidak melibatkan uang pinjaman dari bank.

  • Berinvestasi sejak jauh – jauh hari

Menabung modal sejak jauh – jauh hari bisa Anda jadikan cara untuk mendapatkan modal usaha. Banyak sekali pengusaha sukses yang mengawali bisnis mereka sejak puluhan tahun sebelumnya. Mereka meniti anak tangga dengan menabung dana sedikit demi sedikit kemudian berinvestasi ke instrument yang menguntungkan. Dari sana, mereka kemudian menggunakan dana yang terkumpul untuk membuka usaha yang selama ini mereka impikan.

Kini, segala keputusan ada di tangan Anda sendiri. Anda tentunya sudah bisa memperkirakan berapa besar modal yang Anda perlukan dan juga mencari di mana tempat untuk mencarinya. Namun harus diingat bahwa jangan mudah tergiur dengan tawaran dari pegadaian partikelir yang menawarkan pinjaman lunak karena pada umumnya bunga yang harus Anda bayar terbilang sangat tinggi, jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan kredit bank.

Satu hal lain yang tak kalah pentingnya, cobalah untuk selalu fokus dalam mengelola usaha yang Anda miliki dan jangan pernah menyerah karena sukses ada pada mereka yang tahan banting dan giat berusaha.


Simulasi Pinjaman Modal Usaha

Jumlah Pinjaman

Suku Bunga/Tahun (% APR)

Jangka Waktu (Tahun)


Hasil
Bunga Pinjaman
Pokok + Bunga

Cicilan Bulanan:

Syarat Pengajuan Pinjaman di KoinWorks


Tersedia di:  

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.