Pinjaman Bank untuk Usaha: Cara Sukses Mengajukan dan Keuntungannya

·
6 menit
pinjaman bank - bunga pinjaman bank, pinjaman bank syariah, simulasi pinjaman bank, syarat pinjaman bank

Ini Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank Untuk Buka Usaha – Modal merupakan syarat utama yang harus dipersiapkan saat hendak memulai sebuah usaha.

Tanpa modal yang cukup,  laju usaha mungkin akan mengalami kendala di kemudian hari.

Memang tidak semua usaha membutuhkan modal yang besar, bahkan ada usaha yang tidak membutuhkan modal sama sekali.

Namun, di era globalisasi ini, banyak sekali usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar.

Hal tersebut tentu menjadi pertimbangan penting bagi para calon pebisnis yang ingin membuka usahanya.

Banyak dari para calon pebisnis yang mengurungkan niatnya untuk membuka usahanya tersebut dikarenakan tidak memiliki modal yang cukup.

Padahal, banyak lho alternatif yang bisa dilakukukan untuk mendapatkan modal tersebut, salah satunya pinjaman ke bank.

Tapi tentu kamu harus bisa mengelola pinjamannya.

Mengajukan pinjaman uang ke bank memang memiliki persyaratan yang cukup rumit, akan tetapi jika kamu bersungguh-sungguh ingin membuka usaha dan maka sebaiknya kamu ikuti cara pinjam uang di Bank.


Tips Sukses Mengajukan Pinjaman Uang di Bank

1. Buat Pihak Bank Yakin dengan Bisnis Kamu

Sebelum menyetujui pengajuan pinjaman dari nasabahnya, pihak Bank biasanya akan mempertimbangkan beberapa hal yang menyangkut data calon peminjam.

Oleh karena itu langkah pertama, pastikan kamu bisa meyakinkan pihak bank mengenai alasan kenapa kamu mengajukan pinjaman tersebut.

Kamu bisa meyakinkan pihak bank dengan cara merinci dengan sejelas-jelasnya tujuan usaha.

Jelaskan pada pihak bank jika jenis usaha yang akan kamu jalankan adalah sebuah usaha yang memiliki prospek yang bagus di masa mendatang.

Tunjukan kesungguhan kamu dalam membuka usaha tersebut agar pihak bank mau memberikan persetujuan pengajuan pinjaman kamu.

Bila perlu, siapkan proposal dalam bentuk hard copy.

Hal ini bisa menambah nilai kesungguhan kamu dalam mengajukan pinjaman untuk menjalankan usaha.


2. Lengkapi Persyaratan yang Ditentukan

Hal kedua yang perlu kamu lakukan untuk melakukan pinjaman uang di bank adalah dengan melengkapi berbagai macam persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak Bank.

Pihak Bank akan memeriksa kelengkapan persyaratan nasabahnya dengan teliti dan seksama.

Apabila persyaratan tersebut terdapat kekurangan atau tidak sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pihak Bank, maka kemungkinan besar pengajuan pinjaman  tidak akan disetujui.

Maka dari itu sangat penting untuk melengkapi persyaratan-persyaratan yang diajukan oleh pihak Bank tersebut.

Persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan tersebut biasanya berupa dokumen-dokumen pribadi nasabah seperti:

  • laporan keuangan,
  • foto kopi KTP,
  • kartu keluarga,
  • slip gaji atau mutasi keuangan, dan
  • dokumen lainnya.

 

Hal berikutnya pihak Bank biasanya akan meminta nasabahnya untuk menyerahkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki sebagai bentuk jaminan.

Jadi, jika kamu hendak mengajukan pinjaman dengan jaminan, perlu mempersiapkan surat-surat kepemilikan barang yang dimiliki.

Barang jaminan tersebut biasaya digunakan untuk menutupi dana pinjaman yang dipinjamkan kepada nasabahnya jika pada periode pengembalian pinjaman tersebut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun jika kamu tidak memiliki jaminan untuk diberikan kepada pihak bank, kamu bisa memilih pinjaman bisnis non-bank, yang sekarang banyak disediakan fintech.

Tapi harus hati-hati, paling tidak kamu harus pastikan fintech pilihan kamu baik kredibilitasnya dan telah berizin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan seperti KoinBisnis dari KoinWorks.

KoinBisnis dari KoinWorks, merupakan solusi pendanaan bisnis yang memungkinan kamu mendapatkan modal tambahan usaha mulai dari Rp5 juta, hingga Rp2 miliar, dengan bunga rendah mulai dari 0,75%  flat per bulan.

Semua proses pengajuan akan dilakukan secara online, kamu hanya perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi KoinWorks.


3. Miliki Citra Diri yang Positif

Hal yang terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan membentuk citra positif dalam diri.

Pastikan kamu termasuk orang yang layak diberikan pinjaman oleh pihak Bank.

