Inilah 5 Cara Baru Inspiratif untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Inilah 5 Cara Baru Inspiratif untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Setiap orang selalu memanfaatkan setiap kesempatan untuk mencari penghasilan tambahan yang lebih banyak. Berbagai cara dilakukan, mulai dari pekerjaan sampingan hingga bisnis yang menguntungkan.

kamu mungkin sudah berulang kali membaca artikel semacam ini demi meningkatkan keuangan kamu. Namun, kamu perlu memperhatikan sedikit cara baru berikut ini untuk memudahkan kamu dalam menghasilkan uang tambahan.


Inilah 5 Cara Baru Inspiratif untuk Menghasilkan Uang Tambahan

Menjadi Reseller dan Dropshipper

Menjadi Reseller dan Dropshipper

Secara umum, sistem yang diterapkan dalam program reseller dan dropshipper yaitu membeli dengan harga yang murah, pasarkan dan jual dengan harga yang lebih tinggi tapi tetap wajar.

kamu bisa memilih produk yang kira-kira sedang tren dan banyak peminatnya di pasaran. Dengan begitu, produk kamu akan berpeluang terjual lebih banyak dan kamu pun akan meraup keuntungan yang jauh lebih besar.

Jangan lupa untuk memanfaatkan berbagai media sosial dan marketplace sebagai media pemasaran produk kamu. Misalnya, di Tokopedia, Shopee, dan beberapa media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Namun, lebih baik lagi jika kamu memiliki media sosial dan situs web sendiri yang dikhususkan untuk mempromosikan produk kamu.

TIPS:

  • Tentukan niche (fokus produk) dan pasar sasaran kamu.
  • Lakukan penelitian secara mendalam terhadap produk yang akan kamu jual, terutama dari sisi permintaan pasar.
  • Pantau harga produk di pasaran dan pantau aktivitas pesaing yang menjual produk sejenis.
  • Cari supplier (pemasok produk) yang tepat dan lakukan analisis biaya agar tidak terjadi kerugian.

Selain menjadi reseller dan dropshipper, kamu bisa berbisnis dengan menjual barang-barang secondhand (bekas) yang kondisinya masih layak pakai dan berada dalam kualitas bagus.

Baca Juga: Cara Menjadi Reseller Sukses


Menjual Jasa Desain Grafis

Butuh Dana Tambahan? Yuk, Buka Usaha Tanpa Modal!

Belakangan ini, jasa desain grafis marak diperjualbelikan. Selain karena keuntungannya yang lumayan besar, untuk memulai bisnis ini tidak membutuhkan modal yang banyak.

kamu hanya perlu menyiapkan keahlian mendesain dan peralatan digital seperti laptop dengan spesifikasi khusus beserta internetnya. kamu juga perlu menyiapkan mental untuk menghadapi klien yang akan membeli jasa kamu.

Mengingat banyaknya tawaran jasa mendesain, kamu harus mencari inovasi terbaru membuat desain yang berbeda dan unik. Di mana desain tersebut tidak mudah ditemukan dan diunduh secara gratis di media online karena keunikannya.

Misalnya, desain arsitektur untuk rumah kecil dan sederhana, desain fashion untuk anak-anak, dan jenis desain unik lainnya yang jarang ditemukan di masyarakat.

TIPS:

  • Pemasaran produk adalah hal terpenting yang harus kamu perhatikan lebih dalam. kamu bisa memanfaatkan berbagai media platform untuk memasarkan produk desain kamu.
  • Jangan sampai mengabaikan pelayanan pelanggan. Selalu analisa kritik dan saran yang kamu terima dari masyarakat tentang produk desain kamu.
  • Semakin mudah orang-orang menemukan produk desain kamu, maka semakin luas jangkauan kamu, dan semakin banyak pula desain-desain unik yang akan kamu jual.

Menjadi Pemandu Lokal

tour guide

Bagi kamu yang suka travelling, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu tekuni. Trik sederhana menjadi seorang pemandu lokal atau tour guide yaitu menjual pengalaman, bukan rencana perjalanan dan omong kosong yang tidak tahu dasarnya dari mana.

Bukan hanya mengarahkan wisatawan ke lokasi atau spot-spot menarik, kamu juga harus menjelaskan sejarah mengapa bangunan didirikan hingga hal-hal menarik yang pernah terjadi di tempat tersebut.

Oleh karena itu, pengalaman kamu sangat diandalkan di pekerjaan ini.

Masih banyak orang-orang yang membutuhkan jasa ini, terutama warga mancanegara. Mulai dari wisata ke tempat-tempat bersejarah hingga wisata kuliner ke daerah-daerah tertentu.

kamu bisa memasarkan diri kamu secara personal kepada teman-teman terdekat kamu. Jika kamu sudah mulai percaya diri, kamu bisa memperluas jangkauan dengan memasang jasa di platform-platform travel atau menjalin kerja sama dengan mereka.

