Home Finance 101 4 Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena...

4 Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena PHK

ā€¢

4 Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena PHK – Saat terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), setiap karyawan berhak untuk mendapatkan pesangon.

Bahkan, perihal pesangon sendiri telah ditetapkan berdasarkan pasal 156 ayat 2 undang-undang No.13 Tahun 2003.

Nantinya, uang pesangon bisa menjadi sumber dana yang dapat dipakai untuk membiayai hidup setelah terkena PHK, ketika tidak berpenghasilan.

Biasanya, pesangon yang didapatkan berjumlah besar, apalagi jika karyawannya sudah bekerja bertahun-tahun.

Maka dari itu, sebaiknya uang pesangon yang ada diatur dengan baik supaya bisa dipakai sumber kehidupan dan sebagai modal selagi kamu mencari pekerjaan baru.

Karena ke depannya kamu akan bergantung dengan dana ini, yuk cari tahu bagaimana cara mengatur uang pesangon dengan baik!


4 Cara Mengelola Uang Pesangon Buat Kamu yang Terkena PHK

Ketahui Aset yang Dimiliki

meneliti investasi-Kesalahan Anak Kos dalam Mengelola Keuangan-5 Cara Mengatur Penghasilan Agar Terhindar Dari Gaji ā€™15 Komaā€™ - Buat Masa Tua Seindah Senyuman di #AgeChallenge dengan 5 Tips Keuangan Ini! - tips investasi untuk anak muda - kegagalan bisnis - cara mengatur keuangan-menabung- 5 Cara Cerdas Mengatur Finansial untuk Freelancer

Sebelum membahas cara mengelola uang pesangon lebih jauh, kamu harus menghitun kembali aset yang kamu punya.

Kamu bisa membuat daftar aset-aset liquid yang kamu miliki seperti jumlah tabungan, dana darurat dan uang pesangon itu sendiri. Jangan lupa untuk memasukan aset investasi yang kamu miliki.

Jadi tidak hanya uang pesangon, tapi total aset-aset yang kamu miliki ini, bisa menjadi sumber dana selama kamu belum mendapat pekerjaan baru.

Maka dari itu, penting hukumnya untuk memiliki dana darurat berupa aset likuid (aset yang mudah dicairkan), karena kita tidak pernah tahu hal-hal tak terduga yang akan terjadi di masa depan.

Jika terjadi hal tak diinginkan, tentu tidak akan terlau mengganggu finansial kita.

Mencatat Pengeluaran Harian

mengatur keuangan - Pencatatan - 4 Cara Kekinian dalam Mengatur Finansial Anda-stres-masalah-keuangan-psbb jakarta

Mencatat seluruh pengeluaran yang kamu lakukan setiap harinya memang terdengar merepotkan dan melelahkan, tetapi hal ini bisa menjadi cara mengelola uang pesangon yang efektif, lho.

Dengan melakukan hal ini dengan disiplin, kamu akan lebih berhati-hati dalam melakukukan pengeluaran.

Sebagai saran, karena sekarang sudah zaman digital, banyak kok aplikasi-aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis untuk membantu dalam mencatat pengeluaran.

Bijaksana Dalam Melunasi Hutang

tagihan-bengkak-banyak-stress-tagih-bon-bill-5 Tanda Gaji Bulanan Anda Ternyata Belum Cukup-credit scoring

Memang, saat ini kamu sedang memiliki banyak dana dari hasil pesangon, tapi bukan berarti kamu menggunakannya untuk melunasi hutang semuanya.

Walaupun mungkin kamu takut hutang tidak terlunasi, tapi ketahuilah bawah melunasi hutang tidak selalu jadi cara terbaik untuk ringankan bebas setelah kena PHK.

Jika salah perhitungan, setelah melunasi hutang, besar kemungkinan kamu akan berhutang kembali.

Cara paling bijaksana mengatasi hutang di kondisi seperti ini, cobalah untuk mengajukan rekturisasi atau memperpanjang waktu pelunasan sehingga cicilan dapat lebih kecil.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menjual aset yang dicicil seperti kendaraan.

Hilangkan PengeluaranĀ 

jenis pengeluaran - kopi - makanan ringan - bisnis menguntungkan

Mulai kurangi dan hilangkan anggaran entertainment yang kamu miliki. Tapi jika dinilai terlalu berat, kamu bisa mengurangi sebagiannya saja terlebih dahulu.

Kamu juga harus berusaha mengubah gaya hidup, misalnya jika kamu setiap hari membeli kopi sehargaRp50,000 sehari, cobalah untuk membuat kopi saja dari rumah.

Tak hanya itu, jika kamu memiliki beberapa jenis produk asuransi, sebaiknya ditutup dulu sebagian dan sisakan asuransi kesehatan karena itu penting.

Kamu wajib berhemat selama belum mendapatkan pekerjaan baru dan alihkan uang hasil penghematan di atas ke pos-pos lain seperti menabung atau dana investasi. Tidak perlu banyak seperti sebelumnya tetapi paling tidak kamu memilikinya.

Berbicara tentang investasi, banyak yang bisa kamu pilih, seperti emas, reksa dana, saham dan lainnya. Jika kamu belum yakin, kamu bisa mempelajari fundamentalnya terlebih dahulu dengan mendanai di KoinP2PĀ dari KoinWorks.

KoinWorksĀ adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan, hingga pinjaman bisnis atau individu.

Sebagai super financial app,Ā KoinWorksĀ juga telah tercatat sebagai penyelanggara Inovasi Keuangan Digital (IKD) dalam klaster Aggregator di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat pencatatan No. S-87/MS.72/2020 tanggal 10 Februari 2020.

Nah, diĀ KoinP2PĀ dari KoinWorks ini kamu bisa mendanai beragam pinjaman dan membantu UKM Indonesia untuk mengembangkan bisnisnya, lalu mendapatkan imbal hasil efektif hinggaĀ 18% per tahun.


Semoga artikel ini membantu kamu yang terkena PHK supaya bisa mengelola uang lebih bijaksana, ya. Tetap semangat!


Agar kami dapat memahami kebutuhan informasi Anda dengan baik dan menyediakan konten yang berkualitas serta informatif kepada setiap pembaca, mohon luangkan waktu untuk mengisi survei singkat berikut:

Isi Survei
.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.

Avatar
Firda Nur Asmita
As Firda enters her twenties, financial things become exciting stuff for her. Born with no golden steps on her shoes, make her sticks a big goal in life: financial freedom. So here it is, she's digging more and more knowledge to reach her goal. Then, share it with you through something she loves: words. P.S: If you find her nodding head behind the laptop, don't be surprised. She's just following the beats of music.

Simulasi Investasi

Hitung Efek Compounding Investasi Anda

Investasi Awal:
Investasi Bulanan:
Suku Bunga per Tahun (%):
Jangka Waktu (Tahun):



Total Investasi:
Future Value:
Bunga Keuntungan:

Artikel LainnyaMENARIK
Rekomendasi Bacaan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tersedia di: Ā 

Mulai perjalanan finansialmu, dengan caramu.