Ketika kamu bertemu dengan pihak bank sebaiknya tak perlu merasa tegang, karena jika  merasa tegang maka kemungkinan besar jawaban yang akan kam berikan pun tidak akan tersampaikan dengan lancar dan penuh keraguan, sehingga jawaban kamu bisa dianggap tidak meyakinkan oleh pihak Bank.

Oleh karena itu bersikaplah dengan sewajarnya saja, supaya pihak bank mau mempertimbangkan tujuan kamu mengajukan pinjaman tersebut.


Keuntungan dan Kerugian Mengajukan Kredit Modal Usaha ke Bank

Seperti dua sisi mata uang, mengajukan kredit kepada bank untuk dijadikan sebagai modal usaha memiliki kelebihan dan kerugian.

Sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke bank untuk mengajukan permohonan pinjaman, ada baiknya mencermati terlebih dahulu untung rugi meminjam modal usaha dari bank berikut ini.

Keuntungan Meminjam Modal Usaha dari Bank

1. Memberi Berbagai Kemudahan

Bagi nasabah yang secara teratur menyimpan uang mereka di suatu bank, besar kemungkinan pihak bank akan mempermudah pengajuan permohonan kredit.

Syarat – syarat yang dibutuhkan pun terbilang sangat mudah karena hanya dokumen – dokumen pribadi serta tentunya riwayat kredit yang baik.

2. Ada Berbagai Jenis Pinjaman

Ada banyak sekali produk pinjaman yang dapat diakses oleh nasabah, termasuk wirausahawan berskala mikro, dari mulai KUR hingga KTA dan Kredit Multiguna.

Masing – masing produk pinjaman menawarkan kelebihan serta kekurangan yang berbeda – beda sehingga nasabah hanya tinggal menyesuaikan mana yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan.

3. Bank Tidak Turut Campur Dalam Urusan Bisnis yang Dijalankan

Di sini, meski bank merupakan pemberi pinjaman modal namun mereka sama sekali tidak akan turut campur di dalam bisnis yang dijalankan dengan uang tersebut.

Satu – satunya hal yang akan diurusi oleh bank adalah kelancaran dan kedisiplinan nasabah dalam pengembalian kredit yang digunakan.

4. Memiliki Bunga Rendah

Pada umumnya, produk pinjaman untuk usaha mikro memiliki tingkat suku bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan produk pinjaman yang lain yang bersifat konsumtif.

5. Agunan Aman di Pihak Bank

Ketika meminjam dana dari bank, biasanya nasabah akan diminta menyerahkan asset berharga sebagai agunan atau jaminan.

Dalam hal ini pihak bank bertanggungjawab secara penuh akan keamanan agunan tersebut.

Kerugian Meminjam Modal Usaha dari Bank

1. Prosesnya Rumit

Tidak sedikit bank yang masih memberlakukan proses yang berbelit – belit.

Setelah menerima formulir permohonan kredit, mereka akan memverifikasi kemudian melakukan survey terhadap usaha yang dijalankan, kembali melakukan verifikasi dan beberapa prosedur merepotkan yang lain.

2. Menghabiskan Banyak Waktu

Karena proses yang rumit dan berbelit tersebut, tidak jarang nasabah harus menunggu hingga berhari – hari bahkan berminggu – minggu untuk menerima dana yang diinginkan.

3. Prioritas Kepada Nasabah yang Pernah Mengajukan Pinjaman

Meski sepenuhnya merupakan kebijakan bank, namun pada umumnya mereka memilih – milih nasabah.

Nasabah yang pernah mendapatkan pinjaman dan lancar dalam hal pengembalian akan lebih mudah mengajukan kredit baru sementara nasabah baru biasanya harus rela mengikuti berbagai prosedur yang merepotkan karena dianggap beresiko tinggi.

4. Jika Gagal Melunasi Pinjaman, Agunan atau Jaminan Akan Menjadi Milik Bank

Ini adalah yang paling dikhawatirkan oleh masyarakat ketika hendak mengajukan kredit ke bank.

Mereka takut apabila ternyata usaha yang dibuka gagal dan pinjaman tidak mampu dilunasi, maka mereka harus merelakan asset yang dijadikan agunan menjadi milik bank.

5. Tidak Mendapatkan Jumlah Sesuai Kebutuhan

Bank akan memberikan kredit sesuai dengan nilai jaminan yang diajukan.

Dalam hal ini, ketika ternyata nilai taksiran bank lebih rendah dari yang dibutuhkan oleh nasabah, maka berarti nasabah tersebut harus rela mencari tambahan dari sumber yang lain.


Jadi Pilih Mana, Pinjaman Bank Atau Pinjaman Online?

Pertanyaan semacam itu seringkali ditanyakan oleh masyarakat, terutama yang berniat mengajukan kredit.

Supaya bisa mengetahui mana pilihan yang terbaik, maka kita harus memahami apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan masing – masing.