TIPS:

  • Buat paket perjalanan untuk penduduk lokal maupun wisatawan mancanegara dengan harga yang lebih murah. Misalnya, kamu memberi harga tour guide di satu lokasi sebesar Rp200.000, kamu pun menawarkan paket perjalanan di tiga lokasi hanya Rp500.000. Dengan begitu, orang-orang akan lebih tertarik menggunakan jasa paket perjalanan kamu yang Rp500.000 untuk tiga lokasi.
  • Jelaskan secara detail tentang penawaran jasa tour guide kamu, seperti benefit (keuntungan yang didapat) oleh wisatawan.
  • Dapatkan review atau testimoni dari orang-orang yang pernah menggunakan jasa kamu. Cantumkan di halaman situs web atau media sosial yang kamu jadikan media pemasaran.

Membuat Produk Makanan Homemade

Membuat Produk Makanan Homemade

kamu gemar memasak? Ingin masakan kamu dijadikan inspirasi bagi banyak orang? Coba buka bisnis kuliner yuk!

Cara ini menjadi salah satu yang efektif dalam menghasilkan uang tambahan. Mengapa? Karena di dunia ini banyak sekali penikmat kuliner yang tertarik untuk mencoba semua jenis makanan di dunia ini.

Ini bisa menjadi celah untuk kamu berbisnis. kamu hanya perlu mencari ide dan meracik makanan yang enak dan bisa dinikmati semua orang, serta sediakan tempat dine in yang nyaman dan unik.

Memang, bisnis ini sedikit tidak familiar, tapi apa salahnya mencoba? kamu tidak akan tahu apa yang terjadi sebelum kamu mencobanya bukan?

Jangan lupa menyiapkan media pemasaran yang tepat untuk menjangkau pasar, seperti platform atau situs web. Misalnya, coba lihat salah satu situs web mealsharing.com, kamu bisa mendaftarkan diri kamu di platform tersebut.

meal-sharing
img source: hongkiat.com

TIPS:

  • Ambil foto sajian makanan kamu dengan kualitas yang tinggi. Semakin menarik foto yang kamu pajang di situs web, maka semakin banyak orang-orang yang ingin mengunjungi restoran pribadi kamu.
  • Jika banyak permintaan pesanan dan reservasi, kamu bisa membuat peraturan agar pelanggan membayar uang muka terlebih dahulu. Sehingga jika ada yang membatalkan meja secara mendadak, kamu pun tidak terlalu merasakan kerugian.

Jika kamu merasa kesulitan modal dan butuh suntikan uang yang bisa berguna untuk menyegarkan kembali arus kas bisnis kamu, jangan ragu untuk mengajukannya ke KoinBisnis dari KoinWorks.

Kamu bisa mendapatkan modal tambahan hingga Rp2 miliar dengan bunga terjangkau, mulai dari 0,75% flat per bulan.

KoinWorks adalah sebuah aplikasi yang memberikan solusi finansial mulai dari pengembangan aset melalui pendanaan, hingga pinjaman bisnis atau individu.


Membuka Jasa Penyewaan Barang

Membuka Jasa Penyewaan Barang

Bisnis penyewaan barang memang tidak terlalu diminati, padahal potensi pasarnya lumayan besar. Sebab, tidak semua orang bisa membeli sesuatu yang mereka inginkan. Apalagi barang-barang yang harganya tidak murah.

kamu pasti sering berada di situasi ketika kamu membutuhkan suatu barang tapi kamu tidak ingin membelinya karena hanya dipakai satu kali. Solusi terbaik yang bisa dipilih adalah meminjam atau menyewanya.

Seperti kamera, dalam keadaan mendesak, tidak mungkin kamu membelinya. Alasannya karena kamu tidak menyiapkan uang sebanyak itu dan kamu pun akan berpikir berulang kali untuk membeli satu set kamera beserta perangkat tambahannya.

Atau di saat kamu ingin liburan ke luar kota, permasalahannya adalah kamu tidak memiliki kendaraan pribadi. Mau tidak mau, kamu harus menyewa kendaraan seperti motor atau mobil sebagai alat transportasi kamu sehari-hari ketika berada di kota tersebut.

Walaupun tidak dapat dipungkiri, bahwa bisnis ini cenderung memiliki risiko yang tinggi. Mulai dari barang pinjaman dikembalikan dalam kondisi yang buruk, bahkan ada yang sampai tidak kembali.

Namun, kamu bisa mengatasi hal itu dengan cara menjalin kerja sama di bawah naungan platform atau startup yang sudah memiliki nama. Selain itu, kamu juga harus menerima jaminan untuk setiap barang yang dipinjam.

TIPS:

  • Bisnis ini merupakan bisnis berisiko dan memerlukan biaya modal yang tidak sedikit, maka jalinlah kerja sama dengan relasi kamu untuk mencapai kesuksesan dan meminimalisir risiko yang ada.

Dapatkan berbagai informasi seputar Daily dan Pengembangan Bisnis lainnya hanya di KoinWorks.

Tentang Penulis
Nimas Des Aristanti

Nimas Des Aristanti

Take a chance and never stop swimming. I'm here with my goals.
Kalkulator finansial untuk hitung kebutuhan kamu

Hitung semua keperluan finansial kamu cukup di satu tempat

Punya uang Rp.100 Ribu? Mulai pendanaan sekarang dan dapatkan keuntungan hingga 14,5%.