Berikut adalah analisisnya yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan mana yang paling sesuai kebutuhan, pinjaman online dan perbankan.

Ketahui dulu kelebihan – kekurangan dari keduanya.

Pinjaman Bank

Kelebihan dan Kekurangan Kredit Bank

Kelebihan:

  1. Mampu memberikan limit kredit yang sangat tinggi, tergantung dari nilai jaminan atau agunan yang diberikan;
  2. Memberikan bunga kredit yang sangat kompetitif karena hampir semua bank diharuskan untuk mengikuti suku bunga yang ditentukan oleh Bank Indonesia sebagai regulator;
  3. Banyak pilihan bank yang tersedia, dari mulai bank daerah, bank berskala nasional, bank perkreditan rakyat hingga bank syariah yang menggunakansystem sesuai syariat islam yang bebas riba;
  4. Nasabah atau debitur diasuransikan;
  5. Tenor atau jangka waktu kredit dapat disesuaikan dengan kebutuhan

 

Kekurangan:

  1. Syarat dan dokumen pengajuan kredit cukup banyak;
  2. Harus memiliki riwayat kredit yang mengesankan;
  3. Proses persetujuan bisa memakan waktu hingga berhari – hari sehingga tidak cocok untuk kebutuhan mendadak atau darurat;
  4. Beberapa produk kredit mewajibkan debitur untuk memiliki kartu kredit;
  5. Limit kredit jauh dari nilai agunan yang diberikan;
  6. Pada beberapa produk pinjaman dikenakan penalty untuk pelunasan sebelum batas waktu

 

Pinjaman Online

Meski kini ada beberapa bank berskala nasional yang telah meluncurkan produk pinjaman secara online, namun apa yang dikupas di sini merupakan produk pinjaman dari perusahaan non bank.

Kelebihan pinjaman tunai online:

  1. Syarat dan dokumen pengajuan kredit pinjaman tunai online sangat mudah;
  2. Proses persetujuan dapat dilakukan dalam waktu satu hari bahkan hanya beberapa jam;
  3. Proses pengajuan dapat dilakukan sewaktu – waktu dan tanpa harus datang langsung ke kreditur yang bersangkutan;
  4. Tidak dikenakan penalty apabila melunasi pinjaman sebelum jatuh tempo;
  5. Tidak meminta adanya agunan atau jaminan kepada nasabah;
  6. Dana dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk kebutuhan yang mendesak atau bersifat darurat;
  7. Tenor sangat fleksibel, mulai dari 6 minggu hingga 36 bulan;
  8. Beberapa perusahaan tidak mengharuskan nasabah untuk memiliki riwayat kredit yang bagus.

 

Kekurangan pinjaman tunai online:

  1. Riskan adanya pinjaman online bodong, yang bukannya membantu malah merugikan;
  2. Berisiko terkena cybercrime, atau penyalahgunaan data pribadi.

 


Demikianlah cara mengajukan pinjaman uang ke bank untuk mendapatkan modal usaha.

Jika pengajuan pinjaman kamu telah disetujui oleh pihak bank maka kamu pun bisa memulai menjalankan usaha yang telah diimpikan.

Pastikan bahwa kamu nantinya menjalankan usaha dengan sebaik-baiknya sehingga bisa mengembalikan pinjaman kamu sesuai dengan waktu yang telah disepakat, dan lancar pembayaran angsurannya.


Alternatif Pinjaman Bisnis Bunga Rendah di KoinBisnis

Di KoinBisnis dari KoinWorks, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk kepentingan bisnis tanpa jaminan melalui sistem peer-to-peer lending.

Nantinya, para Pendana akan bahu-membahu membantu memenuhi kebutuhan pinjaman bisnis kamu dengan bertindak sebagai selayaknya investor.

Selain tanpa jaminan, kamu juga bisa mengajukan pinjaman hingga Rp2 Miliyar dengan bunga rendah mulai 0,75% per bulan.

Jika kamu ingin melunasi pinjaman lebih awal, kamu juga tidak akan dikenakan biaya pinalti, lho.

Bila kamu tertarik untuk mengajukan pinjaman di KoinBisnis dari KoinWorks, silahkan klik tombol di bawah.

Semoga bisnis kamu sukses selalu, ya!

Simulasi Pinjaman KoinWorks
Ketahui maksimum pinjaman dan cicilan per bulan
+62
Estimasi jumlah maksimum pinjaman

Rp

Estimasi cicilan bulanan
  • Tenor 6 bulan: Rp
  • Tenor 12 bulan: Rp
  • Tenor 24 bulan: Rp

Install aplikasi KoinWorks dan mulai ajukan pinjaman di KoinBisnis!

Ajukan Pinjaman Sekarang

Firda
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.
0 0 vote
Article Rating

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar

Langganan via Email​

Dapatkan Tips dan Berita Keuangan Gratis di Inbox Anda​